Biologi

Fotosintesis


Pendahuluan

Indikator

Struktur Kloroplas

Fotosistem

Reaksi Terang

Reaksi Gelap

Latihan

Tes

Daftar Pustaka

Tim

Kurikulum 2013


Dilihat: 6963
Diunduh: 815

Reaksi Terang


Jalannya reaksi-reaksi fotosintesis terdiri dari reaksi terang dan reaksi gelap.

Pada materi 3 ini Anda akan mempelajari reaksi terang fotosintesis. Reaksi terang adalah reaksi yang bergantung pada cahaya. Jika tidak ada cahaya, maka reaksi terang tidak akan terjadi.

Dalam proses reaksi terang, produk utama yang dihasilkan ATP dan NADPH. Sedangkan, oksigen yang kita hirup itu merupakan produk sampingan dari fotosintesis. Apakah buktinya reaksi terang menghasilkan oksigen?
Sebagai ilustrasi coba anda perhatikan animasi berikut ini!

Anda dapat mempraktikkan percobaan sederhana sesuai animasi di atas untuk membuktikan adanya oksigen yang dihasilkan tanaman pada proses fotosintesis. Oksigen dibutuhkan tanaman dalam proses pembakaran.

Dalam reaksi terang, terjadi tiga proses yang berlangsung di dalam kloroplas, khususnya di membran tilakoid. Perhatikan animasi berikut:

Berdasarkan animasi yang Anda lihat, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut.

Dalam reaksi terang, terjadi tiga proses yang berlangsung di dalam membran tilakoid, yaitu:

  1. Pigmen fotosintesis menyerap cahaya dan melepaskan elektron yang akan masuk ke transpor elektron.
  2. Bersamaan dengan itu, terjadi fotolisis air atau pecahnya molekul air menjadi oksigen, ion-ion hidrogen (H+), dan elektron.
  3. ATP dan NADPH terbentuk. Pigmen fotosintesis yang melepas elektron menerima kembali elektron dari molekul air sebagai ganti elektron yang hilang.

 

ALIRAN ELEKTRON SIKLIK DAN NON SIKLIK

Dalam reaksi terang terdapat 2 jenis aliran elektron, yaitu aliran elektron non siklik dan aliran elektron siklik. Berikut ini penjelasan untuk kedua sistem transpor elektron tersebut, dimana keduanya akan melewati suatu fotosistem.
Perhatikan animasi berikut:

Reaksi gelap atau siklus Calvin sangat mengkonsumsi lebih banyak ATP dari pada NADPH. Sedangkan aliran elektron non siklik memproduksi ATP dan NADPH dalam jumlah yang hampir sama.
Lantas, apa fungsi aliran elektron siklik? Aliran elektron siklik yang hanya memproduksi ATP berperan untuk menutupi kekurangan ATP tersebut. Jalur siklik terjadi pada beberapa bakteri dan juga pada semua organisme fotoautotrof.