[e-dukasi.net] Bagaimana Mesin 2 Tak Bekerja

Pengetahuan Populer » Otomotif » Otomotif

Pengantar

Banyak kendaraan dari berbagai negara di dunia yang masuk di pasaran Indonesia, khususnya kendaraan jenis sepeda motor sport, scooter dan moped terutama dari Jepang. Seiring dengan kemajuan teknologi sistem injeksi Electronik Fuel Injection, EFI juga dipergunakan dalam sepeda motor. Lepas dari kemajuan teknologi, prinsip kerja motor bakar yang dipergunakan pada sepeda motor adalah mesin 4 tak dan 2 tak yang akan dibahas.

Bagian Mesin

Garis besar konstruksi mesin yang dipasang pada sepeda motor dapat dibagi dalam tiga bagian utama.

  1. Bagian kepala silinder (Cylinder Head)
  2. Bagian blok silinder (Cylinder Barrel)
  3. Bagian bak engkol (Crank Case)



  1. Kepala silinder mesin 2 tak
    Kepala silinder mesin 2 langkah bentuknya lebih sederhana bila dibandingkan dengan kepala silinder mesin 4 langkah. Pada kepala silinder terdapat ruang bakar, sirip pendingin mesin dan lubang tempat dudukan busi.

  2. Blok silinder
    Blok silinder berada di antara kepala silinder dan bak engkol. Kepala silinder dan blok silinder terbuat dari aluminium campuran yang bermutu dan tahan panas.

    Pada blok silinder terdapat sirip pendingin mesin dan lubang :

    • Lubang masuk (inlet port), tempat masuknya bahan bakar dari karburator.
    • Lubang pembilasan (transfer port) , tempat mengalirnya bahan bakar dari bak engkol menuju ke bagian lubang silinder , biasanya ada di kiri- kanan blok silinder.
    • Lubang pembuangan (exhaust port), lubang tempat mengalirnya gas sisa pembakaran dari lubang silinder.

     



  3. Bak engkol
    Bak engkol berada di bagian bawah blok silinder yang berfungsi sebagai rumah dari komponen-komponen antara lain :
    • Poros engkol




    • Gear box



 



Cara kerja mesin

Pada motor 2 tak tidak dilengkapi dengan katup-katup, tetapi dilengkapi dengan saluran pemasukan dan pembuangan pada dinding silinder. Cara kerjanya adalah bila torak bergerak naik, saluran pembilas tertutup, kompresi isap dimulai, saluran pemasukan terbuka dan campuran bahan bakar dan udara masuk ke dalam bak engkol.

Penyalaan atau pembakaran terjadi pada waktu torak mulai bergerak ke bawah yang menghasilkan tenaga, perhatikan animasi berikut!

 

Penyalaan atau pembakaran terjadi pada waktu torak mulai bergerak ke bawah yang mendorong torak ke bawah dan saluran buang terbuka mengeluarkan gas sisa pembakaran, perhatikan animasi berikut!

 

Proses pembuangan dan pemasukan bahan bakar ke dalam lubang silinder secara bersamaan disebut pembilasan, perhatikan animasi berikut!

 

Demikianlah proses itu berlangsung terus menerus berulang-ulang.