Pendahuluan

Kuis

Referensi

Tim


Dilihat: 2925
Diunduh: 374

 

Uraian

 

Kegiatan Belajar 2 :

I. Tipe-Tipe dan Topologi Jaringan Komputer

    Tipe-Tipe Jaringan

    JARINGAN CLIENT SERVER

Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain didalam jaringan dan client adalah komputer-komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server. Server di jaringan tipe client-server disebut dengan Dedicated Server karena murni berperan sebagai penyedia fasilitas untuk workstation dan server tersebut tidak dapat berperan sebagai workstation.

Gambar Jaringan Client – Server


Keunggulan Jaringan Client Server

  1.     Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server) yang tidak dibebani dengan tugas lain sebagai workstation.
  2.     Sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik, karena terdapat seorang pemakai yang bertugas sebagai administrator jaringan, yang mengelola administrasi dan sistem keamanan jaringan.
  3.     Sistem backup data lebih baik, karena pada jaringan client-server backup dilakukan terpusat di server, yang akan membackup seluruh data yang digunakan di dalam jaringan.

Kelemahan Jaringan Client Server

  1.     Biaya operasional relatif lebih mahal.
  2.     Diperlukan adanya satu komputer khusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai server.
  3.     Kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server. Bila server mengalami gangguan maka secara keseluruhan jaringan akan terganggu.



    JARINGAN PEER TO PEER

Gambar Jaringan Peer to Peer


Bila ditinjau dari peran server di kedua tipe jaringan tersebut, maka server di jaringan tipe peer to peer diistilahkan non-dedicated server, karena server tidak berperan sebagai server murni melainkan sekaligus dapat berperan sebagai workstation.

Keunggulan Jaringan Peer To Peer

  1. Biaya operasional relatif lebih murah dibandingkan dengan tipe jaringan client-server, salah satunya karena tidak memerlukan adanya server yang memiliki kemampuan khusus untuk mengorganisasikan dan menyediakan fasilitas jaringan.
  2. Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server.
  3. Apabila salah satu komputer/peer mati atau rusak, maka jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami gangguan.


Kelemahan Jaringan Peer To Peer

  1. Unjuk kerja lebih rendah dibandingkan dengan jaringan client-server karena setiap komputer/peer disamping harus mengelola pemakaian fasilitas jaringan juga harus mengelola pekerjaan atau aplikasi sendiri.
  2. Sistem keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing user dengan mengatur keamanan masing-masing fasilitas yang dimiliki.
  3. Karena data jaringan tersebar di masing-masing komputer dalam jaringan, maka backup harus dilakukan oleh masing-masing komputer tersebut.


B. Topologi Jaringan

Topologi Jaringan adalah hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station. Macam Topologi Jaringan ada 5 macam yaitu Topologi Star , Topologi Ring, Topologi Bus, Topologi Mesh, Topologi Tree. Semua ini merupakan Topologi Jaringan Komputer.

Sedangkan Topologi jaringan dalam telekomunikasi adalah suatu cara menghubungkan perangkat telekomunikasi yang satu dengan lainnya sehingga membentuk suatu jaringan. Dalam suatu jaringan telekomunikasi, jenis topologi yang dipilih akan mempengaruhi kecepatan komunikasi. Untuk itu maka perlu dicermati kelebihan/keuntungan dan kekurangan/kerugian dari masing ‐masing topologi berdasarkan karakteristiknya masing topologi berdasarkan karakteristiknya. Berikut ini adalah jenis atau Macam - macam Topologi dari jaringan tersebut

1. Topologi bus

Topologi bus merupakan topologi yang banyak dipergunakan pada masa penggunaan kabel sepaksi menjamur. Dengan menggunakan T-Connector (dengan terminator 50ohm pada ujung network), maka komputer atau perangkat jaringan lainnya bisa dengan mudah dihubungkan satu sama lain.

Kesulitan utama dari penggunaan kabel sepaksi  adalah sulit untuk mengukur apakah kabel sepaksi yang dipergunakan benar-benar matching atau tidak. Karena kalau tidak sungguh-sungguh diukur secara benar akan merusak NIC (network interface card) yang dipergunakan dan kinerja jaringan menjadi terhambat, tidak mencapai kemampuan maksimalnya. Topologi ini juga sering digunakan pada jaringan dengan basis fiber optic . Topoligi ini sering digabungkan dengan topologi star untuk menghubungkan dengan client atau node..

Pada topologi bus dua ujung jaringan harus diakhiri dengan sebuah terminator. Barel connector dapat digunakan untuk memperluas jaringan yang hanya terdiri dari satu saluran kabel yang menggunakan kabel BNC. Komputer yang ingin terhubung ke jaringan dapat mengkaitkan dirinya dengan men tap ethernetnya sepanjang kabel.

