Pendahuluan

Kuis

Referensi


Dilihat: 6094
Diunduh: 516

 

Pendahuluan

 

PENDAHULUAN:

Selamat berjumpa kembali! Kali ini Kamu memasuki modul bercerita dengan urutan yang baik.

Pernahkan kamu mendengarkan cerita dari teman, orang tuamu, gurumu, atau pendongeng yang ada di radio atau televisi? Tentu saja pernah, bukan? Jika kamu pernah mendengar cerita, tentu kamu pun pernah bercerita kepada orang tua atau  temanmu? Tentu pernah juga, bukan? Nah, untuk apa kamu bercerita kepada orang lain?

Bercerita merupakan salah satu kegiatan yang diwariskan oleh nenek moyang kita.  Bercerita pada masa itu digunakan sebagai cerita pengantar tidur.  Cerita yang dimaksud umumnya adalah dongeng.   Selain sebagai cerita pengantar tidur, bercerita kepada orang lain memiliki beberapa tujuan, di antaranya untuk menyampaikan informasi atau hanya sekadar  menghibur. Agar tujuan bercerita dapat tercapai, diperlukan kemampuan bercerita.  Kemampuan bercerita sebagaimana yang dimiliki oleh orang tuamu, guru, atau pendongeng tentu saja didapat melalui latihan.  Nah, jika kamu juga ingin memiliki kemampuan bercerita dengan baik, bacalah modul ini dengan saksama! Ikuti langkah-langkah yang ada dalam setiap kegiatan belajar.

Dalam kegiatan belajar, kamu akan berlatih untuk dapat menentukan pokok-pokok cerita, merangkainya menjadi urutan cerita yang baik dan menarik, dan bercerita  dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat.  Pada Kegiatan Belajar 1 yang ada dalam modul online ini, kamu akan berlatih menentukan pokok-pokok bercerita. Namun terlebih dahulu, kamu harus mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan bercerita, yaitu pengertian bercerita dan cara menentukan pokok-pokok cerita berdasarkan tokoh penting, waktu dan tempat kejadian cerita, dan urutan peristiwa dalam cerita.

Setelah kamu mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan bercerita, kamu dapat menguatkan pemahamanmu setelah mempelajari modul ini dengan membaca rangkuman kegiatan belajar.  Selanjutnya, kamu akan diajak untuk berlatih merangkai cerita dengan urutan yang baik dan menarik  dengan cara bagaimana mengawali cerita, urutan peristiwa, penggunaan kata penghubung dan bagaimana mengakhiri cerita.

Pada kegiatan belajar berikutnya, kamu akan berlatih bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat setelah kamu memahami pengertian dan contoh-contohnya. Setelah mengikuti tiga kegiatan belajar, membaca rangkuman, dan mengikuti latihan pada setiap kegiatan,   pada akhir kegiatan modul ini kamu juga akan berlatih mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan materi ini secara keseluruhan melalui Tes Akhir Modul.

Selamat membaca.

 

Panduan bagi Guru

Bagi rekan guru, modul ini dapat dijadikan salah satu sumber belajar bagi siswa. Modul ini dilengkapi juga dengan rangkuman pada setiap kegiatan belajar, latihan yang berisi tentang cara menentukan pokok-pokok cerita, merangkai cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik, dan bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat, serta tes akhir modul (TAM) yang berisi keseluruhan materi mengenai kegiatan bercerita yang telah dipelajari pada tiga kegiatan belajar.  Melalui forum diskusi yang ada di bagian akhir ini  tentunya rekan-rekan guru dapat memberikan tugas kepada siswa untuk berdiskusi dan memberikan umpan balik kegiatan siswa. Guru dapat memberi tugas bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang  tepat. Penampilan siswa bercerita dapat dijadikan bahan diskusi. Guru pun dapat membuat RPP yang ada di portal rumah belajar disesuaikan dengan lingkungan masing-masing.


Panduan bagi Siswa

Untuk mempelajari modul ini, tahap pertama  Kamu diminta untuk mengisi kuis interktif. Pada tahap berikutnya, kamu dapat mengikuti Kegiatan Belajar 1, 2, dan Kegiatan Belajar 3. Materi yang dapat dipelajari pada Kegiatan Belajar 1, yaitu  hal-hal yang berhubungan dengan bercerita, yaitu pengertian bercerita,  menentukan pokok-pokok cerita berdasarkan tokoh penting, waktu dan tempat kejadian cerita, dan urutan peristiwa dalam cerita. Jika kamu telah menguasai materi pada kegiatan belajar 1, kamu dapat melanjutkannya pada Kegiatan Belajar 2, yaitu berlatih merangkai cerita dengan urutan yang baik dan menarik  dengan cara bagaimana mengawali cerita, urutan peristiwa, penggunaan kata penghubung dan bagaimana mengakhiri cerita. Berikutnya, kamu dapat mengikuti Kegiatan Belajar 3  yang berisi materi  tentang  bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat dengan terlebih dahulu memahami pengertian dan contoh-contohnya.

Selanjutnya, pada setiap kegiatan belajar terdapat rangkuman materi untuk menguatkan pemahamanmu mengenai materi bercerita dengan urutan yang baik ini. Selain rangkuman, kamu juga dapat berlatih menentukan pokok-pokok cerita   yang ada pada Kegiatan Belajar 1. Pada Kegiatan Belajar 2, kamu akan berlatih merangkai cerita menjadi urutan yang baik dan menarik. Pada Kegiatan Belajar 3, kamu akan berlatih bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat.

Saat mengikuti setiap kegiatan belajar, ikutilah dengan sungguh-sungguh, cermatilah penjelasannya dengan baik,  dan perhatikan contoh-contohnya dengan saksama agar kamu dapat menguasai materi modul ini dengan baik. Jika kamu merasa belum memahami materi ini, bahkan menguasainya dengan baik, jangan ragu untuk mengulang kembali. Bacalah dan pelajarilah kembali materi ini hingga kamu dapat mengikuti latihan pada setiap akhir kegiatan belajar dan tes akhir pada akhir modul untuk mengukur kemampuanmu dalam memahami materi ini.

Pada bagian akhir, kami menyediakan  forum diskusi.  Kamu dapat mengirimkan pertanyaan  atau memberi masukan tentang materi ini. Kamu juga dapat memberikan komentar dan saling bertukar pikiran dengan teman-temanmu di seluruh Indonesia.

Selamat mempelajari materi ini.