Pendahuluan

Kuis

Referensi

Tim


Dilihat: 23855
Diunduh: 2316

 

Uraian

 

Pada submateri ini akan diuraikan tentang struktur teks anekdot dan ciri bahasa teks anekdot. Untuk itu, kegiatan yang pertama perlu Anda lakukan adalah mencermati atau membaca contoh teks Anekdot dengan saksama. Setelah itu, Anda akan menjelaskan pengertian teks anekdot, menentukan struktur teks anekdot, dan menentukan ciri bahasa teks anekdot melalui kegiatan bertanya.

 

  • Membaca
    Cermati dan b
    acalah teks anekdot berikut dengan saksama.

 

Peringkat Korupsi Dunia

 

Peringkat Korupsi Dunia Tahun 2003 dan 2004, China ditetapkan oleh para peneliti dan para aktivis antikorupsi menjadi negara paling korup di dunia disusul kemudian Insonesia, India, Brasil, dan Peru. Tahun 2005, China masih menduduki tempat teratas dan disusul oleh India, Brasil, Peru, dan Filipina. Atas hasil penelitian itu, ketika Konferensi Asia Afrika Amerika di Taman Mini, seorang pejabat/delegasi China menyatakan keheranannya kepada seorang pejabat Indonesia yang menemuinya bersama beberapa pejabat negara-negara itu. Delegasi China "Hai Pak Pejabat, sepertinya korupsi di Indonesia hampir menyamai di negara kami, tapi kok negara Anda bisa keluar dari lima besar, apakah sudah ada gerakan anti korupsi besar besaran di pemerintahan Anda?". Delegasi India, Brasil, Peru, dan Filipina, "Iya nih kita juga terkejut mendengar itu, bagaimana bisa?". Dengan senyum ramah dan nada ceria sang pejabat Indonesia menjawab, "Ooo.... mudah saja, itu semua gampang diatur". Delegasi China, "Caranya bagaimana?". Pejabat Indonesia, "Caranya, siapkan uang sepantasnya dan berikan pada para peneliti itu dengan permintaan supaya negara saya diturunkan dari peringkat lima besar". Delegasi China, "Ooo.....hebat! Itu baru namanya koruptor hebat... masuk akal... hasil penilitian pun bisa dikorupsi".

 

http://ashriashfa.blogspot.com/2013/12/berbagai-contoh-anekdot.html

 

Untuk lebih jelasnya pemahaman Anda tentang anekdot, Anda dapat melihat jenis-jenis anekdot lainnya seperti anekdot politik di http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=Dp5B-uKfT8c , anekdot agama di http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=YGiELA6zzHA

 

  • Menanya

Anda tentu telah membaca contoh teks anekdot yang berjudul Peringkat Korupsi Dunia. Tentu, Anda akan bertanya apakah yang dimaksud dengan teks anekdot? Bagaimana struktur teks anekdot? Bagaimanakah ciri bahasa teks anekdot? Adapun pengertian teks anekdot dapat Anda cerma pada kolom berikut.

 

Tes anekdot adalah teks yang memaparkan cerita singkat yang menarik dan lucu dan mengesankan karena isinya berupa kritik atau sindiran terhadap kebijakan, layanan publik, perilaku penguasa, atau suatu fenomena/kejadian. Cerita ini , biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya (http://www.kbbi.web.id/anekdot. 

 

Bagaimana sudah jelas, bukan! Sedangkan struktur teks anekdot dapat Anda perhatikan pada bagan sebagai berikut.

 

Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

 

Keterangan teks

  • Abstrak: ringkasan isi tentang objek atau hal yang hendak disindir atau dikritik
  • Orientasi: peninjauan untuk menentukan sikap (arah, tempat, dsb.) yang tepat dan benar; cerita yang dilanjutkan dengan pengenalan terhadap pelaku dan peristiwa.
  • Krisis: saat yang menentukan di dalam cerita atau drama ketika situasi menjadi berbahaya dan keputusan harus diambil; cerita yang mulai memuncak dan hampir menuju penyelesaian.
  • Reaksi: tanggapan (respons) terhadap suatu aksi; jawaban terhadap permasalahan yang diajukan pada tahap krisis (inti kritik yang memuat unsur lucu atau mengesankan)
  • Koda: bagian terakhir sebagai penutup; penutup yang memuat penegasan terhadap hal yang dikritik atau disindir

http://www.kbbi.web.id/index.php?w=abstrak%3Csup%3E1%3C%2Fsup%3E

 

Selanjutnya, mengenai ciri bahasa teks anekdot dapat dicermati dalam bagan berikut.

 

Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

 

  • Mengumpulkan Data

Berdasarkan teks yang telah Anda cermati dan baca tersebut, marilah kita lengkapi data struktur teks berikut.

