Pendidikan Agama Islam > Kelas IX/1

Iman kepada Qadha dan Qadar


Pendahuluan

Indikator

Pengertian dan Dalil

Macam-macam Takdir

Hikmah Beriman kepada Qadha dan Qadar

Latihan

Tes

Daftar Pustaka

Tim

Kurikulum 2013


Dilihat: 21260
Diunduh: 1978

Pengertian dan Dalil


Sebelum kita membahas topik ini, silahkan simak video ini.

www.youtube.com/user/elwasberdha

Video Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Qadha dan Qadar

Apa yang terjadi pada video tersebut? Ternyata, tidak ada yang tahu, bahwa kematian dapat datang kapan saja dan menimpa siapa saja. Apa kaitannya dengan qadha dan qadar? Jelas, bahwa kematian seseorang itu tidak dapat lepas dari qadha dan qadar Allah SWT. Apa itu qadha dan qadar? Qadha yaitu ketetapan Allah SWT sejak zaman azali (zaman dahulu sebelum diciptakan alam semesta) sesuai dengan kehendak-Nya tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan mahluknya. Qadar yaitu Perwujudan dari qadha atau ketetapan Allah SWT dalam kadar tertentu sesuai dengan kehendak-Nya. Qadarnya Allah ini juga biasa disebut dengan istilah takdir. Hubungan antara qadha dan qadar yaitu hubungan yang tidak dapat dipisahkan dan merupakan satu kesatuan. Mengapa? Karena qadha diibaratkan “rencana”, sedangkan qadar sebagai “perwujudan atau kenyataan” yang terjadi. Jadi, apa itu beriman kepada qadha dan qadar? Iman kepada qadha dan qadar yaitu percaya dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT telah menentukan segala sesuatu yang akan terjadi pada mahluknya. Setiap manusia, telah diciptakan dengan ketentuan-ketentuan dan telah di atur nasibnya sejak zaman azali. Meski ada takdir Allah SWT, bukan berarti kita sebagai manusia bermalas-malasan menunggu nasib tanpa berusaha atau berikhtiar. Karena sebuah keberhasilan tidak akan tercapai tanpa adanya usaha.

Jadi, usaha tetap harus dilakukan. Tetapi, bagaimanapun hasilnya, harus dapat diterima dengan lapang dada, Karena itu merupakan takdir Allah SWT.

DALIL ADANYA QADHA DAN QADAR

Dalil tentang adanya qadha dan qadar ini tersurat dalam beberapa ayat al-Quran antara lain:

- QS. Al-Ahzab/33:38

https://www.youtube.com/user/zahratalain [suara:abdulrahman as sudais]

Artinya: "…Dan adalah ketetapan Allah itu suatu ketetapan yang pasti berlaku." [Al-Ahzab/33:38]

 

- QS. Al-Qamar/54:49

https://www.youtube.com/user/zahratalain [suara:abdulrahman as sudais]

Artinya: "Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran." [Al-Qamar/54:49]

 

- HR. Muslim

Pustekkom 2017 [suara:m. baihaqie]

Artinya: Rasulullah SAW bersabda: "Allah telah menetapkan takdir untuk setiap makhluk sejak lima puluh ribu tahun sebelum penciptaan langit dan bumi." (HR. Muslim).

Jadi qadha dan qadar Allah SWT itu adalah benar adanya. Hal tersebut disebutkan baik dalam al-Quran maupun hadis. Karena itu, terkait dengan qadha dan qadar Allah SWT ini kita harus mengimani bahwa kehendak Allah meliputi segala sesuatu: baik yang terjadi maupun yang tidak terjadi, baik perkara besar maupun kecil, baik yang tampak maupun yang tersembunyi, baik yang terjadi di langit maupun di bumi.