Pendahuluan

Kuis

Referensi

Tim


Dilihat: 2177
Diunduh: 250

 

Uraian

 

 

Sistem komputer:

Komputer merupakan perangkat elektronik yang mampu menerima, memproses, dan menyimpan data, serta menghasilkan bentuk keluaran berupa teks, gambar, symbol, angka dan suara.  Dalam pengoperasian, bentuk, system dan fungsinya, komputer terdiri atas 2 (dua) bagian yaitu hardware dan software.

 

  1. Hardware (Perangkat Keras)

Hardware atau perangkat keras dalam sistem komputer  merupakan  komponen  yang secara fisik dapat dilihat dan diraba secara langsung  yang membentuk suatu  kesatuan  sehingga dapat difungsikan.

Kali ini saya akan menjabarkan mengenai  perangkat keras dari komputer yang disertai gambar diam dari masing-masing komponen perangkat keras komputer. Pembagian perangkat keras komputer disini dibagi menjadi 3 bagian  yaitu, Perangkat Input, Proses dan Output.

  1. Perangkat Input :

Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Alat input ini diibaratkan manusia akan makan, makanan itu dimasukkan melalui alat yaitu mulut. Alat  Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC). Contoh:

  

 

Keyboard adalah alat untuk memasukkan data ataupun perintah ke CPU (Central Processing Unit. Cara kerjanya yaitu dengan ditekan keyboardnya dan biasanya keyboard ini terdiri dari rangkaian huruf, symbol dan angka.

 

Mouse atau istilahnya tetikus adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat.  Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). Mouse adalah pointing device yang digunakan untuk mengatur posisi cursor di layar.

Bagian dalam tetikus mekanik yang dipreteli. Bagian bawah adalah tetikus, kiri atas adalah bola, dan kanan atas adalah pengait.

Tetikus optikal buatan Logitech bersensor laser dengan ketelitian mencapai 4.800 titik per inci, nirkabel dengan memanfaatkan gelombang radio.

Scanner merupakan alat bantu untuk memindai atau memasukkan data berupa gambar/grafik dan merubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks. Kalau kalian punya gambar yang sudah lama dan mempunyai makna yang indah nah kalian boleh deh appload ke internet dengan menggunakan alat ini.

Tentu kalian tahu dong gambar apa tersebut? Ini adalah gambar Joystick piranti masukan ini berupa tongkat, yang mampu menangkap gerakan-gerakan dinamis, dan mengubah gerakan tersebut menjadi data untuk diolah oleh komputer. Joystick ini digunakan sebagai pengganti keyboard untuk mempermudah mengontrol gerakan berbagai objek dalam games atau permainan di komputer.

Kalau kalian sering ke supermarket tentu kalian sering menjumpai alat tersebut terutama disaat kalian akan membayar ke kasir. Alat ini dinamakan Barcode Reader (pembaca barcode) berfungsi untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Barcode ini biasa menempel pada produk-produk alat tulis, makanan, minuman, alat elektronik dan sebagainya. Barcode ini untuk membaca barcode yang tertera pada setiap produk sehingga akan diketahui harga dan nama produk.

                    

Siapa yang suka bergaya? Nah alat inilah yang akan selalu mengabadikan setiap gayamu alat ini adalah Digital Camera.  Alat ini untuk membuat gambar yang diambil dan disimpan ke dalam memori kamera dalam bentuk file kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer.  Digital kamera tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa.

Kalau kalian sering melihat orang menggunakan pulpen yang digunakan pada layar sentuh maka kalian tidak usah heran ini adalah sebuah pulpen tetapi tidak dapat dituliskan pada kertas, alat ini dinamakan Light Pen. Light Pen ini adalah pena elektronik yang disentuh ke layar (screen), light pen banyak digunakan untuk membuat grafik dan gambar dalam perencanaan dengan bantuan komputer CAD (computer aided design). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam.

Touch screen atau layar sentuh merupakan layar monitor yang bisa berinteraksi dengan user( pengguna ) melalui sentuhan pada tampilan layar menggunakan jari atau pena digital. Sensor yang terdapat pada touch screen berupa sebuah panel dari kaca yang permukaannya mampu menangkap respon terhadap suatu sentuhan pada media tersebut.

Webcam (singkatan dari web camera) adalah sebutan bagi kamera real-time yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call. Webcam dihubungkan ke komputer melalui port USB ataupun port COM. Gambar yang dihasilkan oleh webcam dapat disimpan dalam komputer untuk kemudian dilihat kembali.

