Kompetensi

Latihan

Simulasi

Tes


Tim


Dilihat: 22452
Diunduh: 375

 

Kebenaran dari hasil perhitungan dalam mesin cash register

 

 1. Cash register manual:

Angka yang salah disiapkan dengan cara menggeser © kunci koreksi ke atas. Bersamaan dengan itu, jarum indikator digeser ke ujung kanan. Perintah ini dilakukan setelah menggunakan kunci pengulang (X). Bilangan yang salah ditambahkan dengan cara mengurangkan bilangan tersebut.

2. Cash register elektronik merk SHARP ER-A510:

  1. Jika tombol angka yang ditekan salah maka langsung saja tekan CL (clear), kemudian mulai lagi yang baru
  2. Jika tombol angka & department yang ditekan salah:
    1. Kesalahan pada satu item dan satu department, maka  langsung tekan  (Void) kemudian ganti yang baru dan selesaikan.
    2. Kesalahan pada item dan department terakhir untuk data item dan department lebih dari satu maka langsung tekan  (Void) kemudian ganti yang baru dan selesaikan.
    3. Kesalahan tekan pada item dan departement yang bukan terakhir, di mana  jumlah item dan departement lebih dari satu maka tekan angka (barcode) kemudian tekan (Void) dan tekan DEP yang salah kemudian ganti baru dan selesaikan.
  3. Jika tombol angka, department dan ST sudah ditekan maka tekan angka (barcode) kemudian  tekan   (Void) , selanjutnya  tekan  DEP yang salah dan ganti yang baru.
  4. Jika tombol TL sudah ditekan (selesai) maka tekan angka (barcode), tekan RF (refund) kemudian tekan DEP yang salah kemudian diselesaikan  tekan TL, lalu buat lagi yang baru.
  5. Jika transaksi perhitungannya pakai discount / tax atau pembayaran dengan credit atau cek. Untuk membatalkannya harus dengan kunci  SM atau MA, posisi kunci mesin di MGR (Manager), lalu tekan tanda   (Void). Setelah itu transaksi yang ingin dibatalkan diulangi semula dan diulangi memasukkan data yang benar, kunci mesin harus diputar kembali ke REG.