Sudut Kontak


Perbedaan kekuatan gaya adhesi dan kohesi pada peristiwa yang lain adalah timbulnya bentuk permukaan zat cair dalam wadah. Setidaknya ada tiga bentuk permukaan zat cair dalam wadah yaitu, permukaan cembung atau sering disebut meniskus cembung, permukaan cekung atau meniskus cekung dan permukaan datar. Bagaimanakah kamu dapat menjelaskan terjadinya perbedaan bentuk permukaan ini dengan konsep perbedaan kekuatan gaya adhesi dan kohesi? Temukan referensi untuk menjelaskannya, dalam pembahasan ini kita hanya akan menguraikan tentang hal lainnya.
Jika arah permukaan zat cair dalam wadah diperpanjang dengan garis lurus maka akan kita dapatkan sudut antara perpanjangan permukaan zat cair dangan arah vertikal wadah, sudut ini disebuit dengan sudut kontak.

  1. Meniskus cekung (bentuknya lengkung ke dalam).
  2. Jika pada kelengkungan air ke atas ditarik garis lurus, maka garis ini akan membentuk sudut yang kita beri nama teta (θ) terhadap dinding vertikal. Sudut inilah yang dinamakan sudut kontak. Sudut kontak air merupakan sudut lancip (θ < 90o).

  3. Meniskus cembung.
  4. Jika pada kelengkungan permukaan raksa ditarik garis lurus maka garis ini akan membentuk sudut yang kita beri nama teta (θ) terhadap dinding vertikaL. Sudut tersebut disebut sudut kontak raksa dengan dinding kaca dengan besar 90o< θ < 180o.

    Prediksikan, apa yang terjadi jika terjadi keseimbangan antara besarnya gaya adhesi dan gaya kohesi di dalam wadah yang berisi cairan. Bagaimanakan bentuk permukaan cairannya dan bagaimanakah sudut kontaknya?   

    Untuk memperjelas konsep di atas marilah kita ikuti animasi berikut ini

Animasi sudut kontak pada permukaan zat cair