 

  1. Struktur Teks

 

No.   Struktur Teks   Kalimat Pembuktian  
1.  Judul   Peringkat Korupsi Dunia  
2.  Abstrak  Tahun 2003 dan 2004, China ditetapkan oleh para peneliti dan para aktivis antikorupsi menjadi negara paling korup di dunia disusul kemudian Indonesia, India, Brasil, dan Peru. Tahun 2005, China masih menduduki tempat teratas dan disusul oleh India, Brasil, Peru, dan Filipina.  
3.  Orientasi  Seorang pejabat/delegasi China menyatakan keheranannya kepada seorang pejabat Indonesia yang menemuinya bersama beberapa pejabat negara-negara itu. Delegasi China "Hai Pak Pejabat, sepertinya korupsi di Indonesia hampir menyamai di negara kami, tapi kok negara Anda bisa keluar dari lima besar, apakah sudah ada gerakan antikorupsi besar-besaran di pemerintahan Anda?". 
4.  Krisis  Delegasi India, Brasil, Peru, dan Filipina, "Iya nih kita juga terkejut mendengar itu, bagaimana bisa?". Dengan senyum ramah dan nada ceria sang pejabat Indonesia menjawab, "Ooo.... mudah saja, itu semua gampang diatur". Delegasi China, "Caranya bagaimana?". 
5.  Reaksi  Pejabat Indonesia, "Caranya, siapkan uang sepantasnya dan berikan pada para peneliti itu dengan permintaan supaya negara saya diturunkan dari peringkat lima besar". 
6.  Koda  "Ooo.....hebat, itu baru namanya koruptor hebat... masuk akal... hasil penelitian pun bisa dikorupsi".  

 

 

  1. Ciri Bahasa Teks Anekdot
    1. Menggunakan kata yang menduduki fungsi keterangan waktu yang menunjukkan cerita masa lalu atau waktu lampau

    Contoh

    1. Tahun 2003, 2004, dan 2005
    2. Ketika Konferensi.

     

    1. Menggunakan kata seru untuk menunjukkan ekspresi (terkejut, kagum, dan seterusnya) menentukan kata-kata tertentu
      Contoh
      • "Ooo.....hebat! Itu baru namanya koruptor hebat... masuk akal... hasil penilitian pun bisa dikorupsi".

     

    1. Menggunakan ungkapan bahasa (kata, frasa, kalimat) yang maknanya dianggap lucu dan menyebabkan orang tersenyum atau tertawa. Contoh "Caranya, siapkan uang sepantasnya dan berikan pada para peneliti itu dengan permintaan supaya negara saya diturunkan dari peringkat lima besar".  

 

  • Mengasosiasi

Dalam kegiatan ini, Anda dapat membentuk kelompok, berdiskusi dengan teman untuk menyelesaikan latihan membaca atau menyimak latihan terkait dengan menentukan struktur dan ciri bahsa teks anekdot.

 

Anda cermati cuplikan video berita persidangangan di pengadilan tentang kasus pidana. Melalui video berarti Anda dapat mengembangkan keterampilan menyimak.

 

Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

 

Setelah Anda menyaksikan tayangan video tersebut, coba sampaikan tanggapan Anda.

 

  1. Siapakah nama terdakwa korupsi dari Indonesia yang ditayangkan dalam cuplikan video tersebut?
  2. Siapakah nama terdakwa korupsi dari Cina yang ditayangkan dalam cuplikan video tersebut?
  3. Siapakah nama terdakwa korupsi dari Jepang yang ditayangkan dalam cuplikan video tersebut?
  4. Bagaimanakah ekspresi para koruptor tersebut? Dapatkah Anda membandingkan ekspresi mereka?
  5. Bagaimanakah pendapat Anda terhadap ekspresi para koruptor tersebut?

 

Jika Anda telah selesai mendiskusikan pertanyaan tersebut, lanjutkanlah kegiatan pembelajaran ini dengan membaca contoh teks anekdot berjudul "KUHP dalam Anekdot".

 

Bacalah teks yang berjudul "KUHP dalam Anekdot" dengan saksama.

 

KUHP DALAM ANEKDOT

 

Seorang dosen fakultas hukum suatu universitas sedang memberikan kuliah hukum pidana. Suasana kelas biasa-biasa saja. Saat sesi tanya-jawab tiba, Ali bertanya kepada pak dosen."Apa kepanjangan KUHP, Pak?" Pak dosen tidak menjawab sendiri, melainkan melemparkannya kepada Ahmad. "Saudara Ahmad, coba dijawab pertanyaan Saudara Ali tadi," pinta pak dosen. Dengan tegas Ahmad menjawab, "Kasih Uang Habis Perkara, Pak ...!"

 

Mahasiswa lain tentu tertawa, sedangkan pak dosen hanya menggeleng-gelengkan kepala seraya menambahkan pertanyaan kepada Ahmad, "Saudara Ahmad, dari mana Saudara tahu jawaban itu?" Dasar Ahmad, pertanyaan pak dosen dijawabnya dengan tegas, "Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru yang terbaik, Pak ...!" Semua mahasiswa di kelas itu tercengang. Mereka berpandang-pandangan. Lalu, mereka tertawa terbahak-bahak.

Gelak tawa mereda. Kelas kembali berlangsung normal.

 

http://fuadusfa4.blogspot.com/2010/02/anekdot-hukum.html