Pendahuluan

Kuis

Referensi


Dilihat: 3466
Diunduh: 338

 

Uraian

 

Salah satu keterampilan bahasa yang akan Kamu lakukan adalah menulis surat. Pada modul ini Kamu akan mempelajari hal yang berkaitan dengan surat, yaitu:

  1. Pengertian surat pribadi

Untuk mengawali kegiatan ini, cobalah Kamu baca  contoh surat di bawah ini.

Contoh 1

Jakarta, 25 Mei 2012

Menjumpai sahabatku, Kurnia

di Banjarmasin

 

Salam rindu,

      Halo Kurnia, bagaimana keadaanmu sekarang? Mudah-mudahan Kamu dan keluarga dalam keadaan sehat wal afiat. Begitu juga dengan aku di Jakarta. Ayah dan ibu ku juga dalam keadaan sehat.

      Sudah lama kamu tidak mengirim kabar padaku. Apa kamu sudah lupa ya? Nia, liburan kenaikan kelas nanti  aku  akan ke Banjarmasin untuk nengok kakakku. Mudah-mudahan kita bisa bertemu, ya. Oke, Nia, sampai ketemu lagi. Aku tunggu surat darimu.

Salam kangen untuk ayah dan ibumu.

      sahabatmu,

 

      Dea Yulya

 

Kamu tentunya pernah menerima surat dari sahabat atau teman seperti contoh di atas.  Jika belum pernah menerima atau menulis surat tetapi setidaknya Kamu pernah membaca surat seperti contoh tersebut, bukan?

Dalam kehidupan sehari-hari  contoh surat tersebut, adalah surat yang ditulis untuk sahabat, kenalan, atau keluarga. Isi surat pribadi tentu saja sangat bersifat pribadi.  Maksud dan isi surat tentu saja bermacam-macam, misalnya rindu karena sudah lama tidak bertemu, mengabarkan keadaan dirinya atau keluarganya, mengirimkan undangan untuk datang berlibur dan lain sebagainya sesuai dengan keinginan  si pengirim surat. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa surat pribadi  adalah surat yang ditulis seseorang  atau individu kepada  orang lain yang bersifat pribadi.

Contoh 2

Perhatikan contoh surat  berikut!

Jakarta, 21 Mei 2012

Yth. Walikelas VII A

SMPN 242 Jakarta

Dengan hormat,

Dengan surat ini , saya  selaku orang tua siswa yang bernama Budi Prayitno, kelas VII A, memberitahukan bahwa anak tersebut tidak masuk mengikuti pelajaran pada hari ini, Senin 21 Mei 2012, karena sakit.

Demikianlah surat ini saya sampaikan. Atas perhatian dan kebijaksanaan  Ibu sebagai  walikelas VII A, saya mengucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Isa Haryadi

Setelah membaca contoh surat di atas adakah perbedaan dari kedua contoh  surat  yang sudah Kamu baca?  Contoh surat  tersebut dikirim oleh orang tua siswa kepada guru di sekolah, untuk memberitahukan bahwa anaknya sakit. Apa perbedaannya? Pada  contoh 1 surat dikirim untuk teman (individu)  sedang contoh 2 untuk guru  (individu) di lembaga resmi yaitu sekolah. Jadi, dapat juga surat pribadi dikirim tidak hanya antar individu  tetapi juga dari individu kepada lembaga resmi, misalnya surat izin tidak masuk sekolah kepada guru,  surat lamaran pekerjaan, surat undangan pernikahan, ulang tahun, dan  khitanan.

Bagaimanakah ciri –ciri surat pribadi? Coba cermati kembali contoh 1 dan 2!

Setelah kamu amati maka surat pribadi akan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Isi surat bersifat pribadi
  2. Tidak menggunakan kop surat
  3. Bahasa yang digunakan boleh tidak resmi

 

  1. Perbedaan surat pribadi dengan surat dinas

Contoh surat dinas

 

 

Contoh surat pribadi

 

 

Setelah Kamu cermati dua contoh tersebut, adakah perbedaanya?  Jika ada coba kerjakan tugas berikut!  Lakukan  dengan cara memberikan tanda chek list  (√) pada tempat yang tersedia.

 

 

 

  1. Tujuan surat pribadi


Apa yang Kamu lihat dari gambar di atas? Ya, seorang anak yang mengirim surat untuk keluarganya.  Surat pribadi  ditulis mempunyai tujuan yang bersifat pribadi.  Apa saja tujuan dari  surat pribadi?

Berikut ini tujuan surat pribadi, diantaranya adalah:

  1. Menanyakan kabar
  2. Memberitahukan keadaan
  3. Memberikan undangan
  4. Mengungkapkan perasaan
  5. Menyampaikan pesan

Bagaimanakah menurut Kamu, adakah tujuan surat pribadi selain yang sudah tercantum di atas, jika ada Kamu dapat menuliskannya pada kolom forum di modul online ini!