Pendahuluan

Kompetensi

Latihan

Tes

 

Pengertian Asmaul Husna

 

Kata Asmaul Husna berasal dari bahasa arab: al-Asma yang berarti nama-nama, beberapa nama; dan al-Husna yang berarti yang sangat baik, yang sangat indah. Menurut istilah, asmaul husna berarti nama-nama yang indah bagi Allah swt. Asmaul Husna hanya pantas dimiliki Allah swt, sesuai kebesaran dan keagungan-Nya. Nama-nama Allah itu menunjukkan makna yang sempurna. Ini berbeda dengan nama baik pada diri manusia, nama-nama baik manusia sangat banyak kelemahannya, tidak sesuai dengan keadaannya. Allah Swt. mengenalkan dirinya dengan nama-nama-Nya yang sangat baik, sesuai dengan firman-Nya surat al-A’raf: 180:



Rasulullah juga bersabda:

Ayat dan hadis di atas merupakan petunjuk adanya anjuran untuk menggunakan Asmaul Husna dalam berdzikir dan berdoa kepada Allah SWT. Semakin sering membaca dan menggunakan Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari, kita akan merasa begitu dekat dengan Allah SWT. Kita pun sadar bahwa gerak-gerik anggota tubuh tidak ada yang luput dari pantauan Allah SWT.

Dengan demikian, kita akan terhindar dari perbuatan tercela dan dilarang oleh agama karena kita selalu merasa diawasi oleh Allah SWT. Pembahasan  ini secara khusus akan menguraikan 4 Asmaul Husna, yaitu : al-‘Alim, al-Khabir, al-Sami’, dan al-Bashir.