IPA Terpadu

Hukum Pascal


Pendahuluan

Indikator

Hukum Pascal

Aplikasi Hukum Pascal

Latihan

TES

Daftar Pustaka

Tim


Dilihat: 12213
Diunduh: 1128

Pendahuluan


Pernahkah kalian memperhatikan pompa sepeda ? Apa sebenarnya yang terjadi ketika penghisap pada pompa itu ditekan sehingga pada ujung tali pompa mengeluarkan udara ? kalian akan dapat menjawab pertanyaan tersebut setelah kalian mempelajari materi berikut ini.

Ketika belajar fluida berupa air, kita mengenal bahwa salah satu sifat dari partikel-partikel zat cair adalah senantiasa bergerak bebas. Coba jalankan animasi berikut dan perhatikan!

Animasi: Tekanan pompa pada bola pascal berisi air

Animasi tersebut memperlihatkan bahwa ketika pengisap pada pompa pascal diberi tekanan, air akan memancar keluar dari setiap lubang di sekeliling bola pascal ke segala arah dengan kekuatan yang sama.
Percobaan seperti Animasi tersebut pertama kali dilakukan oleh seorang ilmuwan kelahiran Clemont-Ferrant bernama Blaise Pascal.

Gambar: Lukisan profil Blaise Pascal

Blaise Pascal lahir di Clermont-Ferrand, Prancis, 19 Agustus 1623. Sejak kecil, Pascal sakit-sakitan sehingga ia tidak bersekolah. Akan tetapi, ia sangat tekun belajar. Pada usia 16 tahun, Pascal telah dapat menulis buku kecil tentang kerucut. Ia sudah dapat membuat kalkulator digital pertama di dunia pada usia 18 tahun.

Pascal adalah ahli fisika, penemu hukum Pascal, alat suntik, kempahidrolik, dan masih banyak lagi. Penemuan Pascal mengenai tekanan pada zat cair diawali dengan mempelajari percobaan Torricelli sampai pada akhirnya ditemukan hukum tekanan zat cair. Pada usia 39 tahun, Pascal wafat karena menderita penyakit kanker.