Pendahuluan

Kuis

Referensi

Tim


Dilihat: 1249
Diunduh: 516

 

Uraian

 

Pada sub : materi Kegiatan Belajar 1 ini akan diuraikan tentang sejarah perkembangan TIK

  • Sejarah Teknologi Informasi
  • Sejarah Teknologi Komunikasi
  • Sejarah Komputer

Sejarah Teknologi Informasi

Perkembangan peradaban manusia diiringi dengan perkembangan cara penyampaian informasi yang selanjutnya dikenal dengan istilah Teknologi Informasi. Mulai dari gambar-gambar yang tak bermakna di dinding-dinding gua, peletakkan tonggak sejarah dalam bentuk prasasti sampai diperkenalkannya dunia arus informasi yang kemudian dikenal dengan nama INTERNET. Informasi yang disampaikan pun berkembang. Dari sekedar menggambarkan keadaan sampai taktik bertempur.

Perlu kita ketahui bahwa pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi, bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain tetapi itu tidak bertahan secara lama karena Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas.

Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.

Dengan ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu.

Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, televisi, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.

Setiap saat manusia perlu melakukan suatu tindakan untuk mencapai suatu tujuan. Tanpa adanya informasi yang dimiliki, manusia tidak akan bisa menentukan sesuatu yang terbaik untuk dilakukannya. Jadi informasi itu adalah kekuatan. Jadi tanpa pengetahuan atau informasi, kita tidak bisa menentukan atau memutuskan hal-hal yang akan kita lakukan. Pengetahuan atau informasi kita peroleh dengan cara mengolah data. Data mengenai dunia luar kita peroleh melalui indra kita. Sebagian data itu sudah ada dan tersimpan dalam ingatan kita, yaitu berupa pengetahuan yang kita peroleh dari pengalaman dan dari proses belajar. Dengan pengetahuan yang kita miliki, kita dapat mengolah data. Data yang sudah kita olah akan menjadi pengetahuan atau informasi yang baru.

Teknologi informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, meliputi memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dengan berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Informasi yang dibutuhkan akan relevan, akurat, dan tepat waktu yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis dan pemerintahan yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Informasi adalah hasil dari pengolahan data untuk memperoleh informasi, diperlukan:

  • Data
  • Alat pengolah data
  • Metode pengolah data

Dilihat dari sejarah informasi dan perkembangannya maka sistem informasi juga sangat berpengaruh. Sistem Informasi (SI)  adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi Teknologi Informasi dab Komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.

Telekomunikasi dan informatika memegang peranan penting sebagai teknologi kunci. Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat, memungkinkan diterapkannya cara-cara yang lebih efisien untuk produksi, distibusi dan konsumsi barang dan jasa. Proses inilah yang membawa manusia ke dalam masyarakat atau ekonomi informasi sering disebut sebagai masyarakat pasca industri.

 



 

Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi

Kamu tentu pernah mendengar dan tahu bahwa sebelum adanya alat Informasi dan komunikasi canggih tentunya terlebih dahulu kita mengetahui adanya alat Informasi dan komunikasi dasar yang sangat sederhana. Kira-kira apa yang ada dibenak kalian alat  sederhana  yang ada dizaman prasejarah, sejarah hingga alat teknologi modern, kalau gitu yuk kita cari tahu bareng-bareng supaya kalian paham…..

Manusia adalah makhluk sosial, dan tentunya manusia tidak hidup seorang diri. Oleh karena itu dalam kehidupannya, manusia membutuhkan komunikasi antar sesamanya demi terciptanya kehidupan yang diinginkan. Maka, mulailah manusia menciptakan suatu sistem dan alat untuk melakukan komunikasi tersebut. Mengingat pentingnya sistem dan alat tersebut, maka manusia melakukan pengembangan teknogi informasi ini dari waktu ke waktu. Mulai dari memahat dinding gua, isyarat tangan, isyarat asap, isyarat bunyi, huruf, kata, kalimat, telepon, hingga internet yang saat ini merupakan kebutuhan bagi kebanyakan manusia. Perkembangan peradaban manusia diiringi dengan perkembangan cara penyampaian informasi. Informasi yang disampaikan pun berkembang. Teknologi informasi dan komunikasi sudah dimulai sejak zaman pra sejarah. Bentuk awal komunikasi pada saat itu hanya berkisar pada suara dengusan dan isyarat tangan. Kemudian diciptakan alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat pada zaman berikutnya. Kemudian manusia mulai menciptakan alat-alat mekanik untuk proses perhitungan, dan tidak sampai disitu penelitan terus dilakukan untuk menemukan alat-alat yang mampu memudahkan hidup manusia. Berikut ini marilah kita lihat perjalanan periode dari waktu ke waktu…

  1.  Periode Masa Prasejarah ….s.d. 3000 SM

Pada masa pra sejarah ini, manusia berkomunikasi dengan menggambarkan informasi pada dinding-dinding gua tentang berburu dan binatang buruannya. Manusia mulai mengenal berbagai benda yang ada disekitarnya dan melukiskan benda tersebut pada dinding-dinding gua untuk mewakilinya. Kemampuan bahasa mereka saat itupun hanya terbatas pada dengusan, bahasa isyarat dan gerakan tangan. Perkembangan selanjutnya adalah diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya. Sekarang kalian bisa membayangkan betapa sulitnya dahulu orang ingin berkomunikasi saja sulit…itu dulu….

