IPS Terpadu > Kelas VII/1

Konektivitas Antar Ruang dan Waktu


Pendahuluan

Indikator

Pengertian ruang dan interaksi antar ruang

Konektivitas antar ruang dan waktu

Latihan

Simulasi

Tes

Daftar Pustaka

Tim

Kurikulum 2013


Dilihat: 6089
Diunduh: 0

Pengertian Ruang dan Interaksi Antar Ruang


Dimanakah kamu tinggal? Apakah kamu hafal alamat lengkap rumahmu? Rumah tempat kamu tinggal merupakan suatu ruang, bagian dari ruang yang sangat besar, yaitu permukaan bumi.

Setiap makhluk yang hidup di bumi ini memerlukan ruang untuk melangsungkan kehidupannya. Tanpa adanya ruang, maka manusia dan semua makhluk hidup lainnya tidak memiliki tempat untuk hidup.

Ruang adalah tempat di permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian (Sumaatmadja, 1981).

Ruang tidak hanya sebatas udara yang bersentuhan dengan permukaan bumi, tetapi juga lapisan troposfer yang merupakan atmosfer terbawah yang mempengaruhi permukaan bumi.

Ruang juga mencakup perairan yang ada di permukaan bumi (laut, sungai, dan danau) dan di bawah permukaan bumi (air tanah) sampai kedalaman tertentu.

Ruang juga mencakup lapisan tanah dan batuan sampai pada lapisan tertentu yang menjadi sumber daya bagi kehidupan. Dengan demikian, batas ruang dapat diartikan sebagai tempat dan unsur-unsur yang terdapat di dalamnya yang memengaruhi kehidupan di permukaan bumi

Perbedaan karakteristik ruang menyebabkan adanya interaksi antar satu ruang dengan lainnya, karena untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia di suatu ruang tertentu membutuhkan ruang lainnya. Sedangkan satu ruang tidak mungkin dapat menghasilkan seluruh kebutuhan hidup manusia baik dari jenis maupun jumlahnya. Contohnya, wilayah pegunungan umumnya merupakan penghasil sayuran, sedangkan daerah pesisir menghasilkan ikan laut. Penduduk daerah pantai membutuhkan sayuran dari daerah pegunungan dan sebaliknya penduduk dari daerah pegunungan membutuhkan ikan dari penduduk daerah pantai. Penduduk yang tinggal di kedua daerah yang berbeda hasil buminya akan saling mengunjungi untuk mendapatkan barang keperluanya. Itulah yang dimaksud kedua wilayah kemudian saling berinteraksi melalui aktivitas perdagangan.