Kompetensi

Latihan

Tes


Tim


Dilihat: 133429
Diunduh: 4382

 

Penyusunan teks proklamasi

 

Pada malam hari tanggal 16 Agustus 1945, rombongan yang membawa Sukarno-Hatta tiba di Jakarta. Setelah singgah di rumah masing-masing, kemudian bersama rombongan lainnya menuju rumah Laksamana Maeda (seorang kepala perwakilan AL Jepang di Jakarta), jalan Imam Bonjol No.1 Jakarta (sekarang; Museum perumusan naskah proklamasi)
Malam itu juga segera diadakan musyawarah untuk membahas persiapan proklamasi kemerdekaan, tokoh-tokoh yang hadir saat itu ialah; Ir. Sukarno, Drs. Mohammad Hatta, Achmad Subarjo, para anggota PPKI dan para tokoh muda, seperti; Sukarni, Sayuti Melik dan B.M.Diah dan lain-lain.
 
 
Rumah
Laksamana Maeda
Sumber: 30 Tahun Indonesia Merdeka
Laksamana Maeda
Sumber: 30 Tahun Indonesia Merdeka
 
Di ruang makan rumah Laksamana Maeda, disusun naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Tiga tokoh pemuda, yakni; Sukarni, Sudiro dan B.M. Diah, menyaksikan Sukarno, Mohammad Hatta dan Achmad Subardjo, membahas perumusan naskah proklamasi kemerdekaan. Sedangkan tokoh-tokoh lainnya menunggu di serambi depan.
 
Ir. Sukarno
Sumber: 30 tahun
Indonesia Merdeka
Mohammad Hatta
Sumber: 30 tahun Indonesia Merdeka
Ahmad Subarjo
Sumber: 30 tahun Indonesia Merdeka
Sukarni
Sumber: 30 tahun
Indonesia Merdeka
B.M. Diah
Sumber: Album Perjuangan RI
Sayuti Melik
Sumber: Album Perjuangan RI
 
Perumusan naskah proklamasi kemerdekaan berjalan lancar. Kalimat pertama rumusan merupakan buah pikir dari Sukarno dan Achmad Subarjo yang diambil dari teks Pembukaan UUD 1945. sedangkah kalimat terakhir merupakan sumbangan pikiran Muhammad Hatta.
 
Konsep teks proklamasi yang ditulis tangan Ir.Sukarno, segera dibacakan dihadapan hadirin yang menunggu diruangan depan. Sukarno-Hatta mengusulkan agar yang menandatangi naskah adalah semua yang hadir, namun Sukarni mengusulkan agar teks proklamasi ditandatangani oleh Ir.Sukarno dan Mohammad Hattta atas nama bangsa Indonesia. Akhirnya usul tersebut disetujui, kemudian konsep teks proklamasi diserahkan kepada Sayuti Melik untuk diketik.    Diputuskan bahwa proklamasi akan dibacakan di tempat kediaman Ir.Sukarno di jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta pada pukul 10.00 WIB. 
 
Naskah proklamasi tulisan tangan Bung Karno.
 Sumber: 30 Tahun Indonesia
Merdeka
Naskah proklamasi ketikan Sayuti Melik
 Sumber: 30 Tahun Indonesia
Merdeka