Jaringan Otot


Pada materi ke 3 ini Anda akan mempelajari macam-macam jaringan otot penyusun organ tubuh

Pernahkah Anda mengkonsumsi daging? Jawabannya pasti pernah, semua manusia pernah mengkonsumsi daging, baik itu daging ayam, daging sapi, daging kambing, daging pada ikan, dan daging-daging lainnya. Tahukah Anda sebenarnya daging itu apa? Daging merupakan salah satu dari empat jaringan dasar pada hewan, yakni jaringan otot.  Otot  merupakan  salah  satu  jaringan  yang  memiliki  struktur  dan  fungsi  yang khusus. Otot memiliki protein kontraktil berupa aktin dan myosin. Oleh karena itu otot mampu berkontraksi yang menyebabkan suatu pergerakan. Otot tidak hanya berfungsi dalam pergerakan aktivitas sehari-hari tubuh kita. Namun otot juga berperan dalam pergerakan organ-organ dalam tubuh. Pergerakan dari organ menyebabkan berpindahnya molekul dari satu tempat ke tempat lain. Misal makanan yang bergerak mulai dari mulut hingga anus.
Kini Anda sudah tahu bahwa otot bukanlah suatu organ melainkan suatu jaringan. Nah sekarang, menurut pemahamanmu, coba sebutkan contoh jaringan otot yang Anda ketahui!
Agar bisa menjawab pertanyaan tersebut, perhatikan gambar ketiga otot dibawah ini

Petunjuk :
Pilihlah salah satu ciri-ciri dari  otot polos, lurik dan jantung di bawah ini dengan cara mengarahkan kursor mouse pada kotak yang telah disediakan, maka akan muncul tampilan karakteristik perbedaan dari ketiga otot tersebut.
Selamat mencoba!


Copyright Pustekkom Kemdikbud@2016