 

  1.  Masa Sejarah (3000 SM s.d. 1400 M)

Alat-alat TIK masa sejarah yaitu diantaranya:

 

 

Kamu bisa lihat gambar tersebut, pada periode sampai tahun 3000 SM, cara berkomunikasi manusia masih terbatas pada pengenalan bentuk-bentuk yang mereka  temukan. Mereka menggambarkan informasi pada dinding-dinding gua tentang berburu dan binatang buruannya. Manusia mulai mengenal berbagai benda yang ada disekitarnya dan melukiskan benda tersebut pada dinding-dinding gua untuk mewakilinya.

 

Periode 3000 SM

 

 

Bangsa Sumeria untuk pertama kalinya menggunakan tulisan untuk berkomunikasi. Tulisan yang digunakan masih berupa symbol-simbol yang dibentuk dari piktograf sebagai huruf.

 

Periode 2900 SM

 

 

Pada periode ini bangsa Mesir Kuno telah menggunakan huruf Hieroglif untuk berkomunikasi. Huruf hieroglif lebih maju dibandingkan tulisan bangsa Sumeria. Sistem menulis telah digunakan oleh Dinasti Shang di China yang memerintah pada tahun 1570-1045 SM.

 

Periode 500 SM

Bangsa Mesir Kuno sudah menggunakan serat papyrus sebagai kertas pada tahun 500 SM, dan sebagai alat komunikasi. Pohon papyrus banyak terdapat  di  sepanjang sungai Nil.

 

Periode 105 M

 

Pada periode masa tahun ini bangsa Cina menemukan kertas yang terbuat dari serat bambu yang sudah dihaluskan dan diratakan kemudian dikeringkan. Dengan penemuan ini  memungkinkan system pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri tinta atau yang sekarang lebih dikenal dengan system cap. Orang yang pertama kali menemukan kertas adalah Tsai Lun.

 

  1. Masa Modern

Pada masa modern ini alat komunikasi sudah banyak mengalami kemajuan, baik dari  segi bentuk dan fungsinya.

Koran

Apa itu Koran? Kegiatan sehari-hari belumlah lengkap kalau kita belum membaca Koran. Koran atau surat  kabar merupakan suatu penerbitan yang ringan dan mudah dibuang, biasanya dicetak pada kertas berbiaya rendah yang disebut kertas koran, yang berisi berita-berita terkini dalam berbagai topik. Topiknya bisa berupa kejadian politik, olah raga, tajuk rencana,  berita artis, harga barang, cuaca. Surat kabar biasanya juga berisi kartun, teka-teki silang (TTS), dan hiburan lainnya Koran pertama di dunia mulai beredar di Eropa meski belum terbit secara harian pada tahun 1450 M

Telegraf

 

 

Samuel Finley Breese Morse (1791-1872) seorang peneliti berkebangsaan Amerika, beliau adalah orang yang pertama kali menemukan telegraf bersamaan dengan seorang fisikawan asal Inggris yaitu Sir William F. CookeTelegraf kemudian menjadi alat komunikasi yang penting pada pertengahan tahun 1800an sampai dengan pertengahan tahun 1900an. Morse menggunakan kode-kode sederhana untuk mewakili pesan-pesan yang ingin dikirimkan dengan menggunakan pulsa listrik melalui kabel tunggal.

 

      Telepon

               

 

Apakah telepon itu? Apakah kamu sering menggunakannya? Ya telepon merupakan alat telekomunikasi yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik. Dengan menggunakannya kita bisa berkomunikasi secara lisan dengan seseorang yang berjarak jauh. Telepon pertama kali diciptakan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876. Alat ini merupakan sarana komunikasi yang praktis, maka tidaklah mengherankan apabila telepon berkembang pesat.       

 

Mesin tik modern

     

 

 

 

Henry Mill dari Inggris menciptakan mesin ketik modern pada tahun 1714 M

 

Radio

 

 

             Perkembangan radio membuat terjadinya revolusi dalam bidang komunikasi. Radio ditemukan oleh Guglielmo Marconi setelah berhasil menggabungkan ide dari para peneliti sebelumnya.

