Pendahuluan

Kompetensi

Latihan

Tes


Tim


Dilihat: 962
Diunduh: 295

 

Singapura

 


Letak, Batas dan Bentang alam

Secara astronomis wilayah Singapura terletak antara 1 11’ LU – 1 28’ LU dan antara 103 38’BT – 104 5’ BT. Berikut adalah batas-batas geografis Singapura.
Sebelah utara dan barat : Malaysia (terpisah oleh Selat Johor).
Sebelah selatan dan sebelah timur : Laut China Selatan
Singapura berada di ujung Semenanjung Malaysia yang dipisahkan Selat Johor dari Malaysia. Wilayahnya menyerupai bentuk intan, terdiri dari sebuah pulau besar, yaitu Pulau Singapura, dan beberapa pulau kecil, seperti Pulau Tekong Besar, Sentosa, Ubin, dan Eyer Chawan. Karakter fisik wilayah Singapura bervariasi. Bagian utara dan tengah berbukit-bukit, bagian timur berupa dataran rendah, sedangkan di bagian barat daya terdiri dari lembah dan rawa
Penduduk
Pada tahun 2008 mayoritas penduduk Singapura adalah etnis Cina (77,3%). Selebihnya adalah Melayu (14,1%), India dan Pakistan (7,3%), dan etnis lain (1,3%).


Perekonomian

Saat ini Singapura telah menjadi pusat perdagangan di kawasan Asia Tenggara, dengan berbagai sarana prasarana modern. Singapura juga menjadi negara pelopor industri di kawasan Asia Tenggara.Industri Singapura maju pesat sejak negara ini berdiri sendiri. Kawasan industri yang penting terdapat di Jurong. Industri utama adalah industri petrolium, pengolahan karet, makanan dan minuman, serta elektronik. Pembuatan dan perbaikan kapal menjadi industri baru yang penting. Singapura adalah salah satu dari negara berpendapatan terbesar di dunia. Selain perdagangan dan industri, Singapura juga menjadi induk bank bagi banyak negara. Singapura juga merupakan negara tujuan wisata dan pendidikan.