Pendahuluan

Kuis

Referensi

Tim


Dilihat: 7353
Diunduh: 1082

 

Pendahuluan

 

Apakah yang terjadi jika kita membakar kayu, kertas, atau bahkan daging?

 

Ya, bahan tersebut menjadi kehitaman karena gosong seperti arang. Hal itu menunjukkan bahwa bahan tersebut mengandung senyawa karbon. Senyawa karbon adalah senyawa yang mengandung atom karbon. Karbon sendiri dapat kita jumpai dalam arang atau isi pensil. Perhatikan Gambar 1.

 

Gambar 1. Daging, kayu, dan kertas yang terbakar berubah menjadi hitam

 

Pernahkah kamu mendengar istilah sampah organik dan sampah non organik??

 

Berdasarkan unsur-unsur penyusunnya, senyawa dibagi menjadi dua yaitu senyawa organik dan anorganik. Perhatikan tabel 1 di bawah ini ya!!

 

Tabel 1. Perbedaan Senyawa Organik dan Anorganik

 

Nah sekarang kita akan mempelajari tentang senyawa organik, khususnya Hidrokarbon, kira-kira apa ya yang dimaksud dengan senyawa hidrokarbon??

 

A. Panduan Bagi Guru

Bagi rekan guru, modul ini dapat disajikan salah satu sumber belajar bagi siswa. Modul ini dilengkapi juga dengan latihan, tes akhir, dan forum diskusi.

 

B. Panduan Bagi Siswa

Untuk mempelajari modul ini Anda diminta untuk mengisi kuis interaktif. Pada setiap kegiatan belajar kerjakanlah latihan interaktif tersebut dan di akhir kegiatan lanjutkan dengan mengerjakan tes akhir modul guna mengetahui tingkat penguasan materi terhadap modul ini. Guna memperdalam penguasaan materi, Anda dapat mendiskusikan tentang dampak positif dan negatif dari penggunaan senyawa alkana. Pada bagian penutup, terdapat forum diskusi sehingga Anda dapat memberikan komentar dan saling bertukar pikiran dengan rekan-rekan di seluruh Indonesia.

 

Selamat belajar!