Alat ini hampir mirip dengan mic yang sering digunakan orang pada umumnya pada saat nyanyi, pidato  tapi alat ini adalah alat  yang berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer ini adalah Mic ((Microphone) untuk komputer. Mic ini  hanya digunakan untuk memasukkan input berupa suara.  Selain dapat merekam suara kita juga dapat berbicara langsung dengan orang yang kita inginkan pada saat chating di internet.

Jika kalian ingin menggambar sesuai dengan coretan tanganmu maka Graphics Pads  merupakan alat input masukan untuk menggambar objek pada monitor  proses bekerjanya  dengan bantuan pena/jarum (stylus) elektronik maupun non elektronik yang dihubungkan ke pad.

 

         b.  Perangkat Proses:

Sebenarnya alat ini kalau dilihat dari luar hanyalah sebuah casing atau body dengan berbagai macam bentuk tetapi didalam casing ini terdapat beragam alat yang mampu memproses atau mengolah data yang sudah di input.  Alat Proses ini adalah CPU (Central Processing Unit) yang merupakan unit proses utama dan terpenting dalam komputer yang mengendalikan seluruh proses pengolahan data mulai dari membaca data dari peralatan input, mengolah atau memproses sampai pada mengeluarkan informasi (Output) ke peralatan Output. Banyak orang bilang  bahwa CPU ini adalah otaknya komputer. 

Disini saya hanya menjelaskan sedikit beberapa peralatan yang ada dalam CPU karena lebih lengkapnya lagi dapat kita pelajari pada modul berikutnya. Berikut ini adalah nama alat-alatnya yaitu:-Mainboard

       -   Mainboard

Mainboard atau dikenal istilahnya mobo merupakan salah satu perangkat dalam komputer yang digunakan sebagai tempat untuk memasang atau meletakan beberapa peralatan lain .

       -   Prosesor

Processor yaitu sebuah Chip yang merupakan otak pemroses dan pusat pengendali berbagai perangkat lain sehingga komputer dapat bekerja satu dengan lainya. Ukuran Processor adalah MHz (Mega Hertz) yaitu hitungan kecepatan dalam mengolah data/informasi

       -   Memory

Memory merupakan tempat meyimpan data atau instruksi. Semakin besar kapasitas memory yang di sediakan akan semakin besar data atau instruksi yang dapat ditampung untuk diolah.

 

  1. Perangkat  Output :

Disini saya tidak detail menjelaskan tentang peralatan output karena semua akan dibahas pada modul berikutnya. Setelah data diproses maka tentunya data itu akan dikeluarkan atau dikenal istilahnya Output device. Perangkat output merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil dari proses pengolahan data. Hasil pengeluaran ini dapat berupa hard-copy (kekertas) soft-copy ( ke monitor) ataupun berupa suara.

Monitor terbagi menjadi 2 yaitu :

  1. Monitor CRT (Cathode Ray Tube)

  1. Monitor LCD (Liquid Cristal Display)

 

Macam-macam Printer  yaitu:

  1. Dot Matrik

  1. Inj-Jet

  1. Laser-Jet

 

Plotter

Speaker

Infocus/LCD Projector

 

             2.   Software (Perangkat Lunak)

Software (Perangkat lunak) atau piranti lunak merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. Komputer akan menjalankan fungsinya jika memiliki program atau software.  Sebuah program atau software komputer berisi sekumpulan instruksi yang dibuat dengan menggunakan bahasa khusus. Program ini memberi perintah kepada komputer untuk melakukan berbagai pengoperasian/pemrosesan terhadap data yang terdapat dalam program tersebut atau data yang dimasukkan oleh pengguna komputer.  

-      Software Sistem Operasi/Operating System:

Sistem Operasi (Operating System) merupakan bagian software yang sangat penting. Sistem yang merupakan kumpulan program ini mengontrol dan mengatur seluruh kegiatan processing dalam system komputer. OS ini sangat penting sekali kalau tidak ada OS maka komputer kalian tidak akan bisa digunakan, OS ini diibaratkan ruhnya komputer. Contoh programnya: DOS, Windows, Macintos (MacOs), Palm Os.

