mengukur cahaya

 

                 

     

pemotretan di alam terbuka

             

Karena dibuat untuk merekam gambar. Gambar itu berupa citra yang terlihat mata. Karena itu penggunaan cahaya dalam pemotretan sangat vital.

             

1.

Mengukur cahaya incident

 

 

 

Bila Anda memotret di alam terbuka maka cahaya utama adalah matahari, atau key light. Lalu cahaya langitan menjadi pengisinya atau disebut fill light. Begitulah pemotretan yang menggunakan incident light. Biasanya pengukuran incident light dilakukan dengan ukuran rata-rata disebabkan oleh perubahan key light dan fill light.

 

 

 

Anda akan lebih paham masalah pengukuran cahaya ini bila telah dijelaskan nanti dalam keterangan berikut tentang :

 

 

2.

Mengukur cahaya average

 

 

 

 

 

 

Pemotretan di studio akan memberi kepuasan kepada fotografer yang ingin menghasilkan gambar yang diinginkannya. Caranya adalah dengan menempatkan key light dan fill light serta mengukurnya dengan lightmeter. Hasil yang dicapai lebih maksimal ketimbang menggunakan cahaya incident. Permasalahnnya terletak pada keterukurannya. Cahaya matahari berubah-ubah sementara cahaya lampu relatif stabil.

 

 

 

Perlunya mengukur cahaya adalah untuk mengetahui dan menciptakan rasio pencahayaan. Kegunaannya adalah untuk membuat hasil foto yang memuaskan.