Pendahuluan

Kuis

Referensi

Tim


Dilihat: 3332
Diunduh: 520

 

Uraian

 

Pada submateri ini, siswa akan menyaksikan tayangan video. Siswa akan memberikan tanggapan terhadap tayangan video. Kemudian, siswa membaca contoh teks prosedur kompleks. Dilanjutkan dengan menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks tersebut.


Simaklah dengan baik tayangan video berjudul Praktik SIM C Di SATPAS Polda Metro Jaya.

Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

Sumber Video:
http://www.youtube.com/watch?feature=player_detailpage&v=zoO8O2hP3dw

Anda tentunya sudah menyaksikan video prosedur untuk mendapatkan SIM C. Dapatkah Anda menjelaskan prosedurnya secara berurutan? Sampaikanlah di depan teman-teman Anda. Video pengurusan SIM tersebut terjadi di DKI, coba Anda cari prosedur pembuatan SIM C di daerah Anda.Tuliskanlah prosedurnya dalam catatan Anda, siapa tahu satu saat Anda memerlukannya.
Untuk menambah pemahaman Anda, simaklah teks posedur kompleks berikut.
Bacalah teks berjudul Cara Mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM).

 

CARA MENGURUS SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM)


1.Pernahkah Anda mengurus surat izin mengemudi (SIM), misalnya SIM C? Mengurus SIM tentu memerlukan waktu dan biaya. Tulisan ini bertujuan untuk berbagi pengalaman dalam mengurus SIM C dengan jalan yang benar. Tulisan ini akan bermanfaat bagi para pengendara sepeda motor yang belum mempunyai SIM C. Manfaat yang diperoleh adalah bagaimana menghemat biaya dan waktu, bagaimana bisa memastikan diri lulus ujian SIM C, dan bagaimana menjawab soal ujian SIM C dengan benar. Tulisan ini jugadimaksudkan agar Anda mampu mengurus SIM sampai selesai dalam satu hari.

2. Syarat-Syarat Administrasi
Berikut adalah dua syarat yang penting untuk disiapkan.
(1) Fotokopi KTP 1 lembar
Penting juga Anda biasakan untuk selalu menyiapkan fotokopi KTP didompet.
(2) Uang
Biaya total per April 2012 adalah Rp120.000,00 (yang diperinci menjadi Rp20.000,00 untuk cek kesehatan dan Rp100.000,00 untuk biaya pembuatan SIM).
Biaya lainnya tidak ada, tetapi hendaknya Anda membawa uang lebih (misalnya Rp150.000,00 untuk berbagai hal yang bersifat pribadi). Uang sejumlah itu sudah cukup berdasarkan pengalaman untuk hari tersebut.Anda yang berada di daerah lain bisa jadi uang yang diperlukan lebih kecil atau lebih besar. Silakan bertanya terlebih dahulu ke polres setempat atau mencari informasi.
(3) Syarat Pribadi
Berikut ini beberapa syarat pribadi yang harus dipenuhi.
(a) Berumur minimal 17 tahun
Yang belum berumur 17 tahun jangan berharap dapat mengajukan permohonan SIM.
(b) Terampil mengendarai sepeda motor
Polisi penguji menyatakan bahwa orang yang pengalaman mengendarai sepeda motor kurang dari 1 tahun sering gagal dalam ujian. Bahkan, ada peserta ujian yang menabrak pagar waktu menempuh ujian.
(c) Sehat, jernih, dan tenang
Anda datang ke tempat ujian dengan badan yang sehat, pikiran yang jernih, dan hati yang tenang.
(d) Jangan merasa hebat
Walaupun sudah bertahun-tahun mengendarai sepeda motor, bahkan banyak tempat sudah dijelajahi, belum tentu Andalulus tes pada hari itu juga.
(e)Harus tahu diri
Belum tentu Andalulus pada hari itu apabila Anda datang ke tempat ujian SIM C tanpa persiapan yang cukup.Tahu diri itu penting karena Anda harus menempuh ujian praktik dan ujian teori.Bahkan, di beberapa daerah diterapkan uji jalan raya dengan motor masing-masing.

3.Langkah-langkah
Sama halnya di instansi lain, ketika seseorang akan membuat surat, seperti SIM C, ia pasti harus menempuh prosedur atau urutan langkah yang ada. Berikut ini beberapa langkah yang perlu diikuti.
a.Saat Anda memasuki pintu gerbang polres, siapkan KTP asli untuk diserahkan ke polisi jaga. Anda cukup membawa foto kopinya saja. Di polres lain, mungkin tidak diterapkan aturan ini. Silakan ikuti aturan masuk lingkungan polres setempat.
b.Masukkan semua berkas ke dalamnya dan ikuti petunjuk di loket itu.
c.Dari tempat parkir dengan membawa fotokopi KTP, Anda langsung menuju ke pos pemeriksaan kesehatan. Petugas akan memeriksa mata, tensi darah, berat badan, dan tinggi badan. Untuk itu, Anda membayar Rp20.000,00. Setelah itu, Andaakan mendapat surat keterangan kesehatan.
d.Bawalah surat itu dan fotokopi KTP ke loket pendaftaran SIM baru. Ikuti antrean. Jika ada tumpukan map satlantas yang tersedia, ambillah satu karena memang disediakan untuk pengurus SIM.
e.Parkirkan motor atau mobil Anda di tempat yang disediakan.
f.Serahkan berkas-berkas itu ke petugas yang ada. Dia akan berkata, "Tunggu di tempat ujian praktik". Di sebagian tempat, polres mendahulukan ujian praktik, setelah lulus, Anda mengikuti ujian teori. Setelah lulus, Anda menempuh proses berikutnya.
4. CATATAN:
Urutan tersebut mungkin berbeda di setiap polres.Anda dapat mencari informasi tentang prosedur mengurus SIM baru di polres setempat. Khusus untuk SIM C, di daerah lain pembuat SIM baru harus mengikuti 3 ujian, yaitu ujian praktik, ujian jalan raya, dan ujian tulis.


(Diadaptasi dari situs resmi samsat http://www.tmcmetro.com)
(sumber buku paket Kemendikbud. 2013. Bahasa Indonesia, Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta,hlm.51).

 

Untuk menguji pemahaman Anda jawablah pertanyaan ini.
(1) Siapakah sajakah partisipan (pelaku) yang terlibat di dalam teks tersebut?
(2) Ditujukan kepada siapakah tulisan itu?
(3) Pada bagian manakah ditempatkan abstrak?
(4) Pada bagian manakah ditempatkan prosedur?
(5) Berapa langkah yang harus ditempuh untuk mendapatkan SIM C? Apakah
langkah-langkah itu harus ditempuh secara berurutan?

Setelah Anda menjawab pertanyaan tersebut, cocokkanlah jawaban Anda dengan kunci jawaban. Kllik pada tombol kunci.

Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player