Jaringan Epitel


Pada materi 1 ini Anda akan mempelajari macam-macam jaringan epitel penyusun organ tubuh

Ketombe adalah pengelupasan sekumpulan sel kulit mati yang letaknya dibagian paling luar dari kulit kepala. Sekumpulan sel kulit mati yang melapisi kulit kepala tersebut merupakan salah satu jenis dari jaringan yang menyusun organ kulit yang disebut jaringan epitel.
Marilah kita pelajari jaringan epitel di bawah ini.
Jaringan epitel merupakan salah satu dari empat jaringan dasar. Jaringan epitel melapisi bagian luar tubuh seperti kulit (eksotelium), membatasi rongga tubuh (mesotelium), maupun yang membatasi organ (endotelium). Jaringan epitel dengan jaringan ikat yang berada dibawahnya dihubungkan oleh membran dasar. Membran dasar terdiri atas dua lapis, yaitu lamina basalis dan lamina retikularis.
Perhatikan gambar jaringan epitel dengan membran basal di bawahnya

Macam-macam jaringan epitel
Sumber:http://1.bp.blogspot.com

Epitel terbagi menjadi dua jenis yakni epitel penutup atau pelapis yang merupakan epitel yang melapisi rongga, organ, maupun permukaan tubuh seperti kulit dan epitel kelenjar yang mengeluarkan enzim, hormon, maupun zat lainya (sekresi).
Berdasarkan bentuk dan lapisannya epitel terbagi menjadi 8 jenis yakni, epitel pipih selapis, epitel pipih berlapis, epitel kubus selapis, epitel kubus berlapis, epitel silindris selapis, epitel silindris berlapis dan epitel transisional.
Coba Perhatikan animasi jaringan epitel di bawah ini!

 

Sumber gambar: Addison Wesley Longman 1999

Setelah mempelajari macam-macam jaringan epitel, selanjutnya Anda akan mempelajari jaringan epitel penyusun organ tubuh berdasarkan gambar preparat di bawah ini.
Coba perhatikan gambar bangun segi 7 di bawah ini, setiap gambar berisi macam jaringan epitel penyusun organ tubuh pada manusia. Selanjutnya Anda lakukan kegiatan belajar dengan mengikuti petunjuk dibawah ini.

Petunjuk : Pilihlah salah satu gambar bangun segi 7 di bawah ini dan akan muncul tampilan gambar yang telah Anda pilih. Gambar berisi preparat macam-macam jaringan epitel . Selamat mencoba!