Menyusun Teks Deskripsi


Disajikan paragraf acak, kamu ditugaskan untuk menyusun menjadi paragraf yang padu sesuai dengan struktur teks deskripsi. Perhatikan paragraf acak berikut ini! Setelah itu, cobalah menyusun menjadi paragraf yang padu sesuai dengan struktur teks deskripsi.

1

Tarian ini diawali dan diakhiri dengan posisi duduk sebagai tanda hormat dan santun para penari.  Pola gerakan memutar bermakna siklus hidup manusia yang selalu berputar. Pola gerakan memutar yang dimainkan adalah gerakan memutar searah jarum jam. 

2

Tari Kipas Pakarena mencerminkan ekspresi kelembutan, kesantunan, kesetiaan, kepatuhan dan sikap hormat perempuan Gowa terhadap laki-laki. Setiap pola gerakan dalam tarian Pakarena memiliki makna tersendiri.

3

Tari Kipas Pakarena merupakan tarian yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Kata pakarena sendiri berasal dari bahasa setempat yakni karena yang berarti main.

4

Pola gerakan naik turun melambangkan kehidupan manusia yang kadang berada di bawah dan kadang di atas, pola gerakan ini mengingatkan akan pentingnya kesabaran dan kesadaran manusia dalam menghadapi kehidupan

 

Paragraf tersebut belum tersusun dengan baik. Kamu dapat menyusunnya menjadi paragraf yang runut sesuai dengan struktur teks deskripsi. Perhatikan urutan nomornya. Sebelum menyusun cobalah baca dengan cermat bagian yang merupakan deskripsi umum dan deskripsi bagian. Perhatikan kembali struktur teks deskripsi pada materi sebelumnya.

Tari Kipas Pakarena