Jenis-jenis Gerhana Bulan

 

Gerhana bulan dibedakan menjadi 3 bagian, yaitu :

1.Gerhana Bulan Total/Penuh

      

Posisi bulan yang tepat berada di daerah umbra, menunjukkan sedang dalam keadaan gerhana total/penuh. Dalam kondisi ini, bulan tidak terlihat gelap sepenuhnya, masih terlihat samar-samar gelap kemerahan karena sinar matahari masih ada yang terpantul ke bulan melalui atmosfer bumi. Saat gerhana bulan total, bulan akan tampak berwarna gelap, bisa berwarna merah tembaga, jingga, maupun coklat. Hal ini disebabkan oleh spektrum warna yang dibelokkan atmosfer yang mayoritas berwarna merah. Peristiwa gerhana bulan total, pernah terjadi pada tanggal 3 Maret 2007 dan 17 Agustus 2007.
 

 

       2.Gerhana Bulan Separuh

Gerhana bulan separuh adalah suatu kondisi bulan yang tidak sepenuhnya terhalang oleh bumi. Sebagian dari bulan masuk ke daerah penumbra, sehingga masih ada bagian bulan yang tersinari oleh cahaya matahari. Gerhana bulan separuh ini masih bisa dengan mudah dilihat dengan mata telanjang. Peristiwa ini tidak membahayakan mata, walaupun dilihat dengan mata tanpa alat bantu apapun. Namun, gerhana bulan lebih bisa dinikmati keindahannya jika dilihat dengan menggunakan alat bantu binokuler atau “keker” atau teleskop untuk bisa melihat lebih dekat dan membedakan batas bagian yang gelap dan terang di permukaan bulan. Peristiwa gerhana bulan sebagian terjadi pada tahun 2006 dan 2008, yaitu pada tanggal 7 – 8 September 2006 dan tepat pada hari kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2008.
  

       3.Gerhana Bulan Penumbra

Gerhana bulan penumbra adalah gerhana bulan yang ditunjukkan dengan posisi bulan yang sepenuhnya berada di bagian penumbra. Pada gerhana jenis ini, bulan tidak mengalami perubahan bentuk seperti halnya gerhana bulan total atau sebagian. Bulan hanya mengalami perubahan kecerahan saja. Oleh karena itu biasanya kondisi gerhana seperti ini sulit dilihat dan diamati dengan mata telanjang, karena penampakannya yang sangat halus. Peristiwa gerhana bulan penumbra ini terjadi pada tahun 2002, dan pada tanggal 9 Februari 2009.