-        Software Bahasa Pemrograman/Languange Software  :

Kalau manusia punya bahasa percakapan dalam sehari-hari maka komputer pun memiliki bahasa dalam hal ini adalah bahasa komputer yaitu bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman merupakan software bahasa-bahasa yang dipakai oleh para programmer  (pembuat program/software) untuk menuliskan kumpulan-kumpulan instruksi atau program.  Software ini membantu para programmer dalam membuat suatu program atau software tertentu. Contoh programnya: Pascal, ASSEMBLER, COBOL, FORTRAN dan Java.

-        Software Alat Bantu/Utility Software :

 Alat bantu (utility) merupakan perangkat lunak system dengan fungsi tertentu seperti pemeriksaan hardware, pemeriksaan disket/CD, serta membersihkan virus. Contoh programnya: Ad-aware, Winzip, Mc Afee Virus Scan dan PC Cilin.

-      Software Application Package/Program Aplikasi:

Jika kalian ingin memperoleh data keluaran yang kalian kehendaki maka kalian dapat menggunakan berbagai program komputer sesuai dengan kebutuhan. Program ini adalah Software aplikasi merupakan program-program yang dibuat oleh suatu perusahaan komputer untuk para user atau pengguna komputer  yang digunakan untuk penyediaan berbagai fungsi yang siap pakai, sehingga tidak memerlukan perubahan-perubahan yang berarti jika dipakai dalam penggunaannya. Contohnya antara lain:

  1. Software Pengolah Kata: Microsoft Word, Notepad, Wordpad, Wordstar.
  2. Software Pengolah Angka: Microsoft Excel,  Lotus123
  3. Software aplikasi grafis:  CorelDraw dan Adobe Photosop
  4. Software aplikasi penerbitan: Adobe PageMaker, dan Adobe InDesign
  5. Software multimedia: Windows Media Player dan iTunes

Dalam software ini saya tidak panjang lebar karena nanti akan dibahas lebih detail pada modul berikutnya. Yang ada ini harap dipahami dan dimengerti yaaa…..

 

                B.  Jaringan Sistem Komunikasi

Banyak jaringan yang tentunya kalian ketahui tapi jaringan disini adalah Jaringan komunikasi. Jaringan komunikasi merupakan sebuah system yang mampu menghubungkan dan menggabungkan beberapa titik komunikasi menjadi satu kesatuan yang mampu berinteraksi antara satu dengan lainnya, contoh alatnya adalah:

  1. Telephone

Telepon merupakan alat komunikasi dua arah yang memungkinkan 2 orang atau lebih untuk bercakap-cakap tanpa terbatas jarak.

 

  1. ISDN (Integrated Service Digital Network)

Sebenarnya alat ini cenderung ke jaringan internet  maka ISDN merupakan jaringan komunikasi khusus yang menggunakan jaringan telepon yang tidak hanya memproses suara, tapi juga mampu menangani penyimpanan data berupa teks, gambar, video, faksimili dan lain-lain. (gambar ISDN)    

  1. Faksimile

Faksimile atau fax adalah alat yang mampu mengirimkan dokumen melalui jaringan telepon dengan hasil yang sama persis dengan aslinya. (gambar Faksimile)

  1. Fiber Optic

Fiber optic merupakan jaringan komunikasi yang mampu menstransmisikan data dalam frekuensi tinggi. Jalur komunikasi ini menggunakan cahaya sebagai penghantar datanya.(Gambar Fiber Optic)

  1. Leased Line merupakan jaringan telepon tetap (permanen) yang menghubungkan 2 tempat atau lebih. Alat ini adalah saluran koneksi telepon permanen antara dua titik yang disediakan oleh perusahaan telekomunikasi publik. Umumnya, leased line digunakan ketika terdapat kebutuhan komunikasi data jarak jauh yang harus dilakukan secara terus-menerus. Dan Leased line ini memiliki beberapa tingkatan tarif yang bergantung kepada lebar jalur.

  1. Wireless

Wi-Fi atau kalau kalian suka membacanya wai-fai adaalah sebutan untuk koneksi ke internet secara langsung media untuk menghubungkannya disebut  wireless. Wireless adalah jaringan komunikasi nir kabel atau tanpa kabel.

  1. Antena,TV dan Radio

Antena merupakan alat yang digunakan untuk memancarkan dan menerima komunikasi radio. TV dan Radio merupakan alat penyampaian informasi (mass media) yang menggunakan gelombang sebagai penghantar sinyal suara dan gambar. Biasanya kalau tidak ada antenna maka tv maupun radio kamu tidak akan jelas baik gambar maupun suaranya.