Ilmu Pengetahuan Sosial

Letak dan Luas Indonesia


Pendahuluan

Indikator

Pemahaman Lokasi Melalui Peta

Letak dan Luas Wilayah Indonesia

Latihan

Tes

Daftar Pustaka

Tim

Kurikulum 2013


Dilihat: 2608
Diunduh: 344

Letak dan Luas Wilayah Indonesia


Letak suatu tempat menunjukkan posisinya diantara tempat lain dan menunjukkan pula karakteristik tempat tersebut. Sebagai contoh, suatu tempat berada di daerah pantai. Karakteristik tempat tersebut dapat diidentifikasi bersuhu tinggi, berupa dataran rendah, sebagian masyarakatnya bekerja sebagai nelayan, dan seterusnya. Letak juga menunjukkan posisi suatu tempat terhadap tempat lainnya. Dalam hal ini, ada tempat yang strategis, terisolasi, dan seterusnya. Sebagai contoh, suatu tempat berada di pusat kota. Karena letaknya, tempat tersebut dapat dicapai dari berbagai lokasi dengan mudah, sehingga menjadi pusat kegiatan penduduk.

Perhatikan peta dibawah ini !

Letak astronomis Indonesia

Berdasarkan letak astronomisnya Indonesia terletak diantara 6°LU-11°LS dan 95°BT-141°BT. Berdasarkan letak astronomis seperti pada gambar diatas maka Indonesia adalah negara yang memiliki iklim tropis. Selain dilihat dari letak berdasarkan titik koordinatnya (letak astronomis) letak suatu wilayah juga dilihat berdasarkan posisi atau letak sebenarnya di permukaan bumi (letak geografis). Untuk melihat letak geografis Indonesia perhatikan gambar dibawah ini!

Letak geografis Indonesia

Setelah melihat gambar di atas tahukah kamu dimana letak geografis Indonesia?

Berdasarkan letak geografisnya Indonesia terletak diantara dua benua dan dua samudera. Benua yang dimaksud adalah benua Asia dan Benua Australia. Selain terletak diantara dua benua, Indonesia juga terletak diantara dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Karena letak geografisnya Indonesia dipengaruhi oleh angin muson barat dan angin muson timur yang menyebabkan Indonesia memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Wilayah Indonesia juga berbatasan dengan sejumlah wilayah. Wilayah tersebut berupa wilayah suatu negara maupun wilayah samudera. Untuk dapat mengetahui batas wilayah Indonesia perhatikan peta berikut ini!

Peta perbatasan wilayah Indonesia

Setelah melihat peta perbatasan wilayah Indonesia diatas dapatkah kalian menyebutkan batas-batas wilayah Indonesia? Batas wilayah Indonesia adalah sebagai berikut :

• Sebelah utara : Malaysia, Singapura, Filipina dan Laut Cina Selatan

• Sebelah Selatan : Timor Leste, Australia, Samudera Hindia

• Sebelah Barat : Samudera Hindia

• Sebelah Timur : Papua Nugini dan Samudera Pasifik

Keuntungan dari letak geografis Indonesia adalah Indonesia dilalui jalur perdagangan dan pelayaran dunia antara lain negara-negara Asia Timur dengan negara negara di Eropa, Timur Tengah dan India. Kapal-kapal dagang dari Jepang, Cina dan negara Asia Timur lainnya yang menuju ke Eropa melalui Indonesia dan juga sebaliknya. Indonesia juga dilalui jalur perdagangan antara Asia ke Australia dan Selandia Baru.

Berikut adalah peta posisi Indonesia pada jalur perdagangan internasional.

Posisi Indonesia pada jalur perdagangan dunia

Letak geografis memberi pengaruh bagi Indonesia, baik secara sosial, ekonomi, maupun budaya. Karena menjadi jalur lalu lintas pelayaran dan perdagangan dunia, maka bangsa Indonesia telah lama menjalin interaksi sosial dengan bangsa lain. Selain interaksi dalam bidang perdagangan terjalin pula interaksi dalam bidang sosial dan budaya. Sehingga masuklah budaya asing ke Indonesia. Jika kamu perhatikan peta jalur perhubungan dunia, tampak banyak alternatif rute pelayaran dunia. Jalur pelayaran tersebut melewati sejumlah selat di dunia. Walaupun tampak rumit, rute pelayaran utama (core route) pelayaran dunia relatif sederhana, yaitu menghubungkan Amerika Utara, Eropa dan Asia Pasifik melalui Terusan Suez, Selat Malaka, dan Terusan Panama. Indonesia dilalui oleh jalur pelayaran utama dunia. Jalur utama tersebut merupakan jalur pelayaran perdagangan paling penting dan melayani pasar utama dunia.Indonesia berada di Benua Asia yang saat ini perkembangan ekonominya sangat cepat.

Selain memiliki letak yang sangat strategis Indonesia juga memiliki wilayah yang sangat luas. Tahukah kamu berapa luas wilayah Indonesia? Indonesia merupakan salah satu negara terluas didunia dengan total luas negara 5.193.250 km² mencakup daratan dan lautan. Luas daratan Indonesia adalah 1.919.440 km² terdiri dari 17.508 pulau. Indonesia terbentang seoanjang 3.977 mil dengan luas lautan sekitar 3.273.810 km². Lautan Indonesia memiliki batas 12 mil laut serta zona ekonomi eksklusif 200 mil.

Untuk lebih memahami tentang letak dan luas wilayah Indonesia ayo klik menu yang tersedia di bawah ini!