Pendahuluan

Kompetensi

Latihan

Simulasi

Tes


Dilihat: 1623
Diunduh: 172

 

Menemukan Informasi dalam Ensiklopedia

 

    Saat ini sumber belajar bagi para siswa  begitu beragam. Tentu saja sumber belajar  yang dimaksud tidak hanya terbatas pada bahan tercetak, seperti buku majalah, kamus, ensiklopedia, tetapi juga bahan  tidak tercetak, seperti CD, radio, dan televisi. Tidak hanya itu, saat ini pun para pelajar mengenal sumber belajar yang  paling mudah, murah, dan cepat  ketika dibutuhkan, yaitu internet.

    Kesemua sumber belajar yang disebutkan di atas, tentu saja memuat banyak informasi. Untuk dapat menyerap informasi, tentu saja para  pelajar perlu melakukan kegiatan membaca. Seperti kita ketahui, membaca merupakan kegiatan menyerap informasi dari bahan tercetak atau tertulis. Nah, pada era informasi  yang serba cepat ini, diperlukan kemampuan menyerap informasi secara cepat pula. Salah satu cara untuk menyerap informasi secara cepat adalah dengan membaca cepat.

      Kemampuan membaca cepat sangat penting dikuasai oleh kita, khususnya para pelajar. Hal ini disebabkan oleh beragamnya informasi yang tersaji, tetapi   kita tak memiliki cukup waktu untuk membaca satu per satu informasi yang tersaji tersebut secara detail. Untuk itu, diperlukan kemampuan membaca cepat yang hanya membaca bagian-bagian yang penting  dan dibutuhkan saja serta melompati bagian bagian yang tidak dibutuhkan. Kemampuan membaca seperti ini dinamakan membaca memindai (scanning).

     Informasi yang dapat ditemukan dengan membaca memindai adalah informasi dalam kamus, indeks, ensiklopedia, dan buku telepon. Nah, yang akan dibahas pada materi ini adalah menemukan informasi dalam ensiklopedia dan buku telepon melalui kegiatan membaca memindai.

     Membaca memindai dilakukan dengan menjelajahi kata, istilah, angka, atau nomor tertentu dari teks. Setelah  menemukan kata, istilah, atau nomor yang dimaksud pada teks,  bacalah penjelasan atau uraiannya. Membaca memindai dilakukan untuk memeroleh pemahaman terhadap butir-butir informasi tertentu.

     Pada pembelajaran ini, kamu akan berlatih menemukan informasi dalam ensiklopedia melalui membaca memindai. Namun sebelum itu, kamu tentu pernah membaca ensiklopedia, bukan?

     Kamu pernah membaca ensiklopedi bukan? Ya, ensiklopedia adalah sebuah buku yang di dalamnya memuat informasi atau pengetahuan singkat mengenai sesuatu secara lengkap dan detail. Ensiklopedia disebutkan berisi pengetahuan singkat,  agar dapat dengan mudah dipahami  dan dimengerti.  Dalam ensiklopedia kita dapat menemukan informasi, misalnya, tentang tokoh atau pahlawan, tempat-tempat bersejarah di Indonesia, atau tentang ilmu pengetahuan dan teknologi pada umumnya. Untuk memudahkan pembaca dalam memahami isi uraian, biasanya ensiklopedia dilengkapi dengan gambar. Selain itu, kata-kata atau istilah dalam ensiklopedia disusun secara alfabetis atau sesuai dengan urutan abjad. Untuk mencari penjelasan mengenai suatu kata atau istilah dalam ensiklopedia,  dengan cara mengurutkan kata atau istilah itu berdasarkan huruf pertama sesuai urutan abjad.

A.    Menentukan alfabet dengan tepat dari informasi dalam ensiklopedia

Telah dijelaskan di atas bahwa kata-kata atau istilah dalam ensiklopedia disusun secara alfabetis atau sesuai dengan urutan abjad. Untuk mencari penjelasan mengenai suatu kata atau istilah dalam ensiklopedia,  dengan cara mengurutkan kata atau istilah itu berdasarkan huruf pertama sesuai urutan abjad.

