Kompetensi

Latihan

Tes


Tim


Dilihat: 31854
Diunduh: 811

 

Buku Besar

 

1.    Pengertian Buku Besar

Transaksi-transaksi perusahaan yang dicatat dalam buku jurnal, setelah dibuatkan rekapitulasi hasilnya dipindahbukukan (posting) ke akun masing-masing dalam buku-besar. Dalam buku besar terdapat akun-akun yang tidak membutuhkan perincian dan akun yang membutuhkan perincian. Misalnya perusahaan mempunyai tagihan kepada 50 orang pelanggan, maka akun piutang dagang pada bukubesar utama memerlukan perincian lebih lanjut yang menjelaskan nama debitur dan jumlah tagihannya sebagai buku besar pembantu. Jadi buku besar utama terdiri atas akun-akun tertentu yang masih memerlukan perincian dan perincian itu terdapat dalam buku besar pembantu atau dapat dikatakan akun-akun yang ada dalam buku besar utama merupakan ringkasan dari jumlah saldo buku besar pembantu, sedangkan perinciannya terdapat dalam buku besar pembantu itu sendiri.

Dengan demikian pengertian buku besar Utama adalah kumpulan perkiraan-perkiraan untuk mencatat perubahan-perubahan transaksi pada akun-akun utama. Sedangkan buku besar pembantu merupakan rincian dari akun-akun tertentu pada buku besar utama

                                                             

2.    Fungsi Buku Besar

Buku besar utama berfungsi untuk mengendalikan buku besar pembantu, maksudnya jumlah saldo dari akun tertentu dalam buku besar harus sama dengan jumlah saldo dari akun-akun yang terdapat dalam buku pembantu. Selain itu buku besar berfungsi sebagai :

a.   untuk mengikhtisarkan akibat-akibat transaksi dan kejadian secara lengkap atas perubahan harga  utang dan modal perusahaan,

b.    dasar penyusunan laporan keuangan,

c.   tempat pencatatan kedua setelah jurnal dan tempat pencatatan terakhir setelah ditutup pada akhir periode.

 

3.    Bentuk buku besar

Bentuk buku besar yang biasa dipergunakan oleh perusahaan bisa dibedakan ke dalam:

a.        Bentuk Scontro

Bentuk Scontro adalah bentuk buku besar sebelah-menyebelah atau disebut 2 kolom, contohnya seperti berikut:


b.         Bentuk Staffel

Bentuk Staffel adalah buku besar berbentuk halaman atau disebut juga buku besar 4 kolom dikenalnya bentuk saldo rangkap, karena terdiri dari saldo  debet dan kredit.


  c.         Bentuk T

Bentuk T adalah buku besar berbentuk seperti huruf T dengan sisi kiri untuk pemindahbukuan sebelah Debet sedangkan sisi kanan untuk Kredit.

 

d.         Bentuk Saldo Tunggal

Bentuk saldo tunggal adalah buku besar berbentuk staffel  dengan saldo tunggal. Bentuknya sebagai berikut :