Pendahuluan

Kompetensi

Latihan

Tes


TIM

 

Klasifikasi Invertebrata (Porifera)

 

Invertebrata dapat dikelompokkan menjadi enam filum, yaitu Porifera (hewan berpori), Coelenterata (hewan berongga), Vermes (cacing), Arthropoda (hewan berbuku-buku), Mollusca (hewan lunak), dan  Echinodermata (hewan berkulit duri).

Porifera adalah hewan yang seluruh permukaan tubuhnya berpori-pori. Tubuh hewan ini menyerupai spons, dengan rangka yang terbuat dari zat tanduk. Pada umumnya memiliki tubuh asimetri (tidak beraturan). Bentuknya ada yang seperti tabung, vas bunga, mangkuk, atau bercabang seperti tumbuhan dengan warna tubuh bermacam-macam. Habitat hewan ini adalah di dalam air dan dapat  berkembang biak secara kawin maupun tidak kawin. Perkembangbiakan tidak kawin dilakukan dengan cara membentuk tunas. Beberapa jenis porifera seperti Spongia dan Hippospongi dapat digunakan sebagai spons mandi dan alat gosok. Contoh hewan porifera antara lain: Scypha, Euspongia, dan Poterion.Ciri-ciri yang dimiliki oleh Porifera tersebut dapat kamu lihat melalui gambar berikut!



Coelenterata merupakan hewan yang hidupnya di air dan memiliki rongga pada tubuhnya.Tubuhnya ada yang berbentuk polip dan ada yang berbentuk medusa. Polip memiliki bentuk seperti tabung dan menempel pada tempat hidupnya. Medusa berbentuk seperti lonceng atau payung yang dikelilingi oleh “lengan-lengan” (tentakel) melayang-layang di air. Tentakel berfungsi untuk menangkap mangsa. Jika ada mangsa yang menempel atau mendekati tentakel maka sel beracun yang terdapat pada tentakel akan mengeluarkan racun untuk melumpuhkan mangsa tersebut.



Contoh Coelenterata antara lain obelia, hydra, ubur-ubur dan anemon.