 

            Televisi

 

 

 

Semua sudah pasti tahu dan mengenal televise. Siapa yang belum tahu apa itu televise? Media komunikasi yang satu ini merupakan media  komunikasi yang sangat populer. Hampir seluruh rumah tangga di dunia ini mempunyai sebuah atau lebih televisi. Tetapi, apakah televisi itu? Televisi atau yang biasa kita sebut sebagai TV merupakan sebuah alat penangkap siaran bergambar. Televisi berasal dari kata tele yang berarti jauh dan vision yang berarti tampak. Jadi, televisi berarti melihat dari jarak jauh.

Penemuan televisi telah mengubah peradaban dunia. Hal ini karena televisi telah memberikan begitu banyak informasi kepada kita. Beragam stasiun televisi yang ada saat ini dengan aneka program siarannya yang disajikan, telah menjadikan televisi sebagai sumber segala informasi, berita, dan juga hiburan.

Televisi diciptakan berawal dari ditemukannya cakram metal (logam) kecil yang berputai dan memiliki banyak lubang oleh Paul Nipkow pada tahun 1883. Seiring dengan perkembangar teknologi, televisi pun mengalami perkembangan yang sangat cepat. Jika dulu kita hanya bisa menikmati televisi hitam-putih, maka sekarang kita bisa menikmati televisi berwarna. Layar televisi pun telah mengalami perubahan dari televisi layar cembung ke televisi layar datar.

 

 

Sejarah Komputer

Kalian tahu betapa pentingnya arti sejarah? Sejarah yang akan kita bahas adalah sejarah komputer. Teknologi informasi mencakup pemrosesan, pendistribusian, dan pengolahan data menjadi informasi dengan menggunakan peralatan komunikasi dan komputer. Yuk kita pelajari bersama....

Sedikit yang perlu kalian ketahui yaitu asal mula kata komputer dalam bahasa Latin yaitu Computare sedangkan komputer dalam bahasa Inggris yaitu To Compute, kedua kata ini mengandung arti yaitu menghitung. Sebelum terbentuknya komputer maka alat yang pertama kita pahami adalah :

 

              1.  Alat Hitung Tradisional

           Bermula dari alat hitung sederhana yaitu dengan ditemukan alat hitung yang dinamakan abacus. Alat hitung ini adalah cikal bakal dari komputer. Alat  hitung  kuno telah digunakan oleh bangsa Romawi Kuno dan Yunani Kuno. Sebagai alat hitung, Abacus dapat digunakan untuk melakukan perhitungan-hitungan yang umum dilakukan sehari-hari, seperti penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, perhitungan pangkat dua, dan akar pangkat dua.

 

 

 

Alat hitung kalkulator otomotis pertama ditemukan oleh seorang matematikawan, ilmuwan, dan filsuf Perancis yaitu Blaise Pascal pada tahun 1642. Kaltulator tersebut dapat melakukan penjumlahan dan pengurangan dengan cara menggunakan seperangkat roda gigi yang saling berhubungan.

 

 

Yang berikutnya yaitu:

 

2. Awal Komputer

Pada awal tahun 1670-an, seorang matematikawan Jerman, Gottfried Wilhelm Leibniz, mengembangkan kalkulator yang dibuat oleh Pascal. Leibniz menambahkan pengaturan roda-roda gigi yang memungkinkan kalkulator melakukan perhitungan perkalian dan pembagian. Leibniz juga menambahkan sistem bilangan binner (binary numeration), yaitu sebuah sistem perhitungan yang lebih mudah ditangani mesin dibandingkan sistem desimal.

Sistem bilangan biner kemudian dikembangkan lebih jauh. George Boole, seorang matematikawan Inggris yang telah mengembangkan konstribusi penting dalam pengembangan matematika biner. Boole ini adalah orang yang telah menggunakan sistem bilangan biner untuk menemukan tipe baru dari matematika yang saat ini dikenal dengan Aljabar Boolean dan Logika Boolean.

Charles Babbage adalah seorang matematikawan Inggris yang telah mengembangkan sebuah komputer mekanik pada tahun 1820-an. Charles Babbage memiliki julukan sebagai bapak komputer. Pada tahun 1842, Babbage berhasil membuat komputer mekanik versi pertama yang disebut dengan difference engine. Versi terakhir dari komputer mekanik disebut mesin penganalisa(analytical engine). Mesin pengalisa Babbage merupakan mesin pertama yang dapat diprogram.

 

 

Herman Hollerith, menemukan sistem kartu berlubang (punched card system) ternasuk alat pelubangnya. Sistem kartu berlubang ini digunakan untuk sistem tabulasi hasil sensus yang dilakukan di Amerika Serikat.

Pada tahun 1937-1939, John Vincent Atanasoff, seorang fisikawan Amerika di Iowa State College, dibantu asistennya Clifford Berry mencoba membuat komputer listrik dengan menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit listrik.