Instalasi Topoligi Bus sangat sederhana, murah dan maksimal terdiri atas 5-7 komputer. Kesulitan yang sering dihadapi adalah kemungkinan terjadinya tabrakan data karena mekanisme jaringan relatif sederhana dan jika salah satu node putus maka akan mengganggu kinerja dan trafic seluruh jaringan.

Gambar Topologi Bus


2. Topologi Ring

Topologi Ring atau cincin adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan. Jaringan FDDI mengantisipasi kelemahan ini dengan mengirim data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan. Topologi ring digunakan dalam jaringan yang memiliki performance tinggi, jaringan yang membutuhkan bandwidth untuk fitur yang time-sensitive seperti video dan audio, atau ketika performance dibutuhkan saat komputer yang terhubung ke jaringan dalam jumlah yang banyak.

Gambar Topologi Ring

3. Topologi Star

Topologi star digunakan dalam jaringan yang padat, ketika endpoint dapat dicapai langsung dari lokasi pusat, kebutuhan untuk perluasan jaringan, dan membutuhkan kehandalan yang tinggi. Topologi ini merupakan susunan yang menggunakan lebih banyak kabel daripada bus dan karena semua komputer dan perangkat terhubung ke centralpoint Jadi bila ada salah satu komputer atau perangkat yang mengalami kerusakan maka tidak akan mempengaruhi yang lainnya (jaringan).

Gambar Topologi Star

4. Topologi Tree

Topologi Tree ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer.

Gambar Topologi Tree

5. Topologi Mesh

Topologi jala atau Topologi mesh adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Akibatnya, dalam topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju (dedicatedlink).

Dengan demikian maksimal banyaknya koneksi antar perangkat pada jaringan bertopologi mesh ini dapat dihitung yaitu sebanyak n(n-1)/2. Selain itu karena setiap perangkat dapat terhubung dengan perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan maka setiap perangkat harus memiliki sebanyak n-1 Port Input/Output (I/O ports).

Gambar Topologi Mesh


II. Media Transmisi

Terbagi atas 2 tipe, Yaitu :

    A. Media Transmisi wire atau Kabel

 Jenis-jenis kabel yang dipakai sebagai transmisi data pada jaringan :

1. Kabel Coaxial

Kabel ini sering digunakan sebagai kabel antena TV. Disebut juga sebagai kabel BNC (Bayonet Naur Connector). Kabel ini merupakan kabel yang paling banyak digunakan pada LAN, karena memiliki perlindungan terhadap derau yang lebih tinggi, murah, dan mampu mengirimkan data dengan kecepatan standar.

Gambar Kabel coaxial

2. Kabel Twisted-Pair

Twisted Pair terdiri dari 2 jenis :

   a. Kabel STP (Shielded Twisted Pair)

Keuntungan menggunakan kabel STP adalah lebih tahan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik baik dari dari dalam maupun dari luar. Kekurangannya adalah mahal, susah pada saat instalasi (terutama masalah grounding), dan jarak jangkauannya hanya 100m.

Gambar Kabel STP

   b. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)

Keuntungan menggunakan kabel UTP adalah murah dan mudah diinstalasi. Kekurangannya adalah rentan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik, dan jarak jangkauannya hanya 100m.



Gambar Kabel UTP


3. Fiber Optic

Ada tiga jenis kabel fiber optic yang biasanya digunakan, yaitu single mode, multi mode dan plastic optical fiber yang berfungsi sebagai petunjuk cahaya dari ujung kabel ke ujung kabel lainnya. Dari transmitter^ receiver, yang mengubah pulsa elektronik ke cahaya dan sebaliknya, dalam bentuk light-emitting diode ataupun laser. Kabel fiber optic single mode merupakan fiber glass tunggal dengan diameter 8.3 sampai 10 mikrometer, memiliki satu jenis transmisi yang dapat mengantarkan data berkapasitas besar dengan kecepatan tinggi untuk jarak jauh, dan membutuhkan sumber cahaya dengan lebar spektrum yang lebih kecil. Kemampuan kabel jenis single mode dalam mengantarkan transmisi adalah 50 kali lebih cepat dari kabel jenis multimode, karena memiliki core yang lebih kecil sehingga dapat menghilangkan setiap distorsi dan pulsa cahaya yang tumpang tindih.

Gambar Kabel Fiber Optic

Saat ini, fiber optic telah digunakan sebagai standar kabel data dalam biding physical layer telekomunikasi atau jaringan, seperti perangkat TV kabel, juga sistem keamanan yang menggunakan Closed Circuit Television (CCTV), dan lain sebagainya Bahan dasar dari optical media adalah kaca dengan ukuran yang sangat kecil (skala mikron).Biasanya dikenal dengan nama fiber optic (serat optik). Data yang dilewatkan pada medium ini dalam bentuk cahaya (laser atau inframerah).

    B. Media Transmisi Wireless

Saat ini sudah banyak digunakan jaringan tanpa kabel (wireless network), transmisi data menggunakan sinar infra merah atau gelombang mikro untuk menghantarkan data. Walaupun kedengarannya praktis, namun kendala yang dihadapi disini adalah masalah jarak, bandwidth ( daya tampung ), dan mahalnya biaya.

Macam-macam media transmisi wireless antara lain :         

   1. Infra Red

Merupakan salah satu jenis gelombang elektromagnetik yang berbentuk cahaya. Implementasi Infra merah untuk keperluan komunikasi antara lain,

  •     Komunikasi data nirkabel jarak dekat menggunakan IrDA (Infrared Data Association)
  •     Remote televisi
  •     Remote kunci pengamanan kendaraan

Gambar  Infra Red


   2. Bluetooth

Bluetooth adalah protokol komunikasi tanpa kabel yang  digunakan untuk pertukaran data dalam area yang terbatas. Bluetooth menggunakan gelombang radio untuk mentransmisikan data dengan membagi data menjadi beberapa bagian dan mengirimkannya dalam beberapa kanal frekuensi yang berbeda.

Bluetooth digunakan pada peripheral PC, seperti mouse, keyboard, dan perangkat mobile, seperti ponsel, dan PDA.

Gambar Jaringan Bluetooth


    3. WIFI  ( Wireless Fidelity )

 WiFi adalah Sekumpulan standar untuk koneksi jaringan tanpa kabel dan standar ini yang dibuat oleh WiFi Alliance berdasarkan IEEE   802.11.

Tujuan WiFi adalah memungkinkan komunikasi yang terjalin dengan baik pada berbagai perangkat wireless dari beragam pabrik pembuatnya, buatan manapun perangkat wireless tersebut dapat saling berkomunikasi dengan baik selama mengikuti tata cara yang telah distandarkan oleh WiFi.

WiFi diimplementasikan pada PC, Laptop, UMPC, PDA, dan berbagai perangkat  mobile lainnya.

Gambar WIFI

   4. Microwave

Bentuk dari pancaran sinyal radio yang ditransmisikan melalui udara dan diterima oleh alat semacam antenna yang berbentuk bundar dan dipasang diluar gedung atau tower. Sinyal ini dgunakan untuk sinyal yang tidak begitu jauhdan pancarannya tidak boleh terhalang gedung atau tower. Microwave transmisi radio umumnya digunakan dalam point-point-sistem komunikasi  di permukaan bumi, dalam komunikasi satelit , dan dalam komunikasi radio ruang dalam. Bagian lain dari band microwave radio digunakan untuk radar,navigasi radio, sistem sensor, dan astronomi radio. Jangkauan jaringan Microwave sama dengan jangkauan frekuensi radio sehingga pancaran sinyal antara point to point maksimum 1000 KM.

Gambar Jaringan Microwave

            
III. Software dan Hardware Pembangun Jaringan

      A. SOFTWARE

1.Sistem Operasi

Sistem operasi dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan web browser.
Secara umum, sistem operasi adalah software yang berada pada lapisan pertama  pada memori komputer dan bekerja pada saat pertama kali komputer dinyalakan, sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah sistem operasi berjalan. Sistem operasi akan melakukan layanan inti seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti  tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum.

2. Driver

Pengendali perangkat keras (Device driver dalam bahasa Inggris) adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras. Sebagian besar perangkat keras, tidak akan dapat berjalan atau sama sekali tidak dapat berjalan tanpa driver yang cocok yang terinstal di dalam sistem operasi. Device driver, umumnya akan dimuat ke dalam ruangan kernel (kernelspace) sistem operasi selama proses booting dilakukan, atau secara sesuai permintaan ketika ada intervensi pengguna atau memasukkan sebuah perangkat plug-and play. Beberapa sistem operasi juga menawarkan device driver yang berjalan di dalam ruangan pengguna (userspace) sistem operasi. Beberapa driver telah dimasukkan ke dalam sistem operasi secara default pada saat instalasi, tapi banyak perangkat keras, khususnya yang baru, tidak dapat didukung oleh driver-driver bawaan sistem operasi. Adalah tugas pengguna yang harus menyuplai dan memasukkan driver ke dalam sistem operasi. Driver juga pada umumnya menyediakan layanan penanganan interupsi perangkat keras yang dibutuhkan oleh perangkat keras.

3. Browser

Penjelajah web ( Inggris: web browser), disebut juga sebagai perambah atau peramban, adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Penjelajah web yang populer adalah Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Penjelajah web adalah jenis agen pengguna yang paling sering digunakan. Web sendiri adalah kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai World Wide Web.

4. Soft Skill Administrator

Keterampilan orang yang mengendalikan/mengatur perangkat keras dan lunak komputer yang saling terhubung tersebut.

B. Komponen Hardware membangun jaringan

Gambar Conektor RJ45


Jack  (RJ) adalah standar fisik jaringan baik konstruksi da wiring jack pola untuk menghubungkan telekomunikasi data . Perangkat pendukung jaringan komputer in berfungsi untuk menghubungkan, kabel UTP kedalam komputer melalui port RJ45 yang dihubungkan dalam NIC. Tipe kabel konektor RJ 45 banyak tipenya, namun untuk yang standar dipake di daerah Amerika adalah tipe RJ11, RJ14,RJ45. Setiap konektor harus disesuaikan dengan tipe NIC dan tipe kabelnya.

Gambar NIC atau Kartu Jaringan

Network Interface Card (NIC) merupakan syarat utama bagi komputer yang akan terhubung dengan jaringan, setiap komputer minimal memiliki 1 kartu. NIC  merupakan sebuah perangkat pendukung jaringan komputer yang berbentuk kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer.

Jenis NIC yang beredar, Jensi NIC yang beredar , terbagi menajdi dua jenis ,yaitu NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC ethernet, Token Ring, dan lainya. Untuk NIC yang bersifat logis adalah loopback dan Dial-up Adapter. Setiapa NIC diberi MAC address yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.

Gambar Router

Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau internet menuju tujuanya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses Routing terjadi pada lapisan jaringan seperti Internet Protokol. Jadi Router berfungsi untuk menghubungkan dua jaringan yang berbeda untuk memecah bebrapa IP.

Gambar Kabel UTP

Perangkat keras pendukung jaringan komputer ini bernama kabel Unishield Twisted Pair (UTP) yang berfungsi untuk menyampaikan/ menghubungkan sinyal, atau menyampaikan informasi dari tiap komputer. Jenis kabel UTP meliputi beberapa kategori yaitu UTP kategori 3, UTP kategori 4, dan UTP kategori 5.

Gambar HUB

Hub adalah sebauh perangkat pendukung jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan – peralatan dengan ethernet atau serat optik, serta berfungsi untuk meneruskan kembali sinyal yang didapat dengan kekuatan yang sama. Hub disebut juga multi port repeater, dalam mengirimkan sinyalnya hub menggunakan metode broadcast , sehingga apabila salah satu port sibuk maka port yang lain harus menunggu jika ingin mengirimkan sinyal. Pengertian  lain dari Hub adalah perangkat jaringan yang sederhana. Hub tidak mengatur alur jalannya data di jaringan, jadi setiap packet data yang melewati Hub akan dikirim (broadcast) ke semua port yang ada hingga packet data tersebut sampai ke tujuan. Hal tersebut dapat membuat hub menjadi collisions dan memperlambat jaringan. (Hub juga sering dikenal dengan nama repeater).

Gambar Port RJ45/ ethernet

Port RJ45/ ethernet Berfungsi untuk menghubungkan antara NIC dengan kabel UTP, yang berfungsi untuk menyampaikan segala informasi yang dikirimkan atau akan dikirimkan baik keluar atau kedalam komputer.

Gambar Antena omni

Antena omni Adalah suatu alat pendukung jaringan komputer yang berbentuk antena yang berfungsi untuk memancarkan sinyal wireles sehingga memungkinkan dapat memperluas jangkauan dari sinyal yang sering kita kenal dengan sinyal hotspot.

Gambar Switch

Switch jaringan adalah sebuah alat pendukung jaringan komputer yang berfungsi untuk melakukan bridging transparant (penghubung segementasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan MAC Address ) . Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau router pada satu area yang terbatas, switch juga bekerja pada lapisan data link, cara kerja switch hampir sama seperti bridge, tetapi switch memiliki sejumlah port sehingga sering dinamakan multi-port bridge.  Perbedaan Hub dengan Swicth adalah Hub lebih lambat dari pada Swicth sedangkan Swicth mempunyai perangkat Room yang berfungsi untuk mencari data informasi pada alamat yang ada pada komputer PC (NIC0).

Pengertian lain dari Switch adalah sebuah perangkat keras yang memungkinkan terjadinya distribusi packet data antar komputer dalam jaringan dan mampu untuk mengenali topologi jaringan di banyak lapisan sehingga packet data dapat langsung sampai ke tujuan.