Alat dan Bahan dalam Menggambar Ilustrasi


Setelah kalian mengetahui jenis-jenis gambar ilustrasi mari kita mengenal alat dan bahan yang digunakan untuk menggambar ilustrasi.

Ada 2 (dua) teknik yang digunakan dalam menggambar ilustrasi yaitu:

a. Teknik Kering

merupakan teknik atau cara dimana kita tidak membutuhkan air atau minyak untuk mengencerkan media pewarnanya. Teknik kering ini alat dan bahannya terdiri dari:

1. Pensil

Pensil adalah alat utama yang dibutuhkan dalam menggambar. Pensil ini terdiri dari banyak jenis dan ketebalan masing-masing. Ada yang berukuran 2H-H (keras), HB (medium), dan B-2B (lunak).

pensil

2. Penghapus

Penghapus adalah alat kedua yang dibutuhkan dalam menggambar. Jika terjadi kesalahan dalam menggambar, kita dapat menggunakan penghapus untuk menghilangkan sketsa atau goresan yang tidak dibutuhkan. Penghapus yang baik untuk menggambar adalah penghapus yang lunak dan lentur, agar dalam membersihkan goresan-goresan pensil dapat mengurangi resiko merusak kertas.

penghapus

3. Kertas

Kertas adalah bahan utama yang harus dan wajib ada dalam menggambar. Mengapa? Karena kertas adalah media yang digunakan dalam menggambar. Pada dasarnya, dalam menggambar model gunakan kertas gambar sesuai dengan kebutuhan, jangan terlalu tipis dan usahakan yang memiliki tekstur. Beberapa jenis kertas dapat digunakan untuk menggambar model seperti kertas ukuran standar (A3, A4, kwarto). Untuk latihan, bisa juga menggunakan kertas buram.

Terhindar dari pertikaian dan perpecahan. Permusuhan akan menjauh jika kita sudah memupuk sikap toleran dan menghargai perbedaan. Konflik atau tawuran bisa terjadi Karena kita tidak saling menghargai, tapi mengedepankan egoism dan kepentingan diri sendiri/kelompoknya.

Kertas

4. Pensil Warna

Penggunaan pensil warna dapat dilakukan dengan cara mengarsir atau memblok warna. Tekanan pada penggunaan pensil sangat memengaruhi ketajaman warna.

Pensil warna

5. Krayon

Bahan krayon terdiri dari dua macam, yaitu bahan berbasis kapur dan minyak (lilin).

Krayon

Perhatikan tampilan berikut!

 

b. Teknik Basah

Media yang digunakan dalam teknik basah antara lain, cat air, cat minyak, tinta, atau media lain yang memerlukan air atau minyak sebagai pengencer.

karya ilustrasi dengan teknik basah