Pendahuluan

Kuis

Referensi

Tim


Dilihat: 2945
Diunduh: 528

 

Pendahuluan

 

Apa yang Anda lakukan ketika hendak memindahkan atau menggeser sebuah benda? Anda akan mendorongnya atau menariknya, bukan? Demikian pula ketika Anda hendak menghentikan benda yang sedang bergerak, Anda harus menahan gerak benda tersebut. Ketika Anda mendorong, menarik,atau menahan benda, dikatakan Anda tengah mengerahkan gaya pada benda tersebut. Selain itu, Anda juga harus mengerahkan gaya untuk mengubah bentuk benda.

Seseorang yang telah berjasa dalam ilmu Fisika terutama dinamika, yakni Sir Isaac Newton. Sebuah benda yang semula diam dapat bergerak jika dikenai suatu gaya. Pengaruh gaya pada suatu benda dapat dijelaskan dengan hukum- hukum Newton tentang gerak benda. Hukum Gerak Newton merupakan Hukum dasar dinamika yang merumuskan pengaruh gaya terhadap perubahan gerak benda. Hukum Newton terdiri atas tiga perumusan yang terkenal sebagai Hukum I Newton, Hukum II Newton, dan Hukum III Newton. Untuk menghormati jasa Newton, namanya digunakan sebagai satuan gaya.

 

Dalam bab ini, Anda akan mempelajari hukum gerak Newton secara berurutan. Hukum pertama, memperkenalkan konsep kelembaban yang telah diusulkan sebelumnya oleh Galileo. Hukum kedua, menghubungkan percepatan dengan penyebab percepatan, yakni gaya. Hukum ketiga, merupakan hukum mengenai aksi-reaksi.

 

 

Kita bisa membayangkan betapa pintarnya seorang Isaac Newton yang sudah bisa menentukan perhitungan (rumus) gaya pada suatu benda yang bergerak lama sebelum jaman sudah canggih seperti sekarang ini. Padahal orang-orang zaman sekarang yang sudah didukung oleh teknologi dan peralatan yang canggih serba komputerisasi tidak bisa melakukan perhitungan terhadap rumus yagn sudah dibuat oleh Newton tersebut. Prinsip dasarnya materi ini bisa kita pahami dari adanya benda yang bergerak dan benda tersebut membutuhkan gaya untuk menggerakkannya. Pada berbagai kondisi ternyata terdapat beberapa pengembangan rumus seperti misalnya benda yang bergerak pada bidang datar tidak sama dengan benda yang bergerak pada bidang miring. Atau bidang yang licin dengan bidang yang kasar.

 

Panduan Bagi Guru

Bagi rekan guru, modul ini dapat dijadikan sebagai salah satu sumber belajar bagi siswa. Modul ini dilengkapi dengan latihan interaktif, tes akhir dan forum diskusi. Untuk itu seyogyanya rekan guru harus aktif memberikan tugas kepada siswa sebagai bahan diskusi dan memberikan umpan balik kegiatan siswa melalui forum diskusi yang terdapat di akhir modul ini. RPP yang tersedia di rumah belajar dapat digunakan guru sebagai pedoman untuk penyusunan RPP yang disesuaikan dengan lingkungan masing-masing.

 

Panduan Bagi Siswa

Untuk mempelajari modul ini kamu diminta untuk mengisi kuis interaktif. Modul ini terdiri atas dua Kegiatan Belajar yaitu Kegiatan Belajar 1 tentang Konsep Hukum Newton,yaitu : Hukum I Newton, Hukum II Newton, dan Hukum III Newton. Kegiatan Belajar 2 berisi tentang Penerapan Hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari. Pada setiap kegiatan belajar kamu akan mengerjakan latihan interaktif dan di akhir kegiatan mengerjakan tes akhir modul. Kamu dapat mengamati di dalam laboratorium yang ada di sekolah, di sekitar lingkunganmu dengan bimbingan guru pembimbingmu. Pada bagian penutup, kami menyediakan forum diskusi. Kamu dapat memberikan komentar dan saling bertukar pikiran dengan teman-temanmu di seluruh Indonesia. Selamat belajar.