PPKn > Kelas VII/2

Arti Penting Keberagaman dalam Masyarakat Indonesia


Pendahuluan

Indikator

Arti Penting Keberagaman dalam Masyarakat Indonesia

Kebersamaan sebagai Potensi Menuju Kejayaan

Keberagaman sebagai Tantangan Bangsa

Latihan

Tes

Daftar Pustaka

Tim

Kurikulum 2013


Dilihat: 1980
Diunduh: 147

Kebersamaan sebagai Tantangan Bangsa


Sebelum membahas keberagaman sebagai tantangan bangsa, silahkan kalian baca berita berikut ini!

Berita

Apa pendapat kalian terhadap isi berita tersebut? Di masyarakat kebhinnekaan dapat menjadi tantangan karena mudah membuat orang berbeda pendapat yang lepas kendali. Tumbuhnya perasaan kedaerahan dan kesukuan yang berlebihan dan diiringi tindakan merusak persatuan dapat mengncam keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Oleh karena itu, upaya meningkatkan kerukunan antarsuku, pemeluk agama, dan kelompok-kelompok sosial lainnya perlu dilaksanakan. Setelah bangsa Indonesia merdeka, NKRI masih dapat tegak berdiri. Upaya mempertahankan dan membangun negara Indonesia bukan hanya kerja keras pemerintah, melainkan juga adanya keinginan bangsa Indonesia untuk tetap bersatu mempertahankan kebhinnekaannya. Untuk lebih memahami tentang kebhinekaan Indonesia, silahkan lihat video berikut ini!

Youtube [https://www.youtube.com/watch?v=6gXrafnzbM4 diupload oleh:ferdi angriawan]

Kebhinekaan

Berdasarkan arti penting keberagaman di atas, maka selayaknya bangsa Indonesia menjaga keberagaman yang ada menuju bangsa Indonesia yang Jaya dan Bersatu. Untuk itu perlu dikembangkan semangat sebagai berikut:

  1. Semangat dan perilaku dalam kehidupan beragama
  2. Semangat dan perilaku dalam keberagaman Ras dan Suku di Indonesia
  3. Semangat dan perilaku dalam keberagaman Sosial Budaya
  4. Semangat dan perilaku dalam Perbedaan Jenis Kelamin

Dengan kita mengenal, mengetahui dan memahami makna keberagaman, maka diharapkan kita semakin cinta terhadap negara Indonesia, bersikap aktif dalam menjaga keberagaman yang kita miliki. Sehingga cita cita bangsa yang diamanatkan dalam pembukaan UUD NRI 1945 dapat terwujud dengan baik.