Pendahuluan

Kuis

Referensi

Tim


Dilihat: 16417
Diunduh: 1598

 

Pendahuluan

 

Selamat, Anda kini telah berada di kelas X dengan Kurikulum 2013. Di kelas X semester 1 ini, Anda akan mempelajari berbagai jenis teks seperti teks anekdot, teks laporan hasil observasi, teks eksposisi, teks prosedur kompleks, dan teks negosiasi. Pada kegiatan modul online ini, Anda akan mempelajari teks anekdot dengan topik Memahami Struktur dan Kaidah Teks Anekdot serta Menginterpretasi Makna Teks Anekdot. Nah, sebagai apersepsi Anda jangan lupa mengerjakan kuis. Setelah mengerjakan soal kuis dengan benar, Anda akan mendalami materi struktur teks anekdot, ciri bahasa teks anekdot, dan isi teks anekdot. Pernahkah Anda membaca teks anekdot? Tahukah Anda, apa yang dimaksud dengan teks anekdot? Apa manfaat mempelajari modul ini? Tentu saja, Anda akan mengetahui struktur teks anekdot dan ciri bahasa teks anekdot yang berbeda dengan struktur teks lainnya. Selain itu, Anda akan memahami isi teks anekdot yang di dalamnya terdapat kritik dan nasihat-nasihat yang bermanfaat dalam kehidupan.

 

Panduan Guru

Modul ini dapat dijadikan sebagai salah satu sumber belajar untuk mencapai kompetensi siswa dalam memahami berbagai teks dengan struktur dan ciri bahasa yang berbeda. Pada bagian awal dari modul ini, guru menayangkan beberapa gambar berkaitan dengan tema korupsi. Agar memudahkan dalam mempelajari modul ini dibagi dalam dua kegiatan belajar. Kegiatan belajar 1: menjelaskan pengertian teks anekdot, mencermati struktur teks anekdot, dan ciri bahasa teks anekdot. Untuk memantapkan pemahaman Anda tentang struktur dan ciri bahasa teks anekdot ini, Anda diminta untuk mengerjakan tugas baik secara individu maupun kelompok serta menyajikan/mempresentasikannya. Pada kegiatan belajar 2, untuk memahami isi teks, Anda akan menjawab pertanyaan. Guru juga dapat membuat RPP yang ada di portal rumah belajar  "http://belajar.kemdikbud.go.id/" http://belajar.kemdikbud.go.id/ untuk disesuaikan dengan kebutuan dan lingkungan masing-masing.

 

Panduan Siswa

Sebelum mempelajari modul ini, Anda diminta mencermati bagan teks anekdot yang berisi garis besar materi yang akan dipelajari dalam modul ini. Selanjutnya, Anda mengerjakan kuis yang isinya ingin menjajaki pemahaman awal Anda tentang teks anekdot. Setelah itu, Anda membaca wacana pada kegiatan belajar 1 dan mengerjakan tugas atau latihan tentang teks anekdot. Selesaikanlah latihan yang diberikan dan pahamilah rangkuman materinya. Jangan melanjutkan, mempelajari, atau mengerjakan kegiatan belajar 2 sebelum Anda memahami kegiatan belajar 1. Pada Kegiatan Belajar 2, Anda akan menjawab pertanyaan terkait dengan isi teks yang Anda baca dan menentukan istilah atau kata yang kurang dipahami. Setelah itu, untuk menguji pemahaman pada materi pembelajaran modul ini, silakan Anda mengerjakan Tes Akhir Modul (TAM). Jangan lupa, jika Anda belum paham silakan berdiskusi dengan teman atau tanyakan pada guru pembimbing Anda. Selamat belajar dan berlatih!