Pendahuluan

Kuis

Referensi

Tim


Dilihat: 5060
Diunduh: 1129

 

Pendahuluan

 

Ketika kita memperhatikan proses terjadinya kilat dan petir pada saat turun hujan, mungkin kita tidak menyadari bahwa sesungguhnya pada saat itu terjadi ‘loncatan’ sejumlah muatan listrik statis, yakni elektron. Terjadinya loncatan muatan listrik dalam bentuk kilat dan petir ini membawa energi yang sangat besar sehingga sangat wajar apabila terjadinya kilat dan petir ini sangat ditakuti karena bangunan atau manusia yang terkena sambaran petir umumnya akan terbakar. Untuk melindungi dari bahaya terkena kilat dan petir, maka pada gedung-gedung yang tinggi umumnya dilengkapi dengan alat penangkal petir.


Listrik merupakan salah satu bentuk energi. Energi listrik telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Listrik pada dasarnya dibedakan menjadi dua macam, yaitu listrik statis dan listrik dinamis. Listrik statis berkaitan dengan muatan listrik dalam keadaan diam, sedangkan listrik dinamis berkaitan dengan muatan listrik dalam keadaan bergerak.


Listrik statis (electrostatic) membahas muatan listrik yang berada dalam keadaan diam (statis). Listrik statis dapat menjelaskan bagaimana sebuah penggaris yang telah digosok-gosokkan ke rambut atau kain wol dapat menarik potongan-potongan kecil kertas. Gejala tarik menarik antara dua buah benda seperti penggaris plastik dan potongan kecil kertas dapat dijelaskan menggunakan konsep muatan listrik.

 

 

Interaksi Benda Bermuatan Listrik

Petir adalah contoh loncatan muatan listrik statis yang besar

Pedoman bagi Guru

Bagi rekan guru, modul ini dapat dijadikan sebagai salah satu sumber belajar bagi siswa.   Modul ini dilengkapi dengan latihan interaktif, tes akhir dan forum diskusi. Untuk itu seyogyanya  rekan  guru harus aktif  memberikan tugas kepada siswa sebagai bahan  diskusi  dan memberikan umpan balik kegiatan siswa melalui forum diskusi yang terdapat di akhir modul ini. RPP yang tersedia di rumah belajar dapat digunakan guru sebagai pedoman untuk penyusunan RPP yang disesuaikan dengan lingkungan masing-masing.

     

Panduan Bagi Siswa

Untuk mempelajari modul ini kamu diminta untuk mengisi kuis interaktif. Modul ini terdiri atas dua Kegiatan Belajar yaitu Kegiatan Belajar 1 tentang konsep  Muatan Listrik, terdiri: Hukum Coulomb, Kuat Medan Listrik, Potensial Listrik dan Energi Potensial Listrik. Kegiatan Belajar 2 berisi tentang Kapasitor, terdiri: Kapasitas Kapasitor, Susunan Kapasitor, dan Energi Kapasitor. Pada setiap kegiatan belajar kamu akan mengerjakan latihan interaktif dan di akhir kegiatan mengerjakan tes akhir modul. Kamu dapat mengamati di dalam laboratorium yang ada di sekolah, di sekitar lingkunganmu dengan bimbingan guru pembimbingmu. Pada bagian penutup, kami menyediakan forum diskusi. Kamu dapat memberikan komentar dan saling bertukar pikiran dengan teman-temanmu di seluruh Indonesia. Selamat belajar.