PPKn > Kelas VII/2

Arti Penting Keberagaman dalam Masyarakat Indonesia


Pendahuluan

Indikator

Arti Penting Keberagaman dalam Masyarakat Indonesia

Kebersamaan sebagai Potensi Menuju Kejayaan

Keberagaman sebagai Tantangan Bangsa

Latihan

Tes

Daftar Pustaka

Tim

Kurikulum 2013


Dilihat: 2094
Diunduh: 149

Pendahuluan


Pernahkah kalian bepergian ke pulau-pulau atau daerah-daerah lain di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia? Pasti seru menceritakan pengalaman kalian ketika berkunjung ke suatu pulau atau ke suatu daerah di Indonesia. Apakah kalian melihat perbedaan setiap daerah yang kalian kunjungi? Coba sebutkan perbedaannya apa saja?

Indonesia secara geografis berada posisi silang, berada di antara dua Samudra yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, serta di antara dua benua yaitu Asia dan Australia mengakibatkan wilayah Indonesia menjadi jalur perdagangan internasional. Selain membawa komoditas dagang, lalu lintas perdagangan, letak geografis pada posisi silang ini juga berpengaruh terhadap kebudayaan Indonesia. Kedatangan bangsa asing yang berbeda budaya, agama, ras dan kemudian menetap di Indonesia mempengaruhi kemajemukan budaya, agama, ras dan sebagainya. Melalui pengetahuan tentang pulau-pulau atau daerah-daerah di Indonesia, kita dapat mengetahui perbedaan secara kewilayahan dan perbedaan sosial budaya masyarakat Indonesia.

Sekarang kita akan mempelajari arti penting keberagaman dalam masyarakat Indonesia, dari dua sudut pandang, yaitu kebhinnekaan sebagai potensi dan kebhinnekaan sebagai tantangan bagi bangsa Indonesia. Mengapa kita harus mempelajari materi ini? Coba kalian perhatikan gambar berikut!

Dapatkah kalian menyebutkan keberagaman masyarakat Indonesia yang ada pada gambar? Lalu apa manfaat adanya keberagaman bagi negara? Bagaimana kalian menanggapi dan memahami keberagaman tersebut? Apakah menjadi hal yang menguatkan keutuhan NKRI atau menjadi hal yang mengganggu kebhinnekaan negara Indonesia?

Pada materi kali ini kalian akan belajar bagaimana mendeskripsikan arti penting keberagaman, mengidentifikasi kebersamaan sebagai potensi menuju kejayaan dan menunjukkan keberagaman sebagai tantangan bangsa.