Potensi Sumber Daya Tambang


Kita seharusnya bersyukur menjadi warga Negara Indonesia. Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang kaya akan bahan tambang. Beraneka bahan tambang tersedia untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri maupun luar negeri. Aktivitas pertambangan telah menghasilkan banyak devisa bagi Indonesia. Akan tetapi kita harus memanfaatka sumber daya alam yang ada di Indonesia dengan selektif. Seperti kita tau sumber daya alam bahan tambang adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui .Karena apabila digunakan terus menerus barang tambang yang ada di Indonesia akan cepat habis.oleh karena itu sekarang telah dibuat berbagai energi alternatif untuk menggantikan penggunaan bahan tambang.

Seberapa besarkah potensi sumber daya tambang di Indonesia? Di manakah jenis dan lokasi pertambangan di Indonesia? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, marilah kita pelajari uraian materi dibawah ini!

1. Minyak Bumi dan Gas
 

Minyak bumi dan gas merupakan sumber energi utama yang saat ini banyak dipakai untuk keperluan industri, tranportasi, dan rumah tangga. Saat ini telah dikembangkan sumber energi alternatif, misalnya bioenergi dari beberapa jenis tumbuhan dan sumber energi lainnya, seperti energi matahari, angin, dan gelombang. Namun, produksi energi dari sumber energi alternatif masih terbatas jumlahnya. Adapun sebaran penghasil minyak pada sejumlah pulau di Indonesia sebagai potensi sumber daya tambang di Indonesia dapat dilihat pada data berikut ini. Sumatra : Pereula dan Lhokseumawe (Aceh Darussalam), Sungai Pakning dan Dumai (Riau), Plaju, Sungai Gerong dan Muara Enim (Sumatra Selatan) Jawa : Jati Barang Majalengka (Jawa Barat), Wonokromo, Delta (Jawa Timur), Cepu, Cilacap (Jawa Tengah). Kalimantan : Pulau Tarakan, Balikpapan, Pulau Bunyu dan Sungai Mahakam (Kalimantan Timur), Rantau, Tanjung, dan Amuntai (Kalimantan Selatan). Maluku : Pulau Seram dan Tenggara Papua: Klamono, Sorong, dan Babo

 
   
2. Batu Bara
 

Batu bara merupakan jenis batuan sedimen yang proses terbentuknya dari sisa tanaman yang sudah mati dan mengendap dalam jangkah waktu jutaan tahun silam. Unsur-unsur yang menyusun batu bara adalah gas karbon, oksigen, dan hidrogen. Batu bara biasa dipergunakan untuk sumber energi dalam segala keperluan. Energi yang bisa dihasilkan oleh batu bara bisa dipergunakan sebagai bahan bakar pembangkit listrik, juga untuk keperluan memasak rumah tangga, bahan bakar pada industri pembuatan batu bata atau genteng, industri semen, batu kapur, industri bijih besi dan baja, perindustrian bahan kimia, dan banyak lain.

Batu bara bisa ditemui di beberapa pulau di Indonesia, yaitu seperti di pulau Kalimantan dan pulau Sumatra. Potensi sumber daya tambang batu bara di pulau Kalimatan dan Sumatra tersebut sangat melimpah. Pertambangan batu bara di Kalimantan terdapat di Kalimantan Timur (Lembah Sungai Berau dan Samarinda), Sumatra Barat (Ombilin dan Sawahlunto), Sumatra Selatan (Bukit Asam dan Tanjung Enim).

 
   
3. Emas
 

Emas biasanya digunakan untuk membuat berbagai kerajinan perhiasan. Logam muliah emas antara lain bisa dijumpai ditambang di daerah Jawa Barat seperti di Cikotok dan Pongkor, Papua perusahaan Freeport, Timika, provinsi Kalimantan Barat di daerah Sambas, provinsi Nanggroe Aceh Darussalam di daerah Meulaboh, Sulawesi Utara di daerah Bolaang Mongondow dan Minahasa, kepulauan Riau di daerah Logos, dan di Bengkulu daerah Rejang Lebong.

