Pendahuluan

Kompetensi

Latihan

Simulasi

Tes


Tim


Dilihat: 2092
Diunduh: 315

 

Gerak

 

Pengertian Gerak.

A. Kedudukan dan Perpindahan

Suatu benda dikatakan bergerak apabila mengalami perubahan kedudukan terhadap suatu titik yang ditetapkan sebagai titik acuan atau patokan.

Kedudukan sama artinya dengan letak. Kedudukan suatu benda dapat dinyatakan terhadap titik sembarang yang disebut titik acuan. Kedudukan suatu benda ditentukan oleh jarak terhadap titik acuan tertentu.

Perpindahan adalah perubahan kedudukan suatu benda akibat terjadinya perubahan waktu. Perpindahan bergantung pada kedudukan awal dan akhir suatu benda, dan tidak bergantung pada lintasan yang ditempuh.

B. Gerak selalu bersifat relatif

Perhatikan keadaan seperti berikut ini. Suatu saat kamu sedang berada di dalam mobil yang melintasi seseorang.

Pengamat yang berada di tepi jalan. Cobalah diskusikan dengan temanmu.

a. Apakah pengamat bergerak terhadap kamu ?

b. Apakah kamu dapat dikatakan bergerak terhadap pengamat?

Perhatikan animasi berikut ini.

Gerak suatu benda selalu bersifat relatif. Pengertian bergerak atau tidaknya suatu benda ditentukan oleh keadaan si pengamat terhadap benda itu. Pengamat di tepi jalan pastilah melihat bahwa kamu sedang bergerak bersama mobil terhadap sebuah kota. Tetapi kamu yang sedang berada di dalam mobil akan melihat bahwa pengamat bergerak dengan arah yang berlawanan dengan arah gerakmu. Jadi, sifat relatif gerak benda bergantung pada pengamat dan titik acuan yang dipergunakan.


C.  Jenis-jenis gerak

  1.  Gerak Menurut Keadaan Benda

Gerak benda dapat dibedakan atas dua macam yaitu gerak yang sebenarnya dan gerak semu.

Gerak yang sebenarnya adalah gerak suatu benda yang diakibatkan oleh perubahan jarak dan atau posisi benda terhadap titik acuan.

Sedangkan Gerak Semu adalah gerakan suatu benda yang sebenarnya diam namun oleh pengamat teramati bahwa benda tersebut seolah-olah bergerak. Gerak semu ini biasanya diakibatkan oleh karena keadaan pengamat yang sedang berada dalam suatu sistem yang bergerak.

    2. Gerak menurut bentuk lintasan

Gerak dapat dibedakan menurut lintasannya. Perhatikan macam-macam gerak berikut ini.

a. Gerak lurus

Gerak lurus adalah gerak yang lintasannya berbentuk garis lurus (tidak berbelok-belok). Lintasan adalah titik-titik berurutan yang dilalui oleh suatu benda yang sedang bergerak. Contoh benda yang bergerak lurus adalah gerak benda jatuh bebas, misalnya buah kelapa yang jatuh dari tangkainya. Contoh lainnya, misalnya kelereng yang menggelinding dengan lintasan yang lurus dan pesawat yang sedang terbang dengan lintasan lurus diudara. Apakah mobil dapat melakukan gerak lurus dapat saja, asalkan dalam gerakannya itu diusahakan lintasannya lurus.


b. Gerak melingkar

Gerak melingkar adalah gerak yang lintasannya berbentuk lingkaran atau bagian dari lingkaran itu.

Dalam gerak melingkar jarak benda dengan pusat putaran tetap, namun posisi benda terhadap pusat lingkaran berubah.

Contoh gerak melingkar antara lain : Ujung jarum jam yang melingkari pusat putarannya dan asteroid yang bergerak mengelilingi matahari.


c. Gerak Parabola


Gerak parabola adalah gerakan benda dengan lintasan berbentuk parabola contoh untuk gerak parabola ini misalnya benda yang  dilempar dengan sudut elevasi tertentu terhadap bidang datar dan bola yang di tendang melambung keatas.

Ada penomena menarik tentang gerak parabola ini. Misalnya sebuah benda pada ketinggian tertentu di lemparkan dalam arah horizontal. Ternyata, waktu yang dibutuhkan oleh benda tersebut untuk mencapai  tanah adalah sama dengan waktu yang dibutuhkan oleh benda yang dijatuhkan pertikal tanpa kelajuan awal dari ketinggian yang sama. Penomena ini menunjukkan kepada kita bahwa daya tarik bumi ( gaya gravitasi bumi ) memberikan percepatan kebawah yang sama besar kepada kedua benda tersebut.

 

d. Gerak tidak beraturan

Gerak benda dengan lintasan yang tidak beraturan di sebut gerak tidak beraturan. Nah, dapatkah kamu memberikan contoh gerak tidak beraturan ini ?