Tujuan Kebijakan Moneter


Menurut pemahamanmu, apa tujuan dari kebijakan moneter?

A. Menjaga stabilitas ekonomi

Stabilitas ekonomi adalah suatu keadaan perekonomian yang berjalan sesuai dengan harapan, terkendali, dan berkesinambungan. Artinya, pertumbuhan arus uang yang beredar seimbang dengan pertumbuhan arus barang dan jasa yang tersedia.

Kondisi naik turunnya neraca perdagangan

Grafik di atas menggambarkan kondisi terjadinya surplus dan defisit neraca perdagangan. Surplus neraca perdagangan terjadi pada tahun 2009 – 2011 dan defisit perdagangan terjadi pada tahun 2012 – 2014.

Perkembangan nilai tukar rupiahterhadap dolar

Grafik diatas menggambarkan kondisi naik turunnya nilai tukar rupiah terhadap dolar periode 1993 - 2011. Nilai tukar rupiah terhadap dolar terendah terjadi pada tahun 1998 yaitu 1 USD = Rp10.464, dan nilai tukar rupiah terhadap dolar tertinggi terjadi pada tahun 1993 yaitu 1 USD = Rp2.096

B. Menjaga stabilitas tingkat harga

Kebijakan moneter dapat dilakukan ketika terjadi ketidakstabilan tingkat harga. Ketidakstabilan ini terjadi ketika jumlah uang beredar tidak seimbang dengan jumlah barang. Ada kalanya harga naik atau turun tidak beraturan, sehingga perubahan harga dapat memengaruhi kegiatan ekonomi masyarakat.

Pantau harga kebutuhan pokok

C. Meningkatkan kesempatan kerja

Jika jumlah uang beredar seimbang dengan jumlah barang dan jasa, maka perekonomian akan stabil. Pada keadaan ekonomi stabil, perusahaan akan mengadakan investasi. Investasi akan memungkinkan adanya lapangan pekerjaan baru. Adanya lapangan pekerjaan baru atau perluasan usaha berarti meningkatkan kesempatan kerja.

Antrian dibursa kerja

D. Perbaikan neraca pembayaran

Kebijakan moneter dapat memperbaiki posisi neraca perdagangan dan neraca pembayaran. Jika nilai tukar rupiah terhadap dolar melemah maka, harga-harga barang yang diproduksi di Indonesia akan menjadi lebih murah di pasar internasional, sehingga memperkuat daya saing dan meningkatkan jumlah ekspor. Peningkatan jumlah ekspor akan memperbaiki neraca perdagangan dan neraca pembayaran.