IPS Terpadu > Kelas VII/1

Konektivitas Antar Ruang dan Waktu


Pendahuluan

Indikator

Pengertian ruang dan interaksi antar ruang

Konektivitas antar ruang dan waktu

Latihan

Simulasi

Tes

Daftar Pustaka

Tim

Kurikulum 2013


Dilihat: 5959
Diunduh: 0

Pendahuluan


Perhatikanlah baju seragam sekolah yang kalian kenakan, dari mana seragam tersebut diproduksi? apakah ada pabrik tekstil atau industri garmen di sekitar tempat tinggalmu?
Kenapa di daerah kalian tidak ada pabrik tekstil atau industri garmen akan tetapi kalian bisa memakai baju?

Apakah kalian senang dan bangga mengenakan seragam sekolah?
Kalian bisa mengenakan seragam SMP karena sebelumnya telah menempuh pendidikan di Sekolah Dasar, karena persyaratan masuk ke Sekolah Menengah Pertama harus memiliki ijazah SD, halini meneunjukkan adanya interaksi waktu antara pendidikan di SMP dengan pendidikan sebelumnya, yaitu pendidikan di SD
Siapa di antara kalian yang pernah makan buah anggur? Bagaimana rasanya? di daerah mana buah tersebut ditanam? Pernahkah kalian berfikir kenapa di daerah kalian tidak ada yang menanam anggur akan tetapi kalian bisa mendapatkannya?

Pernahkan kalian pergi ke Jakarta? atau kota besar yang terdekat dengan tempat  tinggal kalian?
Amatilah kehidupan mereka dan barang barang kebutuhan hidupnya. Pernahkah kalian berfikir kenapa  mereka dapat memperoleh semua kebutuhan hidupnya? padahal mereka  tidak memproduksi barang tersebut. Dari mana barang tersebut didatangkan?

Barang-barang kebutuhan dapat kita peroleh di tempat tertentu, padahal di tempat tersebut tidak memproduksinya adalah  karena adanya konektivitas antar ruang dan waktu. konektivitas artinya keterhubungan atau keterkaitan. Manusia tinggal di suatu ruang tertentu di permukaan bumi. Setiap ruang yang ditempati oleh manusia memiliki karakteristik dan ciri khas masing-masing. Setiap ruang memiliki potensi yang berbeda.
Coba kalian datang kesuatu daerah. Apakah kondisi daerah yang kalian datangi sama dengan daerah asalmu? perhatikan kondisi alamnya, budayanya, kehidupan masyarakatnya. Pasti akan memiliki ciri khas tersendiri.