 

Perkembangan komputer terbagi menjadi 5 generasi, yaitu sebagai berikut.

Pada tahun 1937-1939, John Vincent Atanasoff, seorang fisikawan Amerika di Iowa State College, dibantu asistennya Clifford Berry mencoba membuat komputer listrik dengan menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit listrik.

 

a. Komputer Generasi Pertama (1940 s.d. 1959)

Komputer generasi pertama ini mempunyai ciri menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data, cepat panas dan mudah terbakar, oleh karena itu beribu-ribu tabung vakum diperlukan untuk menjalankan operasi keseluruhan komputer, dan juga memerlukan daya yang sangat besar. Komputer generasi pertama ini 100% elektronik. Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.

 

        Ciri-ciri komputer generasi pertama adalah:

  • Program dibuat dalam bahasa mesin,
  • Menggunakan konsep storage Program,
  • Komponen yang digunakan adalah tabung hampa udara,
  • Ukuran fisiknya besar sehingga membutuhkan daya listrik yang besar, serta
  • Dapat disimpan pada magnetic tape dan magnetig disk.

Contohnya, komputer IBM 701 yang dibuat tahun 1953 merupakan komputer komersial berukuran besar, sedangkan IBM 705 yang dibuat tahun 1959 digunakan dalam industri.

 

  1. Komputer Generasi Kedua (1959 s.d. 1965)

Pada komputer generasi kedua ini yaitu pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom.

Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatansingkatan untuk menggantikan kode biner. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen- komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini seperti: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri.

Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer.

 

Ciri-ciri komputer generasi kedua antara lain:

  • Kapasitas memori utama cukup besar,
  •  Komponen yang digunakan adalah transistor yang jauh lebih kecil dibandingkan tabung hampa   udara,
  • Menggunakan magnetic tape dan magnetic disk yang berbentuk removable disk,
  •  Mempunyai kemampuan proses real-time dan time sharing,
  • Proses operasinya lebih cepat,
  • Orientasinya pada aplikasi bisnis dan teknik.

Contohnya, komputer PDP-5 dan PDP-8 yang dibuat tahun 1963 merupakan komputer mini komersial yang pertama. Selain itu, terdapat komputer IBM 7070, IBM 1400, NCR 300, dan sebagainya.

 

  1. Komputer Generasi Ketiga (1965 s.d. 1970)

Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan system operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

 

       Ciri-ciri komputer generasi ketiga antara lain:

  • Komponen yang dipakai adalah IV (Integrated Circuits) yang terdiri atas ratusan atau ribuan transistor berbentu hybrid integrated circuits dan monolithic integrated circuits,
  • Proses operasinya jauh lebih cepat dan lebih tepat, kapasitas memori komputer jauh lebih besar,
  • Ukuran fisik jauh lebih kecil sehingga penggunaan listrik lebih hemat,
  • Menggunakan magnetic disk yang sifatnya random access,
  • Dapat melakukan multiprocessing dan multiProgramming,
  •  Alat input-output mengalami pengembangan dengan menggunakan visual display terminal, serta
  • Dapat melakukan komunikasi data dari satu komputer dengan komputer lainnya.

           Contohnya, komputer IBM S/30. NOVA, CDC 3000, PDP-11, dan lain sebagainya.

 

  1.  Komputer Generasi Keempat (sejak tahun 1970)

    Komputer generasi keempat ini sudah mengalami berbagai macam bentuk dan sudah sejak tahun 1970, dunia komputer mengalami dua perkembangan penting, yaitu:

  • Penggunaan LSI (Large Scale Integration) yang disebut juga sebagai Bipolar Large Scale Integration, serta
  • Menggunakan mikroprosesor dan semi konductor yang berbentu chip untuk memori komputer

Contohnya, komputer IBM 370 menggunakan Intel 4004 mikroprosesor yang dikembangkan pertama kali pada tahun 1971 oleh perusahaan Intel Corporation dengan menggunakan chip mikroprocessor. Personal computer (PC) mulai berkembang sejak tahun 1977, misalnya komputer Apple II dan komputer dekstop oleh Xerox Corporation. Pada tahun 1981, komputer mulai banyak menggunakan sistem Window dan mouse.

 

  1. Komputer Generasi Kelima

Setelah mengalami berbagai kemajuan maka muncullah Komputer generasi kelima yang kini sedang dalam pengembangan. Komponen yang dipakai adalah VLSI (Very Large Scale Integration). Saat ini sedang dikembangkan oleh Josephson Function yang diramalkan dapat menggantikan keberadaan chip. Negara yang mempelopori perkembangan komputer generasi kelima ini adalah Jepang. Kemungkinan pengembangan komputer lainnya ialah kemampuan komputer memecahkan masalah sendiri dengan bantuan AI (Artificial Intellegence). Hal ini dapat diterapkan untuk mengoperasikan robot.