Pendahuluan


Aseton, salah satu contoh senyawa golongan alkanon

Alkanon atau keton adalah senyawa turunan alkana memiliki rumus umum CnH2nO. Sama seperti aldehid, alkanon juga memiliki gugus karbonil (C=O). Hanya saja, gugus karbonil pada alkanon berikatan dengan dua karbon lain sehingga secara struktur mudah dibedakan dari senyawa-senyawa karbonil lain seperti asam karboksilat, aldehid, ester dan amida.

 Gugus fungsi dalam senyawa karbon menentukan sifat senyawanya. Hal tersebut diakibatkan adanya gugus fungsi dapat memengaruhi kereaktifan dan sifat fisik suatu senyawa. Adanya perubahan gugus fungsi pada suatu senyawa menyebabkan perubahan sifat dari senyawa tersebut. Oleh karena masing-masing gugus fungsi mempunyai sifat spesifik, yaitu hanya dapat bereaksi dengan pereaksi tertentu. Sehingga senyawa karbon dapat diidentifikasi berdasarkan kereaktifan gugus fungsi dalam senyawa tersebut terhadap suatu pereaksi.

Tahukah Anda senyawa apa yang terkandung pada pembersih cat kuku? Ya, cairan pembersih cat kuku mengandung aseton yang merupakan salah satu senyawa alkanon. Selain aseton, ada beberapa contoh senyawa alkanon lainnya yang berguna seperti asetofenon, keton siklik, dan hekson.

Pada pembahasan kali ini kita akan mempelajari salah satu senyawa karbon yaitu alkanon. Di dalam bagian materi kita akan membahas bagaimana struktur dan tata nama atom, sifat-sifat dan pembuatan alkanon, serta kegunaan dan bahaya alkanon. Selamat belajar!