Pendahuluan

Kuis

Referensi

Tim


Dilihat: 4310
Diunduh: 952

 

Rangkuman Akhir

 

Sistem pencernaan makanan pada manusia terdiri dari organ pencernaan dan kelenjar pencernaan yaitu :Rongga mulut, yang didalamnya terdapat gigi, lidah, dan kelenjar ludah,Faring, dan kerongkongan,Lambung (ventrikulus), Usus halus (intestinum tenue), terdiri dari atas usus dua belas jari (duodenum), usus kosong(jejunum), usus penyerapan(ileum), Usus besar, kelenjar pencernaan yaitu pankreas, hati dan empedu.
Zat-zat makanan disebut juga gizi atau nutrisi. Karbohidrat merupakan senyawa yang terdiri dari unsur karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O), dengan rumus umum CnH2nOn..
Protein, tersusun dari unsur karbon (C), hidrogen (H), oksigen (O), nitrogen (N) dan beberapa protein terdapat unsur sulfur(S), fosfor(P). Pada Tahun 1902, Emil Fisher, menemukan bahwa protein merupakan senyawa majemuk yang dapat dirombak menjadi asam amino.Ada 20 jenis asam amino yang terdiri 9 asam amino esensial dan 11 asam amino non esensial.
Lemak tersusun dari unsur karbon(C), hidrogen (H), dan oksigen (O). Lemak merupakan gabungan gliserol dan asam lemak.
Vitamin adalah zat organik yang pada umumnya tidak dapat dibentuk oleh tubuh, sehingga harus diperoleh dari makanan yang dikonsumsi. Fungsi vitamin adalah sebagai koenzim dan biokatalisator yang mengatur proses metabolisme. Fungsi mineral adalah sebagai zat pembangun dan pengatur yang berperan dalam pemeliharaan fungsi tubuh pada tingkat sel,jaringan, organ dan fungsi tubuh secara keseluruhan.Selain itu, air juga dikategorikan sebagai zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh sebab pada metabolisme zat makanan air diperlukan dalam jumlah besar.
Kelainan dan penyakit yang umumnya terjadi pada sistem pencernaan adalah diare, konstipasi, tukak lambung, gastritis, apendisitis.