Pendahuluan

Kuis

Referensi

Tim


Dilihat: 1789
Diunduh: 357

 

Pendahuluan

 

Pernahkah Kamu mendengar tentang karbit? Atau buah karbitan?


Karbit merupakan nama lain untuk senyawa kalsium karbida (CaC2), senyawa ini seringkali digunakan untuk menghasilkan gas Asetilena.

 


secara luas karbit digunakan untuk pembuatan Gas Asetilena (C2H2), yaitu bahan untuk memotong dan mengelas bahan-bahan besi dan baja pada industri perkapalan, pertambangan, karoseri mobil serta industri kecil.


Asetilena (Nama sistematis: etuna) adalah suatu hidrokarbon yang tergolong kepada alkuna, dengan rumus C2H2. Asetilena merupakan alkuna yang paling sederhana, karena hanya terdiri dari dua atom karbon dan dua atom hidrogen. Asetilena ditemukan oleh Edmund Davy pada 1836, yang menyebutnya karburet baru dari hidrogen. Nama asetilena diberikan oleh kimiawan Perancis Marcellin Berthelot, pada 1860.


Dalam kehidupan sehari-hari karbit digunakan dalam teknologi praktis yaitu untuk pematangan buah-buahan (fruit ripening) utamanya untuk buah mangga, pisang, dan papaya. Rekayasa tersebut dapat membuat buah matang merata dengan warna menarik tanpa mengurangi kualitas.
Sedang dalam usaha percepatan pembibitan kentang, karbit dapat memperpendek masa tidur (dormancy period) bibit kentang yang biasanya 5-6 bulan menjadi sekitar 2-3 bulan.
Kalsium karbida (atau kalsium asetilida) yang direaksikan dengan akan menghasilkan asetilena dan kalsium hidroksida serta panas, panas inilah yang digunakan untuk mematangkan buah.


Reaksi ini ditemukan oleh Friedrich Wohler di tahun 1862.
CaC2 + 2H2O → Ca(OH)2 + C2H2

 

Pedoman bagi Guru

Bagi rekan guru, modul ini dapat disajikan salah satu sumber belajar bagi siswa. Modul ini dilengkapi juga dengan latihan, tes akhir, dan forum diskusi

Panduan Bagi Siswa

Untuk mempelajari modul ini Anda diminta untuk mengisi kuis interaktif. Pada setiap kegiatan belajar kerjakanlah latihan interaktif tersebut dan di akhir kegiatan lanjutkan dengan mengerjakan tes akhir modul guna mengetahui tingkat penguasan materi terhadap modul ini. Guna memperdalam penguasaan materi, Anda dapat mendiskusikan tentang dampak positif dan negatif dari penggunaan senyawa alkuna. Pada bagian penutup, terdapat forum diskusi sehingga Anda dapat memberikan komentar dan saling bertukar pikiran dengan rekan-rekan di seluruh Indonesia.

 

Selamat belajar!