Teknik menemukan informasi  dalam ensiklopedia dengan membaca memindai, yaitu

1.     Langkah pertama, gerak mata cepat agar dapat menentukan abjad dengan tepat dari informasi yang dicari.

Sebagai contoh, pada gambar ensiklopedia di samping, memuat informasi sains untuk pelajar dan umum, jilid 2, berisi informasi Makhluk Hidup – Manusia. Kita dapat menemukan informasi mengenai Moluska pada jilid ini karena abjad /Mo/ pasti berada setelah abjad /Ma/ dari Makhluk  Hidup.

2.     Langkah kedua, membaca perlahan untuk menemukan  kata atau informasi.

Misalnya, hendak mencari kata Moluska.   pandanganmu harus  langsung meluncur untuk menemukan abjad /m/, lalu /mo/, kemudian /mol/,  dan seterusnya hingga kamu menemukan uraian atau penjelasan mengenai kata moluska.

3.     Langkah ketiga, memahami dengan baik isi informasi  dengan  mengenali ide pokok dari isi informasi.


Perhatikan informasi yang telah ditemukan tentang kata Moluska dari Ensiklopedia IPTEK, Ensiklopedia Sains untuk Pelajar dan Umum, Jilid 2, memuat informasi dari Makhluk Hidup – Manusia, pada halaman 119.

MOLUSKA

Moluska adalah hewan bertubuh lunak yang terlindung  oleh lapisan mantel. Banyak cangkang kapur pelindung yang menyatu dengan mantel. Cangkang dapat ada di luar tubuh (misalnya pada siput) atau di dalam tubuh (misalnya ikan sotong). Gurita adalah  moluska yang tidak memiliki cangkang sama sekali. Moluska  dapat hidup di darat dan diperairan tawar atau asin. Beberapa jenis moluska seperti remis hampir sama sekali  tidak pernah bergerak. Remis melekatkan diri di suatu tempat dan mencari makan hanya  dengan membuka cangkangnya. Ada pula moluska yang  berkaki tunggal. Ia bergerak tetapi  sangat lambat. Spesies  limpet bergerak dari tempat lain untuk mencari makan, tetapi selalu kembali ke tempat semula.

 B.    Menemukan informasi secara cepat dan tepat dengan menentukan kata kunci

Pada materi sebelumnya, kamu telah berlatih menemukan informasi secara cepat dan tepat dalam ensiklopedia dengan menentukan alfabet/abjad dari kata yang informasinya hendak kita cari. Nah, pada materi ini kamu akan berlatih  menemukan kata kunci  dari informasi yang hendak dicari.

Kata kunci  sangat diperlukan dalam memudahkan kamu untuk menemukan informasi pokok dalam ensiklopedia. Kata kunci itu  berhubungan erat dengan informasi yang hendak dicari. Setelah menentukan kata kunci, kamu dapat berlatih untuk merangkum informasi tersebut sehingga kamu dapat mengemukakan kembali informasi itu dengan bahasa sendiri.

Perhatikan beberapa  contoh kutipan ensiklopedia berikut.

1)
 
2)
 
 
3)
 

Nah, sekarang kamu berlatih untuk merangkum informasi dalam kutipan ensiklopedia tersebut dengan bahasa sendiri. Salah satu caranya adalah dengan berpegang pada  kata kunci yang termuat dalam informasi tersebut.
Berikut adalah contoh kutipan ensiklopedia yang telah dirangkum dengan bahasa sendiri.

1) LAMBUNG
Ada  tiga tahap proses pencernaan dalam lambung, yaitu menggerus dan menghancurkan makanan, mencerna protein dalam makanan yang  menghasilkan cairan kental, yaitu kim. Lalu, lambung mengembang untuk menyimpan makanan selama empat jam dan   makanan  siap dipindahkan ke usus dua belas jari.

   
 2) BUNGA
Bunga memiliki organ jantan dan betina. Organ jantan membuat serbuk sari yang menyerbuki organ betina (biasanya pada bunga lain). Proses ini menghasilkan bibit untuk pertunasan baru. Penyebaran serbuk sari  dapat menggunakan hembusan angina atau serangga dan hewan lain.
   
 3) REPTILIA
Sejak 150 juta tahun yang lalu reptilia menguasai daratan dan lautan. Contoh reptilia purba adalah dinosaurus.  Reptilia modern, yaitu yaitu alligator dan buaya, penyu dan kura-kura, serta ular dan kadal. Ada pula jenis reptilian, yaitu tuatara yang hidup di Selandia Baru.