Pendahuluan

Kuis

Referensi


Dilihat: 2188
Diunduh: 362

 

Pendahuluan

 

Sistem Pencernaan Pada Manusia

 

 

Halo teman-teman, apa kabar? Semoga kita semua dalam keadaan sehat, dan selalu gembira. Kita berjumpa kembali dalam modul online. Kali ini kita akan mempelajari tentang Sistem Pencernaan Manusia.

Di kelas VII, salah satu materi yang kita telah pelajari adalah organisasi kehidupan. Tubuh makhluk hidup tersusun atas sel. Sel-sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama membentuk jaringan. Beberapa jaringan menyusun organ. Organ-organ saling bekerjasama membentuk sistem organ. Di dalam tubuh manusia terdapat berbagai sistem organ, salah satu diantaranya adalah sistem pencernaan.

Sistem pencernaan berfungsi mencerna segala macam makanan dan minuman yang masuk ke tubuh kita melalui serangkaian proses pencernaan. Proses pencernaan adalah proses pemecahan makanan menjadi molekul yang lebih sederhana agar dapat diserap oleh usus halus. Makanan tersebut merupakan sumber energi, dan sumber bahan baku untuk membangun tubuh. Energi yang kita peroleh berasal dari makanan yang kita makan. Oleh karenanya, makanan yang kita makan tentunya harus bergizi, yaitu yang cukup mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, air, dan mineral. Fungsi makanan bagi tubuh antara lain: untuk memperoleh energi, untuk mengganti sel-sel yang rusak, dan untuk membentuk sel-sel baru. Pencernaan makanan juga dapat diartikan mengubah makanan dari ukuran besar menjadi sekecil-kecilnya sehingga makanan akan berubah menjadi sari-sari makanan dalam bentuk larutan. Karbohidrat diserap dalam bentuk glukosa, protein diserap dalam bentuk asam amino, dan lemak diserap dalam asam lemak dan gliserol. Setelah makanan berubah menjadi sari-sari makanan yang berupa larutan, akan diserap oleh darah selanjutnya akan diedarkan ke seluruh sel penyusun tubuh.

Pencernaan makanan manusia dapat dibedakan berdasarkan proses dan tempat terjadinya, yaitu sebagai berikut:

  1. Berdasarkan proses berlangsungnya, pencernaan dibagi menjadi:
  1. Pencernaan secara mekanik yaitu proses pencernaan makanan oleh organ-organ pencernaan, misalnya gigi, lidah, dan lambung.
  2. Pencernaan secara kimiawi yaitu proses pencernaan makanan dengan menggunakan enzim-enzim pencernaan, misalnya, amilase, lipase, renin, dan ptialin.

 

  1. Berdasarkan tempat terjadinya, pencernaan dibagi menjadi:
  1. Pencernaan intrasel yaitu pencernaan yang terjadi di dalam sel, misalnya pencernaan makanan yang dilakukan oleh hewan-hewan bersel satu.
  2. Pencernaan ekstrasel yaitu pencernaan yang terjadi di luar sel, misalnya, dilakukan oleh jamur Rhizopus, tumbuhan kantong semar dan makhluk tingkat tinggi lainnya.

 

Dari uraian di atas, kita dapat memahami betapa pentingnya sistem pencernaan kita. Namun demikian, karena kelalaian kita terkadang kita mengalami berbagai kelainan pada sistem pencernaan. Apa saja bentuk kelainan pada sistem pencernaan manusia, kita akan bahas dalam modul ini.

Modul ini terdiri dari 2 kegiatan belajar, yaitu: kegiatan belajar 1 membahas tentang fungsi sistem pencernaan manusia, menjelaskan susunan sistem pencernaan manusia, enzim-enzim pencernaan manusia dan fungsinya, dan proses pencernaan makanan pada manusia. Kegiatan belajar 2 membahas tentang kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan manusia.

Modul dilengkapi dengan gambar-gambar penyusun sistem pencernaan, animasi proses pencernaan makanan, dan gambar-gambar kelainan pada sistem pencernaan manusia untuk membantu memudahkan kalian dalam memahami materi ini.

 

Panduan bagi Guru

Bagi rekan guru, modul ini dapat dijadikan salah satu sumber belajar bagi siswa. Modul ini dilengkapi juga dengan latihan, tes akhir dan forum berdiskusi yang tentunya rekan- rekan guru harus dapat memberikan tugas untuk berdiskusi pada siswanya, dan memberikan umpan balik kegiatan siswa melalui forum diskusi yang ada di rumah belajar pada bagian akhir modul ini. Guru dapat membuat RPP yang disediakan yang ada di rumah belajar untuk disesuaikan dengan lingkungan masing-masing.


Panduan bagi Siswa

Para siswa, modul ini dapat kamu pelajari sebagai salah satu sumber belajar. Sebelum mempelajari modul ini, kamu diminta untuk mengisi kuis interaktif. Pada setiap kegiatan belajar kamu akan mengerjakan latihan interaktif, dan di akhir kegiatan juga terdapat tes akhir modul yang dapat kamu kerjakan untuk mengukur tingkat pemahaman kamu terhadap materi yang telah dipelajari. Pada bagian penutup, kamu dapat mengirimkan pertanyaan, atau memberi masukan tentang materi ini. Kamu juga dapat memberikan komentar, dan saling bertukar pikiran dengan teman-temanmu di seluruh Indonesia, melalui halaman forum diskusi yang tersedia di portal rumah belajar. Selamat Belajar….