Pendahuluan

Kuis

Referensi


Dilihat: 3717
Diunduh: 234

 

Uraian

 

Apakah kamu sudah memahami cara membaca kamus ? Tentu sudah bukan?  Pada Kegiatan Belajar 1, Kamu telah mengetahui  cara membaca kamus  dan istilah yang terdapat di dalam kamus. Jika sudah  mengerti, mari kita lanjutkan pada  Kegiatan Belajar 2,  tentang  menentukan makna kata di dalam kamus.

Bagaimana  cara  menentukan makna kata dalam kamus? Untuk mencari makna kata  sulit di dalam kamus, Kamu dapat mencarinya di dalam lema. Lema disusun berdasarkan abjad. Kata yang Kamu cari adalah kata dasar. Karena daftar kata di dalam kamus ditulis dengan kata dasarnya. Oleh karena itu, saat  mencari arti suatu kata Kamu tidak perlu mengurutkan  halaman demi halaman. Isi kamus sudah diurutkan secara alfabetis. Misalnya, dalam mencari kata lari, kamu cukup menemukan halaman yang diawali huruf /l/ dan temukan dengan huruf /la/.

Bacalah teks berikut ini,  kemudian cari arti kata yang bercetak tebal!

Sore itu, ramai orang bermain layang-layang di tanah lapang. Mereka mengadu layang-layang di angkasa biru. Ketika ada layang-layang yang putus, Rondi berlari mengejar hingga ke jalan raya.


Cobalah Kamu cari arti kata berlari sesuai konteks kalimat di atas. Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Bukalah kamus bahasa Indonesia, lalu carilah kata  berlari.
  2. Dimana mencari kata berlari? Ya, carilah pada lema  lari
  3. lalu cari sublema berlari kemudian lihat definisinya.

 

Perhatikan kutipan kamus berikut!

Sekarang Kamu sudah mengetahui bahwa kata berlari mempunyai makna  “berjalan kencang”.

Contoh dalam kalimat:

Rondy berlari mengejar layang-layang hingga ke jalan raya.
Artinya,  Rondi berjalan  kencang mengejar layang-layang hingga ke jalan raya.

 

Lakukan kembali tugas berikut!

Cobalah cari  makna kata bertanggung jawab. Di mana Kamu mencari kata tersebut? Ya, Kamu buka halaman kamus lalu cari lema tanggung. Setelah itu cari kata tanggung jawab (n) kemudian cari kata bertanggung jawab (v). makna kata bertanggung jawab adalah berkewajiban menanggung memikul tanggung jawab atau  menanggung segala sesuatunya.

Perhatikan kutipan  halaman kamus berikut:

Contoh:

Pemimpin redaksi bertanggung jawab atas isi korannya. (sesuai dengan makna nomor 2)
Ia bertanggung jawab atas kerugian perusahaan itu. (sesuai dengan makna nomor 1)

Jadi makna yang digunakan di dalam kalimat nonor 2 sesuai dengan makna kamus nomor 1. Adakalanya kata di dalam kamus memiliki arti lebih dari satu (polisemi, homonim, peribahasa, dan sebagainya). Nah, Kamu dapat menentukan kata yang sesuai dengan konteks kalimat yang dimaksud. Kata pada lema bisa mempunyai beberapa definisi yang ditandai dengan nomor 1.2.3.4.dan seterusnya.