Pendahuluan

Kompetensi

Tes


Tim


Dilihat: 4010
Diunduh: 496

 

Hukum Kepler

 

Nah, tahukah kalian bagaimana bentuk lintasan planet mengitari matahari dalam tata surya? Kalian akan temukan jawabannya setelah mempelajari hal berikut ini.

 

Setiap planet mengitari Matahari dalam sebuah lintasan elips disebut orbit planet. Orbit segenap planet hampir pada bidang yang sama. Johannes Kepler (1571–1630) telah meneliti gerak planet-planet dalam mengelilingi Matahari, kemudian merumuskannya dalam Hukum Kepler.

 

Hukum kepler merupakan hukum-hukum yang menjelaskan tentang gerak planet.

 

1. Hukum I Kepler

Orbit planet berbentuk elips dimana matahari terletak pada salah satu titik fokusnya. Coba perhatikan animasi berikut ini.

 

Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

Gerakan Planet Mengelilingi Matahari

 

2. Hukum II Keppler

 

Garis yang menghubungkan planet ke matahari dalam waktu yang sama menempuh luasan yang sama. Jika waktu planet untuk berevolusi dari AB sama dengan waktu planet untuk berevolusi dari CD sama dengan waktu planet untuk berevolusi dari EF, maka

    1. luas AMB = luas CMD = luas EMF
    2. kecepatan revolusi planet dari AB lebih besar kecepatan revolusi planet dari CD dan kecepatan revolusi planet dari CD lebih besar kecepatan revolusi planet dari EF
    3. Semakin dekat matahari kecepatan revolusi planet semakin besar
    4. Semakin jauh dari matahari kecepatan revolusi planet semakin lambat

 

Kecepatan Gerak Revolusi Planet

 

 

3. Hukum III Kleppler

 

Kuadrat kala revolusi planet sebanding dengan pangkat tiga jarak rata-rata planet ke matahari, sehingga secara matematik dirumuskan: