Biologi

Fotosintesis


Pendahuluan

Indikator

Struktur Kloroplas

Fotosistem

Reaksi Terang

Reaksi Gelap

Latihan

Tes

Daftar Pustaka

Tim

Kurikulum 2013


Dilihat: 4483
Diunduh: 566

Pendahuluan


Apakah Anda gemar makan buah-buahan? Di negara kita yang beriklim tropis ini, berbagai macam buah-buahan tersedia sepanjang tahun. Bagaimana rasanya? Manis, segar, dan menyegarkan bukan? Buah-buahan merupakan salah satu bentuk kasih sayang Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, karena buah-buahan merupakan tempat cadangan makanan pada tumbuhan. Pada tumbuhan terdapat bagian kecil bernama kloroplas sehingga tumbuhan mampu melakukan fotosintesis. Proses fotosintesis menghasilkan produk utama berupa karbohidrat yang disimpan sebagai cadangan makanan antara lain pada buah. Selanjutnya buah ini dapat dikonsumsi oleh makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanan sendiri dalam tubuhnya, yaitu hewan dan manusia.

Fotosintesis sendiri berasal dari kata foton yang berarti cahaya dan sintesis yang artinya penyusunan. Jadi, fotosintesis artinya proses penyusunan senyawa yang sederhana menjadi senyawa yang kompleks, pada bagian tumbuhan yang mengandung klorofil, dan dengan bantuan cahaya matahari. Klorofil merupakan pigmen yang berfungsi sebagai penangkap energi cahaya matahari, lalu mengubahnya menjadi energi kimia yang terikat dalam molekul karbohidrat.

Coba Anda perhatikan animasi fotosintesis di bawah ini:

Berdasarkan animasi fotosintesis, dapat kita simpulkan proses fotosintesis tersebut pada reaksi sebagai berikut:

Apakah Anda memperhatikan perubahan molekul yang tadinya lebih sederhana (6 molekul karbondioksida/CO2 dan 6 molekul air/H2O) menjadi senyawa yang kompleks (glukosa atau C6H12O6)? Berubahnya bentuk senyawa tersebut terjadi dalam serangkaian proses yang kompleks, yaitu melalui reaksi terang dan reaksi gelap.

Pada pembahasan kali ini, Anda akan mempelajari materi tentang fotosintesis. Pembelajaran diawali dengan mengenali bagian-bagian dari kloroplas yang membentuk fotosistem, kemudian mempelajari proses terjadinya reaksi terang dan reaksi gelap pada fotosintesis.