PPKn > Kelas VII/2

Arti Penting Keberagaman dalam Masyarakat Indonesia


Pendahuluan

Indikator

Arti Penting Keberagaman dalam Masyarakat Indonesia

Kebersamaan sebagai Potensi Menuju Kejayaan

Keberagaman sebagai Tantangan Bangsa

Latihan

Tes

Daftar Pustaka

Tim

Kurikulum 2013


Dilihat: 2715
Diunduh: 286

Kebersamaan sebagai Potensi Menuju Kejayaan


Apa yang kalian rasakan saat berada dalam suasana kebersamaan di lingkungan sekolah? Tentunya kalian merasa bahwa perbedaan yang ada di antara teman-teman sekolah kalian akan menjadi kekuatan yang besar jika dalam suasana kebersamaan. Coba kalian perhatikan gambar berikut!

Keberagaman adalah kekayaan Indonesia

Segala sesuatu yang ada di dunia tidaklah tunggal karena yang tunggal hanyalah Allah Yang Maha Esa. Tepat kiranya pendiri negara menggunakan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” dalam upaya mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Luas dan besarnya wilayah Indonesia berpengaruh terhadap banyaknya keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia.

Keberagaman masyarakat Indonesia memiliki dampak positif sekaligus dampak negatif bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara. Dampak positif memberikan manfaat bagi perkembangan dan kemajuan, sedangkan dampak negatif mengakibatkan ketidakharmonisan bahkan kehancuran bangsa dan negara. Bagi bangsa Indonesia keberagaman suku bangsa, budaya, agama, ras dan antargolongan merupakan kekayaan bangsa yang sangat berharga. Berikut ini mari kita lihat salah satu contoh keberagaman budaya yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Pertunjukan Tari Kecak yang diminati wisatawan asing

Meskipun berbeda-beda suku bangsa, adat istiadat, ras, dan agama kita tetap bersatu dalam perjuangan mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Keberagaman bukan merupakan unsur perpecahan namun justru yang menciptakan kesatuan bangsa. Kesatuan adalah upaya untuk mempersatukan perbedaan suku, adat istiadat, ras dan agama untuk menjadi satu, yaitu bangsa Indonesia. Salah satu kejayaan Indonesia adalah memiliki kebudayaan tarian daerah yang beraneka ragam.

Tuhan menciptakan manusia dengan berbeda-beda bukan untuk saling bermusuhan melainkan untuk saling mengenal dan bersaudara. Hal tersebut sesuai dengan semboyan negara kita, Bhinneka Tunggal Ika.