Pengertian Kapilaritas


Jika kita sedang makan bersama keluarga, kemudian ada air yang tumpah di atas meja, secara spontan kita akan mengambil tisu atau kain lap untuk mengeringkannya. Mengapa demikian? Dan mengapa kita tidak memilih plastik pembungkus belanjaan untuk mengeringkannya? Kita memilih tisu atau kain lap karena mereka memiliki daya serap atau daya kapilaritas tinggi.

Kapilaritas adalah peristiwa naik atau turunnya zat cair pada pembuluh atau celah kecil atau pori-pori kecil. Tisu atau kain lap adalah bahan yang memiliki celah atau pori-pori kecil yang banyak sedangkan plastik tidak. Kapilaritas disebabkan oleh interaksi di antara molekul-molekul dinding bahan dengan zat cair. Interaksi antara molekul itu selajutnya kita beri nama gaya adhesi dan kohesi.

Gaya kohesi adalah tarik-menarik antara molekul-molekul yang sejenis, yaitu molekul air dengan molekul air. Sedangkan gaya adhesi adalah gaya tarik menarik antara molekul yang tidak sejenis, yaitu bahan wadah dengan, molekul zat cair yang berada di dalamnya atau sekitarnya.

Perbedaan kekuatan gaya Adhesi dan kohesi inilah yang dapat menyebabkan fenomena-fenomena alam yang luar biasa. Antara lain :

  1. Gejala kapilaritas
  2. Meniskus atau bentuk permukaan zat cair
  3. Dalam industri seperti produksi lem, daya tempel cat dan lain lain

Kali ini pembahasan akan kita focuskan dalam gejala kapilaritas dan meniskus.

Untuk memahami peristiwa Kapilaritas marilah kita ikuti animasi berikut