Alat dan Bahan dalam Menggambar Model


Beberapa alat dan bahan yang digunakan dalam menggambar model dapat dijumpai dalam berbagai ukuran dan jenis barang seperti pensil, penghapus, kertas dan sebuah papangambar. Barang-barang ini memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing.

a. Pensil

Pensil adalah alat utama yang dibutuhkan dalam menggambar. Pensil ini terdiri dari banyak jenis dan ketebalan masing-masing. Ada yang berukuran 2H-H (keras), HB (medium), dan B-2B (lunak).

 

Gambar 9. Gambar bentuk dengan objek buah-buahan
Sumber: http://idc-artstudios.yn.lt/

b. Penghapus

Penghapus adalah alat kedua yang dibutuhkan dalam menggambar. Jika terjadi kesalahan dalam menggambar, kita dapat menggunakan penghapus untuk menghilangkan sketsa atau goresan yang tidak dibutuhkan. Penghapus yang baik untuk menggambar adalah penghapus yang lunak dan lentur, agar dalam membersihkan goresan-goresan pensil dapat mengurangi resiko merusak kertas.

Gambar 11. Penghapus
Sumber : wikipedia.org

 

c. Kertas

Kertas adalah bahan utama yang harus dan wajib ada dalam menggambar. Mengapa? Karena kertas adalah media yang digunakan dalam menggambar. Pada dasarnya, dalam menggambar model, gunakan kertas gambar sesuai dengan kebutuhan. Pilih kertas yang tidak terlalu tipis dan usahakan untuk memilih kertas yang memiliki tekstur. Beberapa jenis kertas bertekstur yang dapat digunakan untuk menggambar model seperti kertas concorde, kertas linen, dan kertas manila yang memiliki ukuran standar (A3, A4, kwarto). Untuk latihan, bisa juga menggunakan kertas buram.

Gambar 12. Kertas untuk menggambar
Sumber: http://pikirdanlukis.blogspot.co.id

d. Pensil Warna

Penggunaan pensil warna dapat dilakukan dengan cara mengarsir atau memblok warna. Tekanan pada penggunaan pensil sangat mempengaruhi ketajaman warna.

Gambar 13. Pensil warna
Sumber: http://donotforgetyouaremyhero.blogspot.co.id/

e. Krayon

Bahan krayon terdiri dari dua macam, yaitu bahan berbasis kapur dan minyak (lilin).

Gambar 14. Krayon
Sumber: http://donotforgetyouaremyhero.blogspot.co.id/

f. Cat Air

Bentuk cat air terdiri atas bentuk tube dan batangan. Pada bentuk tube menggunakan palet sedangkan cat air dalam bentuk batangan dapat langsung digunakan.

Gambar 15. Cat air
Sumber: http://bali.tribunnews.com