Pendahuluan

Kuis

Referensi

Tim


Dilihat: 1151
Diunduh: 72

 

Pendahuluan

 

 

 

 

Pendahuluan

Selamat berjumpa, apa kabar? Bagaimana dengan belajar modul yang lalu, bisakah kamu ikuti? Menyenangkan, bukan? Kamu pasti bisa! Mungkin mempelajari modul yang lalu merupakan pengalaman baru bagimu. Semoga hal tersebut dapat menambah pengalaman yang kamu miliki yang kelak dapat diceritakan kepada temanmu, adikmu, atau orang lain. Kalau bicara menceritakan sesuatu, kamu pasti pernah menceritakan sesuatu kepada orang lain. Kalau kita bicara tentang pengalaman, setiap orang juga pasti punya pengalaman. Demikian juga dengan kamu, pasti memiliki pengalaman masing-masing. Pengalaman-pengalaman yang pernah kamu alami, pasti ada yang benar-benar membekas di hati, karena berkesan. Pengalaman yang khusus. Pengalaman ini terasa khusus karena di antara  pengalaman-pengalaman ini pasti ada yang terasa lebih spesial yang memiliki kesan tersendiri. Namun, sebelum lebih jauh bicara tentang pengalamanmu, bagaimana dengan kuis tadi, sudahkah kamu kerjakan? Mudah bukan? Bagus, jawabanmu benar! Nah sekarang, kamu memasuki modul online “Menceritakan Pengalaman yang Mengesankan”. Tentu kamu memiliki pengalaman yang mengesankan, sebagaimana setiap orang memiliki pengalaman mengesankan. Pengalaman orang pasti berbeda-beda dan tidak hanya satu karena setiap saat kegiatan kita berbeda. Jadi kita punya banyak pengalaman. Dari pengalaman-pengalaman yang  kita miliki, pasti ada yang paling berkesan. Pada modul kali ini, pengalaman yang paling berkesan ini yang harus kamu ceritakan kepada orang lain. Jadi, di antara pengalaman-pengalaman yang dialami, dipilih yang paling berkesan.

Ada hal yang mesti kita ingat, bahwa pengalaman yang kita ceritakan kadang-kadang dapat bermanfaat bagi orang lain. Bagi kita sendiri pun juga sebenarnya ada manfaatnya, karena ada pepatah “Kita bisa belajar dari pengalaman”. Nah, dari sini dapat kita petik bahwa pengalaman bisa digunakan sebagai guru, oleh sebab itu ada manfaatnya kita ceritakan kepada orang lain. Kalau kamu sulit mengingat pengalaman-pengalamanmu, di sini disediakan contoh gambar pengalaman seseorang yang mungkin juga pernah kamu alami. Coba perhatikan gambar berikut!

 


Setelah kamu mengamati gambar di atas, coba kamu ingat, mungkin kamu pernah mengalami peristiwa seperti itu, atau hampir serupa? Tentu pengalamanmu itu merupakan pengalaman yang mengesankan, bukan? Nah, pelajarilah modul ini dengan cermat agar kamu dapat menceritakan pengalamanmu yang paling berkesan di hadapan teman-temanmu.

                

 

  • Panduan Bagi Guru

Bagi rekan guru, modul ini dapat dijadikan sebagai salah satu sumber belajar bagi siswa. Modul ini berisi pengalaman yang mengesankan yang di dalamnya berisi data pengalaman dan identifikasi pokok-pokok penyebab pengalaman mengesankan pada kegiatan belajar 1 dan pada kegiatan belajar 2 berisi menceritakan pengalaman yang paling mengesankan yang dirinci dengan isi pembicaraan dan contoh cerita berdasarkan pengalaman.  Di samping itu modul ini juga dilengkapi dengan latihan, tes akhir, dan forum diskusi yang tentunya rekan-rekan guru tetap harus memberikan tugas untuk diskusi pada siswa dan memberikan umpan balik kegiatan siswa melalui forum yang ada di bagian akhir modul ini. Guru dapat memberi tugas kepada siswa untuk mengingat kembali pengalaman-pengalaman yang pernah dialami siswa. Kemudian, siswa diminta menentukan atau mencatat pokok-pokok pikirannya, lalu menceritakan pengalaman berdasarkan pokok-pokok pikiran tersebut dalam bentuk lisan di depan kelas dengan pilihan kata dan kalimat yang efektif. Atau mungkin setelah memilih pengalaman yang mengesankan, siswa diminta menggambar/melukis urutan kejadian atau menggambar bagian yang paling mengesankan, baru bercerita, atau mungkin rekan guru memiliki langkah tersendiri yang lebih mengena bagi siswanya. Di samping ini, guru dapat mengembangkan RPP yang ada di portal rumah belajar untuk disesuaikan dengan lingkungan masing masing.

 

  • Panduan Bagi Siswa

Untuk mempelajari modul ini, kamu diminta mengisi kuis interaktif di awal. Setelah itu baru bisa melangkah lebih lanjut. Di sini, kamu akan mendapatkan materi cerita pengalaman yang secara detail berisi pengalaman yang mengesankan yang di dalamnya berisi data pengalaman dan identifikasi pokok-pokok penyebab pengalaman mengesankan pada kegiatan belajar 1 dan pada kegiatan belajar 2 berisi menceritakan pengalaman yang paling mengesankan yang dirinci dengan isi pembicaraan dan contoh cerita berdasarkan pengalaman. Pada setiap kegiatan belajar, kamu dapat mengerjakan latihan interaktif pada Kegiatan Belajar 1 dan Kegiatan Belajar 2, serta mengerjakan soal tes akhir modul pada akhir kegiatan. Secra rinci nanti kamu dapat mengikuti langkah yang mesti kamu lakukan, yakni dengan memulai mengingat pengalaman-pengalamanmu. Kemudian, pilih di antara pengalaman yang kamu miliki, mana yang paling mengesankan yang pernah kamu alami. Selanjutnya, kamu dapat menentukan pokok-pokok pikirannya dengan cara menentukan penyebab pengalaman itu mengesankan bagimu, atau menggambarkan/melukis penyebab yang mengesankan tadi sebagai catatan, baru kemudian ceritakan di hadapan temanmu sesuai pokok pikiran, atau gambar yang sudah kamu tentukan. Kamu tidak perlu menulis pengalamanmu tadi secara lengkap, cukup catatan garis besar saja. Nanti, di hadapan temanmu baru kamu ceritakan secara lengkap dan detail. Ikuti langkah demi langkah dalam modul ini dengan cermat agar kamu benar-benar dapat menguasai materi menceritakan pengalaman yang paling mengesankan. Apabila ada kesulitan, atau kamu belum sepenuhnya menguasai materi ini, coba ulangi lagi!

Pada bagian penutup, disediakan forum diskusi. Kamu dapat mengajukan pertanyaan, atau memberi masukan tentang materi ini. Kamu juga dapat memberikan komentar dan saling bertukar pikiran dengan teman-temanmu di seluruh Indonesia.