 
   
4. Pasir Besi
  Pasir besi biasa digunakan untuk perindustrian logam besi dan semen. Kegiatan penambangan pasir besi bisa kita dijumpai di daerah Cilacap provinsi Jawa Tengah, pulau Sumatra, Lombok,D.I Yogyakarta, Gunung Tegak di provinsi Lampung, Pegunungan Verbeek yang terletak di provinsi Sulawesi Selatan, dan Pulau Sebuku di provinsi Kalimantan Selatan.
   
5. Bauksit
  Bauksit merupakan sumber bijih utama dalam produksi aluminium. Bauksit sangat berguna dalam industri pengolahan logam, kimia, dan matulergi. Negara kita mempunyai potensi bauksit yang cukup melimpah dengan bauksit yang bisa dihasilkan mencapai 1.262.710 ton. Sebagian dari produksi pertambangan bauksit digunakan pada industri dalam negeri negara kita dan sebagian lainnya diekspor ke luar negeri. Bauksit bisa dijumpai ditambang di daerah provinsi Riau tepatnya di Pulau Bintan dan provinsi Kalimantan Barat tepatnya di daerah Singkawang.
   
6. Timah
  Timah dimanfaatkan untuk bahan utama logam pelapis, solder, kerajinan, dan lain-lainnya. Kegiatan penambangan timah bisa dijumpai di sepanjang Sungai Liat di Pulau Bangka, Manggara di Pulau Belitung, Dabo di Pulau Singkep dan Pulau Karimun.
   
 
 
7. Tembaga
  Tembaga biasa digunakan dalam industri pembuatan peralatan listrik, industri konstruksi, industri pembuatan pesawat terbang, pembuatan kapal laut, atap bangunan, saluran pipa ledeng, dekorasi pada rumah, mesin-mesin pengolah pertanian, mesin pengatur suhu pada ruangan, dan masih banyak lagi. Kegiatan penambangan tembaga bisa dijumpai di PT. Freeport papua.
   
8. Nikel
  Nikel adalah bahan campuran logam yang biasa dimanfaatkan untuk industri logam. Pertambangan nikel bisa dijumpai di daerah Soroako, provinsi Sulawesi Tenggara. Daerah lain di Indonesia yang memiliki potensi nikel yang melimpah adalah di Papua dan provinsi Maluku.
   
9. Aspal
  Aspal biasa di manfaatkan sebagai bahan baku utama pada proyek pembuatan jalan. Tambang aspal bisa dijumpai di Pulau Buton, provinsi Sulawesi Tenggara.
   
10. Mangan
  Mangan dimanfaatkan pada proses produksi besi baja, produksi baterai kering, pembuatan keramik, gelas, dan lain - lain. Tambang mangan terdapat di daerah Tasikmalaya provinsi Jawa Barat, Kiripan di provinsi D.I Yogyakarta, dan Martapura di provinsi Kalimantan Selatan.
   
11 Belerang
  Belerang dapat digunakan sebagai bahan obat dan bahan kosmetik. Belerang banyak banyak dijumpai di daerah sekitar Gunung Welirang di provinsi Jawa Timur dan Gunung Patuha di provinsi Jawa Barat.
   
12. Marmer
  Batu marmer umumnya dimanfaatkan untuk kerajian seni pahat, seperti patung, bagian dari meja, dinding bangunan, lantai rumah atau bangunan, dan banyak lagi. Batu marmer ditambang di beberapa daerah seperti Tulungagung di provinsi Jawa Timur, provinsi Lampung, dan daerah Makassar.
   
13. Yodium
  Yodium biasanya dimanfaatkan sebagai bahan baku utama pada larutan obat dalam campuran alkohol, indrustri kesehatan, herbisida, industri pembuatan desinfektan, juga dimanfaatkan pada garam biar lebih sehat. Tambang Yodium bisa di jumpai di daerah Semarang di provinsi Jawa Tengah dan di kab. Mojokerto di provinsi Jawa Timur.
   
.