Pendahuluan

Kuis

Referensi

Tim


Dilihat: 4310
Diunduh: 952

 

Uraian

 

Kelainan dan penyakit yang umumnya terjadi pada sistem pencernaan adalah diare, konstipasi, tukak lambung, gastritis, apendisitis.
  1. Diare
    Karena ada gangguan pada sistem penyerapan air di usus besar. Apabila diare berlangsung terus –menerus dapat menyebabkan dehidrasi. Diare dapat disebabkan oleh bakteri dan atau tidak tahan terhadap jenis makanan tertentu.
  2. Konstipasi
    Konstipasi atau sembelit terjadi karena air yang diserap berlebihan di usus besar sehingga feses menjadi keras.
  3. Tukak lambung
    Penyakit yang disebabkan oleh luka yang terjadi di lambung dan duodenum/usus dua belas jari disebabkan terjadinya iritasi yang ditimbulkan oleh cairan lambung.
  4. Gastritis
    Yaitu peradangan pada selaput lendir pada dinding lambung. Gastritis dapat disebabkan oleh alergi makanan tertentu, racun, alkohol, dan obat-obatan yang berlebihan. 
  5. Apendisitis
    Yaitu peradangan pada apendiks (umbai cacing) yang disebabkan oleh bakteri.
  6. Pankreasitis
    Yaitu peradangan pankreas, umumnya disebabkan oleh alkohol atau terhambatnya tonjolan akhir saluran pengeluaran pankreas oleh batu empedu.
  7. Flatus
    Yaitu masuknya gas-gas dalam saluran pencernaan. Gas-gas tersebut berupa udara yang tertelan , gas yang dihasilkan oleh bakteri, atau gas dari difusi darah yang masuk ke saluran pencernaan. Gas nitrogen dan oksigen umumnya berada di lambung dan dikeluarkan pada saat bersendawa. Sedangkan gas yang berada di usus besar antara lain yaitu CO2, hidrogen kelenjar ludah, metana yang dihasilkan oleh bakteri.
  8. Parotitis
    Yaitu infeksi oleh virus pada kelenjar ludah di bawah telinga.
  9. Kolik
    Yaitu lambung sakit disebabkan mengkonsumsi alkohol atau cabai sehingga menyebabkan kontraksi otot lambung berulang-ulang.