Pendahuluan

Kompetensi

Latihan

Tes


Tim


Dilihat: 962
Diunduh: 295

 

Malaysia

 


Letak, Batas dan Bentang alam

Ditinjau dari letak astronomisnya, wilayah Malaysia berada antara 1 LU –  7 LS, dan antara 100 BT – 120 BT. Berikut adalah batas-batas geografis wilayah Malaysia.

  • Sebelah utara : Thailand, Laut Cina Selatan dan Brunei Darussalam.
  • Sebelah timur : Laut Sulu dan Laut Sulawesi.
  • Sebelah barat : Selat Malaka.
  • Sebelah selatan : Indonesia dan Singapura.

Malaysia terdiri atas dua kawasan utama yang dipisahkan oleh Laut China Selatan, yaitu kawasan di Semenanjung Malaka dan di  Kalimantan. Kedua kawasan memiliki bentuk permukaan bumi yang sama. Di daerah pantai tanahnya landai. Pegunungan terdapat di Semenanjung Malaka membujur di bagian barat ke timur. Di tengahnya dataran rendah yang berrawa-rawa dan berhutan lebat. Pada bagian timur terdiri atas rawa pantai dan pegunungan karang. Iklim Malaysia ialah tropik (khatulistiwa). Di bagian timur terdapat pegunungan yang merupakan puncak tertinggi di Malaysia, yaitu Gunung Kinabalu (4.101m). Malaysia memiliki cukup banyak sungai. Sungai terpanjang di Malaysia adalah Sungai Rajang (560 km). Sungai lainnya yaitu Sungai Kinabatang (550 km), Sungai Pahang (450 km) dan Sungai Baram (440 km). Malaysia  Malaysia beriklim muson tropis, ditandai dengan curah hujan yang tinggi sepanjang tahun.

Penduduk

Penduduk Malaysia tahun 2012-2013 berjumlah 29.179.952 jiwa (http://statistik.ptkpt.net/_a.php?_a=penduduk_usia&info1=3. Penduduk asli Malaysia adalah bangsa Semang dan Sakai (Malaysia Barat), dan bangsa Bajau, Brunei, Murut, Dayak, dan lain-lain (Malaysia Timur). Etnis pendatang adalah Melayu, Cina, India, Pakistan, bangsa Eropa, Asia, dan lain-lain. Saat ini persentase jumlah penduduk adalah 47% Melayu, 32% Cina, 9% Dayak Iban, dan sisanya adalah pendatang lain. Mayoritas penduduk Malaysia adalah penganut Islam. Selebihnya adalah penganut Buddha, Kong Hu Chu, Hindu, dan Kristen. Bahasa resmi Malaysia adalah bahasa Melayu dan Inggris. Selain itu juga didukung oleh beberapa bahasa etnis yang ada.

Perekonomian

Perekonomian Malaysia terutama didukung oleh bidang pertanian, pertambangan, dan industri. Lahan pertanian di Malaysia cukup luas (sebagian besar terdapat di wilayah Malaysia Barat). Lebih dari 50% penduduk pedesaan bekerja di sektor pertanian. Hasil pertanian utama adalah padi, kelapa sawit, kelapa, karet, lada hitam, dan lain-lain. Hasil tambang yang utama adalah timah putih. Hasil tambang lain, berupa bauksit, besi, minyak dan gas bumi, serta batu bara. Malaysia juga telah mengembangkan sektor industri. Devisa terbesar Malaysia diperoleh dari industri pengolahan karet dan minyak, sekitar 47,8%. Sisanya dihasilkan oleh sektor jasa dan pariwisata.